5 Projek Arduino Sederhana dan Keren yang Mudah Dibuat

Indobot Academy

Project Arduino Sederhana
Project Arduino Keren yang Mudah Dibuat

Hallo Sahabat Indobot… Bagaimana Kabar kalian? Pasti baik dong ya… pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips project arduino sederhana apa aja sih yang bisa di buat oleh pemula dalam arduino atau mikrokontroller, langsung saja simak penjelasan dibawah ya sahabat indobot.

5 Project Arduino Sederhana dan Keren

Apa aja sih projek sederhananya itu?

1. Mendeteksi Hujan dengan Modul Sensor Hujan

skema projek sederhana arduino sensor hujan

Diatas adalah bentuk fisik dari sensor hujan ya sahabat Indobot. Sekarang yang perlu kalian ketahui adalah prinsip kerja dari sensor ini. Jadi pada saat terjadi hujan dan airnya mengenai panel pada sensor maka akan terjadi proses elektrolisasi oleh air hujan kemudian secara otomatis air hujan tersebut akan mengalirkan arus listrik. Kemudian Jika kalian amati gambar di atas pada modul sensor tersebut juga terdapat IC Komparator yang outputnya dapat berupa logika HIGH dan LOW. Selain itu pada modul ini terdapat output yang berupa tegangan sehingga dapat di koneksikan pada pin Analog Digital Converter pada Arduino. Sampai disini sudah cukup deh ya pengetahuan singkat tentang sensor hujan. Untuk Tutorial lengkap tentang rangkaian dan script code modul sensor hujan bisa di temukan di konten belajar ya

2. Sensor Jarak dan Buzzer

sensor jarak dengan buzzer

Kali ini kita akan mencoba membuat sebuah alarm yang bisa mendeteksi sebuah jarak. Sensor yang akan kita gunakan pada tutorial kali ini adalah sensor Ultrasonic HC-SR40, sedangkan untuk outputnya kita akan menggunakan Buzzer. Tutorial ini nantinya bisa kalian aplikasikan untuk berbagai kasus, Misalnya untuk sistem alarm parkir mobil. Hebat kan?  sebelum memulai mari kita lihat dulu bentuk  fisik komponen yang akan kita gunakan. Untuk Tutorial lengkap tentang rangkaian dan script code project ini bisa klik disini

3. Mengukur Suhu dan Kelembaban Ruangan

Arduino Sensor DHT11
Arduino Sensor DHT11

Sensor ini adalah sebuah sensor yang dapat kalian manfaatkan untuk mengukur suhu berserta kelembaban suatu ruang.

 

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Spesifikasi DHT 11:

  • Supply Voltage: +5 V
  • Temperature range : 0-50 °C error of ± 2 °C
  • Humidity : 20-90% RH ± 5% RH error
  • Interface : Digital

Nah itulah informasi seputar sensor DHT11. Sekarang sahabat indobot akan saya ajak untuk mempraktikkan implementasi dari sensor ini untuk membaca suhu berserta kelembaban pada ruangan kalian masing-masing.

 

4. Tutorial Arduino UNO R3: Menghidupkan LED dengan Sensor Suara

gambar sensor suaraPada tutorial kali ini adalah sebuah pengembangan dari tutorial sebelumnya yang berjudul Tutorial Arduino UNO R3 cara mengakses sensor suara.  Kita akan mencoba mengembangkan tutorial tersebut dengan cara menambahkan LED sebagai indikator outpunya. Bagi kalian yang belum tahu sama sekali apa itu sensor suara silahkan buka tutorial sebelumnya atau klik link ini. Dan bagi kalian yang belum tau bentuk fisik sensor suara berikut adalah gambarnya.

5. Membuat Melodi dengan Buzzer

Kali ini saya akan mengenalkan kalian dengan salah satu transduser yang dapat mengubah energi listrik menjadi sebuah suara. Komponen ini biasa di sebut dengan Buzzer. Iya Buzzer ini biasa di gunakan untuk membuat rangkaian alarm di berbagai keperluan karena selain murah komponen ini juga sangat mendukung untuk di aplikasikan pada rangkaian elektronika.

membuat melodi dengan buzzer

Perlu di ketahui ya sob kalau buzzer ini ada 2 jenis, yaitu yang pertama jenis passive buzzer yang tidak mempunyai suara sendiri, itu artinya tinggi dan rendah suaranya dapat kita program sendiri. Sedangkan jenis yang kedua adalah Active Buzzer yang sudah memiliki suara tersendiri ketika kita sambungkan ke catu daya. dan untuk sahabat Indobot jika ingin memprogram buzzer menggunakan Arduino maka lebih cocok menggunakan jenis passive Buzzer.

Sekarang Fanbot telah mengetahui lima proyek Arduino sederhana yang mudah di buat dan bisa menjadi hiburan yang menyenangkan di waktu luang kamu. Dengan Arduino, Kamu dapat mengembangkan keterampilan dalam pemrograman dan teknologi, serta mendapatkan hasil yang memuaskan ketika melihat proyek yang Fanbot buat bekerja dengan baik.

Tunggu apalagi?

Kamu ingin memperbanyak jam terbang dan portofolio bikin project elektronika/ Arduino/ IoT? Ikuti program dari Indobot!

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp