Memiliki tanaman pribadi merupakan hoby banyak orang di banyak kalangan. Namun ketika sedang melalukan perjalanan jauh, tanaman akan kekurangan air. Untuk itu kita akan membuat penyiram tanaman jarak jauh, sehingga pemilik akan lebih mudah dalam menyiram tanaman ketika tidak ada dirumah maupun ketika malas kekebun.
[membership level=”0,1,2,4″]
1. Alat / Bahan
- Arduino IDE Download
- Library: Blynk Download
- Library: ESP8266 Download
- NodeMCU ESP8266 1 Buah
- Sensor Soil Moisture 1 Buah
- Relay 1 Channel 1 Buah
- Water Pump 1 Buah
- Adapter 5V DC 1 Buah
- Project Board 1 Buah
- Kabel Jumper Secukupnya
- Smartphone 1 Buah
Kemudian ntuk mendapatkan komponen elektronik di atas silahkan temukan disini.
2. Skema Rangkaian
Berikut Rangkaian Penyiram Tanaman Jarak Jauh
Keterangan:
- VU – VCC Soil Moisture, VCC Relay
- GND – GND Soil Moisture, GND Relay
- A0 – Pin Data Soil Moisture
- D4 – Pin Data Relay
- (+) 5V DC – Com Relay
- (-) 5V DC – (-) Water Pump
- NO Relay – (+) Water pump
[/membership]
3. Layout Blynk
Keterangan:
- (Level V)
- Input V0, Low = 0, High = 100
- Show Value = OFF
- Kelembaban Tanah (Labeled Value)
- Input V0, Low = 0, High = 100
- Label = /pin.#/ %
- Siram (Button)
- Output D4, Low = 1, High = 0
- Mode = Push
4. Langkah Kerja
- Siapkan alat dan juga bahan
- kedua Lakukan proses wiring dengan menggunakan Gambar skematik rangkaian pada gambar
- ketiga Buka software Arduino IDE yang telah terinstal pada laptop/komputer
- Unduh semua library di atas dan kemudian masukkan libray tersebut dengan cara buka Arduino IDE pilih Sketch->Include Library->Add.Zip Library
- Ketikkan sketch program pada halaman Arduino IDE
- kemudian Sesuaikan Auth Tokens dengan proyek aplikasi Blynk. Cara setting dan mendapatkan Auth Tokens dapat dilihat pada tutorial berikut:
Setting Blynk untuk NodeMCU ESP8266 - Ganti ssid dan juga pass dengan nama wifi dan password wifi yang kalian gunakan
- Lakukan proses uploading program
- Buka aplikasi Blynk
- selanjutnya Buat layout Blynk seperti gambar di atas.
- Tekan tombol Play pada aplikasi Blynk lalu tunggu hingga proyek kalian terhubung dengan aplikasi Blynk
5. Sketch Program
Belajar elektronika step by step dengan bantuan tangga belajar? Regitrasi dulu dan dapatkan konsultasi dari kami!
/* Program Penyiram Tanaman Jarak Jauh dibuat oleh Indobot */ #include <ESP8266WiFi.h> //Library ESP8266 #include <BlynkSimpleEsp8266.h> //Library Blynk char auth[] = "HoP9z23_PbWp-iEyMBYFGnnALYBvvcXS"; //Token char ssid[] = "Wifi.id"; //Nama wifi char pass[] = "alam oye"; //Password wifi BlynkTimer timer; #define soil A0 //Sensor soilmoisture pada pin A0 int nilai; void setup() { Blynk.begin(auth, ssid, pass); //Inisialisasi token, wifi dan password timer.setInterval(1000L, sendSensor); //Kirim data sensor pinMode(soil, INPUT); Serial.begin(9600); } void loop() { Blynk.run(); //Jalankan pembacaan Blynk timer.run(); nilai = analogRead(soil); nilai = map(nilai, 1023, 0, 0, 100); Serial.println(nilai); } void sendSensor(){ //Kirim data sensor Blynk.virtualWrite(V0,nilai); }
Kesimpulan:
Ketika sensor diaktifkan, sensor akan mendeteksi kelembaban tanah tanaman yang dinyatakan dalam persentase. Kita dapat menyiram tanaman dengan menggunakan tombol “Siram” sesuai keinginan kelambaban yang diinginkan.
[/membership]
Kamu pemula dan ingin belajar atau bahkan bikin project elektronika dari nol? Ikuti program dari Indobot!