Rangkuman Cara Pembacaan Sensor untuk project

Indobot Update

Halo Sahabat Indobot.

Sedang mengerjakan project apa hari ini?

Pada kesempatan kali ini, saya akan merangkum program dan rangkaian elektronikanya untuk membaca sensor.

Sensor merupakan device untuk mendeteksi kondisi fisik, baik tekanan, suhu, dan lainnya di sekitarnya. Kondisi ini kemudian digantikan menjadi suatu energi listrik untuk dapat dibaca oleh mikrokontroler. Cukup jelas bukan?

Yah. Tanpa berlama-lama. Kita lihat beberapa sensor berikut dan pikirkan, kira-kira project apa yang bisa kita lakukan dengan sensor ini?

 

Belajar elektronika step by step dengan bantuan tangga belajar? Regitrasi dulu dan dapatkan konsultasi dari kami!

 

Sensor Flame

Sensor flame biasanya digunakan untuk membuat alarm kebakaran. ini dapat mengetahui adanya api di sekitarnya. Nah jika teman-teman ingin melihat rangkaian dan programnya, kita dapat melihatnya di laman berikut.

Alarm Kebakaran Dengan Menggunakan Sensor Flame

 

Sensor Getar (Vibration Sensor)

Sensor Vibration merupakan sensor yang bekerja untuk mendeteksi adanya getaran.  ini sering digunakan sebagai pendeteksi adanya gempa. Berikut ini merupakan laman yang dapat dikunjungi untuk program dan rangkaian sensor getar.

Membaca Input Dari Sensor Getar (Vibration Sensor)

 

Sensor Arus Listrik

Sensor arus listrik sebenarnya hanya mengubah besaran Arus agar tidak merusak mikrokontroler. Jadi tetap dibutuhkan ya gaes. Apalagi untuk kalian yang ingin membuat alat pemantau tagihan listrik. Sensor ini pasti akan sangat berguna. Kita dapat melihat cara untuk pembacaan sensor ini di laman berikut.

Membaca Arus AC dengan Arduino dan Sensor Arus ACS712

 

Sensor Suhu

Sensor suhu jenisnya banyak sekali ya gaes. Mulai dari suhu ruangan, suhu panas uap, suhu air, dan lainnya. Nah kegunaan sudah tau pasti ya. Yaps benar. Mengukur besaran suhu. Berikut ini adalah laman yang dapat dikunjungi untuk teman-teman yang masih bingung mau milih sensor suhu yang mana. Cek aja di laman berikut.

Jenis Sensor Suhu dan Cara Membacanya dengan Arduino

 

Sensor Ultrasonik

Sensor ini pasti sudah sangat terkenal ya gaes. Bahkan kita juga pernah membuat artikel khusus untuk sensor ini. Sensor ultrasonik adalah sensor jarak yang menggunakan pantulan gelombang ultrasonik untuk mengukur jarak. Nah buat teman-teman yang masih belum tau caranya, dapat lihat di laman berikut ini.

Tutorial Arduino UNO R3 Membaca Jarak dengan Sensor Ultrasonic HC-SR04 

Sensor Jarak Underwater

Sensor jarak underwater ini sebenarnya hampir sama dengan sensor ultrasonik. Bahkan sama-sama menggunakan gelombang ultrasonik untuk mengetahui nilai jarak. Hal yang paling membedakan adalah sensor ini anti air dan hanya memiliki 1 mata untuk ultrasonik. Nah lebih lengkapnya, dapat dilihat di laman ini.

Sensor Jarak Underwater dengan Sensor Ultrasonik JSN-SR04T

 

Sensor Fingerprint

Modul Sensor Fingerprint merupakan modul sensor yang berfungsi pemindaian identitas sidik jari manusia yang bersifat unik. Sensor ini sering digunakan sebagai security system karena sidik jari tergolong identik dan tidak mudah ditiru. Bagaimana cara mengaktifkan sensor ini? Cek di laman berikut.

Menyalakan Lampu Dengan Sidik Jari Sensor Fingerprint 

Sensor Gas MQ-2

Sensor gas jenis ini berfungsi untuk mendeteksi gas asap rokok dan gas yang mudah terbakar. Lebih lengkapnya sensor ini dapat mendeteksi gas LPG, i-butana, propana, metana, alkohol, dan hidrogen. Nah banyak banget kan fungsinya. Berikut ini adalah laman yang dapat dikunjungi untuk membaca sensor gas MQ-2.

Tutorial Arduino UNO R3 Mengakses Sensor Gas MQ-2

 

Sensor DHT11

Sensor ini sebenarnya sudah ada di bagian sensor suhu, tapi karena kehebatan sensor ini tidak hanya di situ, maka saya masukkan kembali ke list. DHT11 tidak hanya dapat mengetahui besaran suhu, tapi juga untuk mengetahui persentase kelembaban ruangan. Sensor ini sering digunakan sebagai alat yang digunakan di dalam rumah. Bagi teman-teman yang ingin tau bagaimana cara mengaktifkan sensor ini, dapat masuk ke link berikut.

Tutorial Arduino UNO R3 Membaca Suhu dan Kelembaban dengan Sensor DHT11

 

Sensor Magnet (Hall Effect Sensor)

Efek Hall adalah komponen jenis transduser yang dapat mengubah informasi magnetik menjadi sinyal listrik untuk pemrosesan rangkaian elektronik selanjutnya. Sensor Efek Hall ini sering digunakan sebagai sensor untuk mendeteksi kedekatan (proximity), mendeteksi kecepatan (speed), mendeteksi pergerakan arah (directional) dan mendeteksi arus listrik (current sensing). Berikut ini laman yang dapat anda gunakan

Program Dasar Sensor Magnet (Hall Effect Sensor) Arduino Uno

 

Sensor Suara

Sensor suara merupakan module sensor yang mensensing besaran suara untuk diubah menjadi besaran listrik yang akan dioleh mikrokontroler. Module ini bekerja berdasarkan prinsip kekuatan gelombang suara yang masuk.

Cara Mengakses Sensor Suara Menggunakan Arduino Uno

 

Sensor Hujan

Sensor hujan adalah jenis sensor yang berfungsi untuk mendeteksi terjadinya hujan atau tidak, sensor hujan juga dpat direalisasikan dengan membuat otomatisasi, seperti jemuran otomatis. Jika teman-teman ingin mencobanya, dapat lihat tutorialnya di laman berikut.

Program Dasar Akses Sensor Hujan

 

Sekian dulu untuk rangkuman sensor kali ini. Masih banyak lo sensor-sensor lainnya di blog kita. Teman-teman bisa cek sendiri yaa.

Selamat mencoba.


Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp