Game merupakan hal menarik bagi anak anak, bahkan lebih menarik dari prlajaran. Kali ini kita akan mencoba membuat game matematika sederhana sehingga dapat menarik bagi anak anak.
1. Alat / Bahan
- Arduino IDE Download
- Library: LiquidCrystal_I2C Download
- Library: Keypad Download
- Arduino UNO 1 Buah
- Project Board 1 Buah
- Kabel Jumper Secukupnya
Untuk mendapatkan komponen elektronik di atas silahkan temukan disini.
2. Skema Rangkaian
Gambar Rangkaian Membuat Game Matematika Sederhana dengan Keypad + LCD
Keterangan:
- 5V – VCC I2C
- GND – GND I2C
- SDA – SDA I2C
- SCL – SCL I2C
- D2 – R1
- D3 – R2
- D4 – R3
- D5 – R4
- D6 – C1
- D7 – C2
- D8 – C3
- D9 – C4
3. Langkah Kerja
- Siapkan alat dan juga bahan yang akan digunakan
- kedua Lakukan proses wiring dengan menggunakan Gambar skematik rangkaian diatas
- ketiga Buka software Arduino IDE yang telah terinstal pada laptop/komputer
- Unduh semua library di atas dan masukkan libray tersebut dengan cara buka Arduino IDE pilih Sketch->Include Library->Add.Zip Library
- Ketikkan sketch program pada halaman Arduino IDE
- Masukan alamat I2C LCD pada sketch program, untuk mengetahui alamat I2C pelajari materi berikut:
Mencari Tahu Alamat I2C Pada Modul I2C - Untuk memahami cara kerja program keypad, pelajari materi berikut:
Membaca Input Keypad 4×4 - Lakukan proses uploading program
4. Sketch Program
Dapatkan akses ratusan video tutorial dan juga pembelajaran dengan registrasi melalui tombol di bawah!
/* Program Membuat Game Matematika Sederhana dengan Keypad + LCD dibuat oleh Indobot */ #include <Keypad.h> //Library keypad #include <LiquidCrystal_I2C.h> //Library LCD I2C LiquidCrystal_I2C lcd(0x27,16,2); //Masukkan type dan alamat I2C const byte ROWS = 4; //Inisialisasi jumlah baris const byte COLS = 4; //Inisialisasi jumlah kolom char Keys[ROWS][COLS] = { //Map tombol keypad {'1','2','3','A'}, {'4','5','6','B'}, {'7','8','9','C'}, {'*','0','#','D'} }; byte rowPins[ROWS] = {9, 8, 7, 6}; //Deklarasi pin baris byte colPins[COLS] = {5, 4, 3, 2}; //Deklarasi pin kolom Keypad customKeypad = Keypad( makeKeymap(Keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS); //input parameter keypad char customKey; //Variabel untuk menampung input keypad float angka; void setup() { lcd.init (); //Mulai LCD lcd.setBacklight(HIGH); //Set backlight HIGH } void loop() { int angka1 = random(0,1000); //Buat angka random antara 0 - 1000 int angka2 = random(0,1000); int hasil = angka1 + angka2; lcd.setCursor(0,0); //Tampilan LCD lcd.print(angka1); lcd.print(" + "); lcd.print(angka2); lcd.print(" = "); ulang: customKey = customKeypad.getKey(); //Baca input keypad switch(customKey){ //Jika case '0' ... '9': //Nilai 0 - 9, maka if(angka <= 9999){ lcd.setCursor(0,1); angka = angka * 10 + (customKey - '0'); lcd.print(angka, 0); //Tampilkan angka } break; case '*': //Untuk menghapus angka = 0; lcd.setCursor(0,1); lcd.print(" "); break; case '#': //Untuk mengirim goto cek; break; } goto ulang; cek: lcd.clear(); if(angka == hasil){ //Pengecekan hasil lcd.setCursor(0,0); lcd.print(" Benar"); lcd.setCursor(0,1); lcd.print(" *|(^.^)|*"); } else{ lcd.setCursor(0,0); lcd.print(" Salah"); lcd.setCursor(0,1); lcd.print(" --(X.X)--"); } angka = 0; delay(3000); lcd.clear(); }
Kesimpulan:
Ketika memulai game matematika ini, Game akan mulai membuat angka random berupa penjumlahan kemudian kita perlu menjawab penjumlahan tsb. Setelah itu jawaban akan di cek oleh sistem jika jawaban benar LCD akan menampilkan peringatan benar dan salah maka peringatan salah yang akan muncul.
Kamu pemula dan ingin belajar atau bahkanbikin project elektronika dari nol? Ikuti program dari Indobot!