Mengerti Fungsi Check Point Pada Robot Line Follower

Indobot Academy

fungsi check point pada line follower
fungsi check point pada line follower

Hai kembali lagi ni, apa kabar teman Indobot? Baik? Alhamdulillah. O iya pada artikel yang super duper singkat ini, kami akan membahas mengenai fungsi Check Point pada Robot Line Follower. So langsung cus aja ya?

Fungsi Check Point pada Line Follower

Kamu tentunya sudah paham ya? Untuk dapat menyelesaikan maze, robot line follower akan mendapatkan perintah di setiap titik untuk belok kanan/ belok kiri/ lurus ataupun berhenti. Dengan banyaknya titik perintah atau biasa kami sebut indeks, nggak heran pasti ada aja satu/ dua indeks yang salah. Dan hal itu menyebabkan kita harus memulai menjalankan robot dari awal (indeks ke-0).

Tapi tenang aja, disinilah sang pahlawan “check point” akan bekerja. Udah bisa tebak apa fungsinya? Yap bener banget, check point berfungsi untuk membuat titik start baru. Emm gimana ya? Kok malah jadi bingung sendiri hehe.

Dapatkan puluhan ebook gratis dengan registrasi melalui tombol di bawah!

Studi Kasus Line Follower

Gini aja deh, kita langsung ke studi kasusnya ya?

Alkisah, kita dihadapkan dengan 30 indeks yang harus kita beri perintah, nah kita diberi durasi waktu ni buat bisa mencapai finish. So untuk meminimalisir human eror program yg kita buat, kita pakai check point. Misal kita buat check poin di indeks ke-15. Ok ceritanya robot udah mulai jalan ya? Indeks ke-0 oke, 1 oke juga, 13 oke, 15 oke, emm 18 oke, dan di indeks ke-19 ternyata ada yag salah ni, si robot jalannya udah beda. Singkat cerita, karena kita udah setting check point di indeks ke-15, kita nggak perlu lagi ngulang maze dari awal, cukup start dari indeks ke-15 aja. Jadi bisa irit waktu juga. Gitu ceritanya hehe, sama-sama paham ya?

Demikian artikel singkat ini kami tulis, semoga bermanfaat guys. Jika kamu suka dengan artikel singkat ini, silahkan share ke teman-teman kamu atau jika kamu tertarik untuk menulis, kamu juga bisa memposting tulisan-tulisan menarikmu di website www.indobot.co.id

Recommended, baca dulu artikel ini ya? Apa itu Line Follower? Robot Pengikut Garis?

See you on the next article guys, bye bye…

[zombify_post]

Kamu pemula dan ingin belajar/bikin project elektronika dari nol? Ikuti program dari Indobot!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp