Buat Perangkat IoT dengan Smartphone Kamu Sendiri!

Indobot Update

Ubah Smartphone kamu Menjadi Perangkat IoT Dengan Cara ini, yuk Simak!
Ubah Smartphone kamu Menjadi Perangkat IoT Dengan Cara ini, yuk Simak!

Perubahan zaman yang semakin berkembang menuntut kita untuk melek akan teknologi yang ada. Teknologi juga pada setiap harinya selalu mengalami perubahan dan perkembangan, ternyata hal tersebut tidak hanya dialami oleh perangkatnya saja namun juga teknis yang digunakan baik hardware maupun software contohnya pada laptop, smartphone, televisi digital dan sebagainya. Berikut ini merupakan artikel yang membawa Anda untuk memahami bagaimana cara mengubah smartphone Anda menjadi perangkat IoT. 

Perubahan tersebut akan membawa Anda untuk memiliki fitur yang lebih canggih pada smartphone Anda. Cara mengubah smartphone menjadi perangkat IoT yaitu dengan menggunakan Solusi Azure IoT. Solusi Azure IoT memberikan kemungkinan untuk Anda dalam menyambungkan perangkat IoT milik Anda berbasis cloud. 

Pada prosesnya, perangkat akan mengirim telemetri, seperti suhu dan kelembapan perintah seperti mulai ulang dan mengubah interval pengiriman. Perangkat juga dapat menyinkronkan status internalnya dengan layanan, berbagi properti seperti model perangkat dan sistem operasi. Aplikasi telepon IoT Plug and Play memungkinkan Anda dengan cepat mulai menjajahi kemampuan Azure IoT tanpa perlu mengonfigurasi perangkat IoT secara khusus. 

Menggunakan Plug and Play Azure IoT

Menggunakan Plug and Play Azure IoT dapat membantu Anda untuk mempercepat kinerja smartphone Anda. Aplikasi ini dirancang untuk mengirimkan telemetri yang dikumpulkan dari sensor telepon, memberikan respons perintah yang dipanggil oleh layanan, dan melaporkan nilai properti. Anda dapat menggunakan aplikasi ini pada smartphone anda untuk hal-hal berikut:

  • Menguji konfigurasi Anda
  • Menjelajahi skenario IoT dasar
  • Mengelola dan berinteraksi dengan telepon Anda dari jarak jauh
  • Sebagai titik awal untuk sebuah pengembangan kustom Anda. 

Anda dapat melakukan install aplikasi ini melalu Google Play Store  dan dari App Store. Kemudian, untuk menyambungkan ke aplikasi IoT dapat dilakukan dengan cara memindai kode QR di IoT Central. 

Mendaftarkan Perangkat IoT

Fanbot, sebelum Anda menyambungkan aplikasi telepon, Anda juga harus mendaftarkan perangkat di aplikasi IoT Central Anda. Ketika Anda membuat pendaftaran perangkat , IoT Central menghasilkan informasi koneksi perangkat. 

Untuk melakukan pendaftaran pada IoT Central adalah dengan cara berikut:

  1. Masuk ke aplikasi IoT Central Anda dan navigasikan ke halaman Perangkat
  2. Pilih buat perangkat
  3. Pada halaman buat perangkat baru, kemudian pilih buat
  4. Pada daftar perangkat, klik nama perangkat lalu pilih Sambungkan. Pada halaman Koneksi perangkat Anda dapat melihat kode QR yang akan Anda pindai di aplikasi smartphone

Hubungkan Perangkat 

Setelah melakukan pendaftaran perangkat IoT Central, Anda dapat melakukan aktifitas menyambungkan aplikasi smartphone dengan memindai kode QR. Untuk menyambungkan aplikasi dengan cara berikut:

  1. Buka aplikasi IoT PnP di smarthpone Anda
  2. Ketika muncul selamat datang  pada halaman Anda, pilih Pindai kode QR dan arahkan kamera ponsel ke kode QR kemudian tunggu beberapa detik agar perangkat saling terkoneksi
  3. Pada halaman telemetri di aplikasi smartphone tersebut, Anda dapat melihatnya secara langsung data yang dikirim aplikasi ke IoT Central. Pada halaman log, Anda juga dapat melihat perangkat yang tersambung dan beberapa pesan yang terinisialisasi
  4. Pada halaman pendaftaran pengaturan>, Anda juga dapat melihat ID dan cakupan ID yang digunakan aplikasi untuk terhubung ke IoT Central.
ubah-smartphone-kamu-menjadi-perangkat-iot-dengan-cara-ini-yuk-simak
ubah-smartphone-kamu-menjadi-perangkat-iot-dengan-cara-ini-yuk-simak

Sudah saatnya kita melek teknologi 4.0 salah satunya dengan mengikuti kursus IoT. Bersama Indobot Academy, Anda bisa belajar IoT dengan materi berbahasa Indonesia yang terstruktur dan terstandar industri. Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi admin kami disini.

Ubah Smartphone kamu Menjadi Perangkat IoT Dengan Cara ini, yuk Simak!
Ubah Smartphone kamu Menjadi Perangkat IoT Dengan Cara ini, yuk Simak!

Klik Link di samping untuk klaim promo :  

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp