Customer Engagement : Langkah Tepat Optimalkan Penjualan Produk

Oby Zamisyak

Customer Engagement : Langkah Tepat Optimalkan Penjualan Produk
Optimalisasi Penjualan Produk Melalui Customer Engagement

Bicara tentang Customer Engagement, Bagaimana cara bisnis mempertahankan hubungan yang kuat dengan pelanggan?

Dewasa ini, customer engagement adalah konsep yang semakin diprioritaskan oleh bisnis. Pasalnya, menurut penelitian oleh Gallup, bisnis yang sukses melakukan engagement mengalami kepergian pelanggan 63% lebih jarang. Selain itu, pelanggan yang ter-engage dengan baik juga menyumbang revenue 23% lebih besar daripada pelanggan biasa.

Strategi customer engagement yang benar pun akan sangat berdampak bagi bisnis, karena dapat meningkatkan pengalaman pelanggan hingga retensi mereka. Namun, banyak bisnis masih kebingungan mencari strategi customer engagement yang cocok untuk diterapkan. Seperti apa strategi customer engagement yang tepat dan bagaimana cara mengukurnya? Mari pelajari di bawah ini!

Kumpulkan Feedback Customer

Customer Engagement : Langkah Tepat Optimalkan Penjualan Produk

Customer engagement perlu berlangsung secara dua arah. Jika kita terus memberikan berbagai penawaran bagi pelanggan tanpa mendengar pendapat mereka, tentu tidak bisa tahu apa pelanggan sudah cukup puas dengan bisnis kita. Maka, mengumpulkan feedback pelanggan adalah strategi customer engagement yang tidak boleh dilewatkan. Dari situ, kita bisa semakin memahami kebutuhan mereka dan mengatur strategi customer engagement yang lebih menarik.

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Whatsapp Indobot Academy

Beri Penghargaan Pada Customer

Beri Penghargaan Pada Customer

Dengan memberikan penawaran special atau potongan harga pada customer, kita dapat membuat mereka merasa lebih dihargai. Kita dapat membagikan informasi perihal penawaran ini melalui akun-akun media sosial atau melalui email. Langkah ini sangat efektif sebagai customer engagement. Penghargaan ini bisa juga berupa fasilitas, barang atau kupon jika customer anda melakukan pembelian dalam nominal tertentu.

Beri Customer Wadah untuk Berperan dalam Bisnismu

Jika sebagai pelakon bisnis mulai bingung dalam mengembangkan produk terbaru untuk bisnis yang sedang mereka lakoni. Rupanya customer akan selalu punya jawabannya, loh. Beri wadah untuk customer Anda dalam menuangkan ide dan ekspektasi mereka terhadap bisnis dan produk Anda. Selain mendapatkan insight mengenai produk yang akan mendatang, Anda juga membuat customer Anda merasa dihargai dan dibutuhkan.

 

Baca juga : Bagaimana Internet Dapat Mengkoneksikan Seluruh Dunia?

Menyapa Konsumen melalui Email

Menyapa Konsumen melalui Email

Eits! Meskipun platform email sudah terbilang cukup jadul (jaman dulu), namun jangan pernah meremehkan kekuatan email ya, rekan-rekan. Email menjadi salah satu platform yang masih ampuh untuk meningkatkan pemasaran produk dan membangun ini secara personal dengan para pelanggan kita. Melalui email, kita bisa memberitahu pelanggan bahwa bisnis kita sedang memberlakukan promo besar-besaran terhadap harga produk atau layanan jasa yang kita tawarkan. Promo tersebut bisa karena kita sedang merayakan anniversary bisnis atau karena bisnis kita telah meraih suatu pencapaian yang sangat membanggakan. Dengan melakukan hal ini, para pelanggan akan merasa semakin terikat dengan bisnis kita karena kita tidak segan-segan untuk berbagi kebahagiaan dengan para pelanggan di hari spesial tersebut.

Nah itu dia deretan strategi  yang bisa kamu lakoni. Tak sulit, hanya terkadang sebagai pelakon bisnis kita lupa dan memriotitaskan hal lain. Padahal, dalam dunia bisnis berlaku kalimat “Customer yang setia dengan brand kamu, akan membawa customer baru untuk usaha kamu”. Yuk mulai engage customer bisnismu sekarang juga.

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp