4 Sensor Murah yang Mudah Digunakan

Indobot Academy

Hai sobat Indobot, taukah kamu bahwa sensor adalah perangkat yang dapat mendeteksi dan merespon beberapa jenis masukan dari lingkungan fisik ataupun kimia. Input spesifik bisa cahaya, panas, gerak, kelembaban, tekanan, atau salah satu dari sejumlah besar fenomena lingkungan lainnya. Variabel keluaran dari sensor berubah menjadi besaran listrik (Transduser). Berikut beberapa sensor yang murah dan mudah di program untuk mahasiswa.

  1. Sensor DHT-11

Sensor suhu adalah jenis sensor yang digunakan untuk mengubah energi panas menjadi besaran listrik.Yang murah disini saya merekomendasikan sensor DHT11. adalah module sensor yang berfungsi untuk mensensing objek suhu dan kelembaban yang memiliki output tegangan analog yang dapat diolah lebih lanjut menggunakan mikrokontroler. Sensor DHT11 pada umumya memiliki fitur kalibrasi nilai pembacaan suhu dan kelembaban yang cukup akurat.

 

Spesifikasi :

  • Tegangan masukan : 5 Vdc
  • Rentang temperatur :0-50 ° C kesalahan ± 2 ° C
  • Kelembaban :20-90% RH ± 5% RH error

 

2. LDR

Sensor cahaya adalah jenis sensor yang merubah energi cahaya menjadi besaran listrik. Jenis-jenis sensor cahaya ada banyak, disini saya menggunakan sensor LDR (Light Dependent Resistor). Prinsip kerja LDR sangat sederhana tak jauh berbeda dengan variable resistor pada umumnya. LDR dipasang pada berbagai macam rangkaian elektronika dan dapat memutus dan menyambungkan aliran listrik berdasarkan cahaya. Semakin banyak cahaya yang mengenai LDR maka nilai resistansinya akan menurun, dan sebaliknya semakin sedikit cahaya yang mengenai LDR maka nilai hambatannya akan semakin membesar.

Dapatkan puluhan ebook gratis dengan registrasi melalui tombol di bawah!

3. TCS 3200 

Sensor warna adalah jenis sensor yang mengubah warna menjadi frekuensi yang tersusun atas konfigurasi silicon photodiode dan konverter arus ke frekuensi dalam IC CMOS monolithic yang tunggal  dan keluaran akan berupa angka. Kita akan menggunakan sensor TCS230 / TCS3200. Pada sensor terdapat sebuah photodiode dengan array 8 x 8 yang mengkonversi warna menjadi frekuensi, yang terdiri dari :

  • 16 untuk filter merah
  • 16 untuk filter hijau
  • 16 untuk filter biru
  • 16 untuk clear (tanpa filter)

 

4. Sensor HC_SR04

 

Sensor Ultrasonic adalah jenis sensoryang mengubah besaran bunyi menjadi besaran listrik atau sebaliknya.  Cara kerja sensor ini didasarkan pada prinsip dari pantulan suatu gelombang suara sehingga dapat dipakai untuk menafsirkan eksistensi (jarak) suatu benda dengan frekuensi tertentu, Gelombang ultrasonik adalah gelombang bunyi yang mempunyai frekuensi sangat tinggi yaitu 20.000 Hz. Bunyi ultrasonik tidak dapat di dengar oleh telinga manusia. Maka Kita akan menggunakan sensor HC-SR04.

Sensor HC-SR04 satu alat yang berfungsi sebagai pengirim, penerima, dan pengontrol gelombang ultrasonik. Alat ini bisa berfungsi untuk mengukur jarak benda dari 2cm – 4m dengan akurasi 3mm. Alat ini memiliki 4 pin, pin Vcc, Gnd, Trigger, dan juga Echo.

Jika kamu mau mendapatkan update-an terbaru artikel dan tutorial dari platform terbaru kami Indobot Premium, maka kamu harus melakukan registrasi atau pendaftaran melalui tombol dibawah ya! Kami tunggu 🙂

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp