Berkenalan dengan Guido van Rossum Si Pencipta Python

Indobot Academy

Pada artkel kali ini, kita akan berkenalan dengan seorang programmer asal Belanda, Guido van Rossum. Siapakah dia? Betul sekali. Pria yang lahir pada tanggal 31 Januari 1956 inilah yang telah menciptakan bahasa pemrograman bernama Python. Van Rossum lahir dan besar di Belanda. Di usianya yang ke 26 tahun, ia berhasil memperoleh gelar master di bidang matematika dan computer science dari Universitas Amsterdam.

Guido van Rossum

Di tahun 1986, Van Rossum membantu pengembangan bahasa pemrograman ABC ketika bekerja di CWI. CWI (Centrum Wiskunde & Informatica) adalah sebuah lembaga penelitian nasional untuk matematika dan ilmu komputer. Di sinilah Guido van Rossum melahirkan Python. Pada dasarnya, Python merupakan turunan dari bahasa ABC. Meskipun memiliki logo gambar ular, nama Python sama sekali tidak ada hubungannya dengan ular. Van Rossum adalah penggemar acara komedi di TV British, Monty Python.

Sama seperti bahasa pemrograman lainnya, Python terus mengalami perubahan. Saat ini sudah ada 3 versi Python. Adapun sub-versinya ada banyak dan perkembangannya sangat cepat. Pada saat tulisan ini dibuat, versi terbaru yang ada di website www.python.org adalah Python 3.7.4. Python 0.9.0 pertama dirilis pada 1991. 2.0 dirilis tahun 2000. Python versi ini lebih merupakan projek open source dari member-member Lembaga Penelitian Nasional Matematika dan Ilmu Komputer. Versi berikutnya, Python 3.0 dirilis delapan tahun kemudian, Desember 2008.

Dapatkan akses ratusan video tutorial dan juga pembelajaran dengan registrasi melalui tombol di bawah!

Selain bekerja di CWI, Van Rossum juga pernah bekerja untuk lembaga penelitian di Amerika. Ia juga bekerja di Google sejak tahun 2005. Ketika bekerja di Google inilah dia menghabiskan separuh dari waktunya untuk mengembangkan bahasa Python. Kebersamaannya dengan Google hanya berlangsung selama tujuh tahun. Tahun 2012, ia diminta untuk menjadi bagian dari sebuah perusahaan penyimpanan Cloud, Dropbox. Guidi van Rossum menerima tawaran tersebut tetapi dengan syarat bahwa ia tidak akan menjadi pimpinan atau manajer. Ia hanya ingin menjadi engineer di Dropbox. Persyaratan diterima dan mulailah ia bekerja di Dropbox pada bulan Januari 2013. Saat ini, Guido Van Rossum tinggal bersama istri dan juga anaknya di Belmont, California.

Kalau kalian ingin belajar Python dari buku, buku yang paling recommended tidak lain adalah karya Guido van Rossum sendiri. Sejak 1995 sampai 2018, Van Rossum sudah banyak menulis buku tentang bahasa Python. Kurang lebih ada sekitar 20 judul. Berikut 10 buku-buku Van Rossum tersebut:

  1. Python Tutorial (1995)
  2. The Python Library Reference (1995)
  3. Internet Programming with Python (1996)
  4. An Introduction to Python (2003)
  5. Python Language Reference Manual (2003)
  6. Python 2.7.10 C API (2015)
  7. Python 3.6 Tutorial (2016)
  8. Extending and Embedding Python (2018)
  9. The Python Language Reference (2018)
  10. Python Tutorial Release 3.6.4 (2018)

Pastikan kamu menggunakan versi Python yang sesuai apabila belajar dari buku.

[zombify_post]

Kamu pemula dan ingin belajar atau bahkan bikin project elektronika dari nol? Ikuti program dari Indobot!

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp