7 Platforms IoT Gratis yang Sering Digunakan

Indobot Academy

7 Platforms IOT
7 Platforms IOT Gratis yang Sering Digunakan

Nah sahabat indobot saya ingin berbagi sedikit pengetahuan nih tentang platform IoT. IoT adalah sebuah konsep untuk memperluas pemanfaatan konektivitas internet. Dengan kata sederhana tujuan dari setiap perangkat IOT adalah untuk menghubungkan dengan perangkat lain IOT dan aplikasi (cloud-based kebanyakan) untuk menyampaikan informasi dengan menggunakan protokol internet transfer. Kesenjangan antara sensor perangkat dan jaringan data diisi oleh IOT Platform.

[lwptoc numeration=”none” title=”Daftar Isi”]

Platform tersebut menghubungkan jaringan data untuk pengaturan sensor dan memberikan wawasan menggunakan aplikasi backend untuk memahami sejumlah data yang dihasilkan oleh ratusan sensor. Mengingat kemungkinan bahwa internet hal menawarkan perusahaan teknologi telah mulai memanfaatkan itu. Ada banyak platform IOT tersedia sekarang yang memberikan pilihan untuk menyebarkan internet aplikasi hal di mana saja. sebagai contoh seperti berikut :

 

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

 

1.  Platforms IoT Ubidots

 

platforms iot gratis ubidot

Pertama Ubidots. Adalah platform IoT menarik lainnya yang menyediakan beragam layanan. Pertama, ia mendukung beberapa perangkat seperti Arduino, Raspberry Pi, Particle, Espressif, Onion dan banyak lagi. Selain itu, ada beberapa jenis layanan yang berbeda dari konektivitas perangkah hingga visualisasi data. Beberapa fitur yang dimiliki oleh Ubudots antara lain adalah sebagai berikut :

 

2. Google Fire Base

platform iot gratis firebase

Firebase adalah suatu layanan dari Google yang digunakan untuk mempermudah para pengembang aplikasi dalam mengembangkan aplikasi. Dengan adanya Firebase, pengembang aplikasi bisa fokus mengembangkan aplikasi tanpa harus memberikan usaha yang besar. Dua fitur yang menarik dari Firebase yaitu Firebase Remote Config dan Firebase Realtime Database. Selain itu terdapat fitur pendukung untuk aplikasi yang membutuhkan pemberitahuan yaitu Firebase Notification

Baca Juga Apa itu Firebase

3. Geeknesia

platform iot gratis geeknesia

 

Geeknesia adalah sebuah Platform Internet of Things (IoT) untuk mempermudah development solusi IoT, juga merupakan sarana untuk showcase ide, proyek, solusi, atau startup yang berhubungan dengan IoT, dan merupakan platform Crowdfunding untuk berbagai macam produk teknologi. Di kembangkan dan di buat oleh PT. IoT Inovasi Indonesia. User adalah seluruh pengguna platform Geeknesia baik sebagai User, Creator, dan Supporter.

Belajar elektronika step by step dengan bantuan tangga belajar? Regitrasi dulu dan dapatkan konsultasi dari kami!

4. Telkomsel IOT

PT Telekomunikasi Selular atau Telkomsel mengembangkan bisnis internet of things dengan membangun ekosistem digital melalui kolaborasi dengan sejumlah pemangku kepentingan.

Telkomsel mengatakan untuk merangsang pertumbuhan ekosistem internet of things (IoT), Telkomsel memiliki program Telkomsel Innovation Center (TINC).  Program TINC merangkum berbagai kegiatan dalam membentuk ekosistem IoT Indonesia

 

5. Blynk

platform iot gratis blynk

 

BLYNK adalah platform untuk aplikasi OS Mobile (iOS dan Android) yang bertujuan untuk kendali module Arduino, Raspberry Pi, ESP8266, WEMOS D1, dan module sejenisnya melalui Internet.

Aplikasi ini merupakan wadah kreatifitas untuk membuat antarmuka grafis untuk proyek yang akan di implementasikan hanya dengan metode drag and drop widget.

Penggunaannya sangat mudah untuk mengatur semuanya dan dapat di kerjakan dalam waktu kurang dari 5 menit. Blynk tidak terikat pada papan atau module tertentu. Dari platform aplikasi inilah dapat mengontrol apapun dari jarak jauh, di manapun kita berada dan waktu kapanpun. Dengan catatan terhubung dengan internet dengan koneksi yang stabil dan inilah yang di namakan dengan sistem Internet of Things (IOT).

 

6Antares

antares iot

ANTARES adalah Brand di bawah PT Telekomunikasi Indonesia yang spesifik bergerak di IoT Platform.

fitur yang di sediakan oleh antares :

  • Keamanan Seluruh komunikasi ditransmisikan di jalur yang telah di enkripsi. Segalanya diatur agar sangat handal, aman, dan tagguh di atas Secure Transport Layer.
  • Handal antares akan memenej infrastruktur Anda selama 24/7. Fokuskan diri anda kepada ide-ide dan servis yang ingin Anda bangun.
  • Beragam Perangkat Antares medukung berbagai macam perangkat seperti Arduino, ESP, Android, Raspberry Pi, dll dan berbagai macam bahasa pemrograman.
  • Open API Anda tidak hanya bisa mengontrol aplikasi Anda melalui dashboard namun juga menggunakan API yang di sediakan.

 

7. Thing Speak

 

thingspeak iot

Thing Speak adalah platform open source Internet of Things (IOT) aplikasi dan API untuk menyimpan dan mengambil data dari hal menggunakan protokol HTTP melalui Internet atau melalui Local Area Network. ThingSpeak memungkinkan pembuatan aplikasi sensor logging, aplikasi lokasi pelacakan, dan jaringan sosial hal dengan update status “.

Baca juga : Belajar Bahasa Pemrograman Arduino IDE Lengkap

Plaform ini awalnya di luncurkan oleh ioBridge pada tahun 2010 sebagai layanan untuk mendukung aplikasi IOT. ThingSpeak telah terintegrasi dukungan dari numerik komputasi perangkat lunak MATLAB dari MathWorks. Memungkinkan ThingSpeak pengguna untuk menganalisis dan memvisualisasikan data yang di unggah menggunakan Matlab tanpa memerlukan pembelian lisensi Matlab dari MathWorks.

 

 

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Satu pemikiran pada “7 Platforms IoT Gratis yang Sering Digunakan”

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp