Panel Surya Berbasis IoT Guna Pertumbuhan Tanaman Hidroponik

Indobot Academy

Sumber : https://unsplash.com/photos/qVsPZo8vqZA?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink

Seiring berkembangnya teknologi inovasi, semakin beragam pula inovasi di bidang pertanian. Tumbuhan yang biasanya di tanam pada media tanah, sekarang dapat di budidayakan hanya dengan media air. Metode tersebut di namakan dengan hidroponik. 

Budidaya tanaman hidroponik di anggap lebih efektif dan efisien karena tidak memerlukan lahan tanah, sehingga dapat di lakukan di mana saja. Hidroponik juga sangat cocok apabila ingin di lakukan di kawasan perkotaan.

Pertanian Hidroponik Sebagai Sarana Wisata Edukasi

Hidroponik merupakan salah satu metode penanaman yang cukup unik. Keunikan tersebut salah satunya di akibatkan karena dalam penanamannya, tidak membutuhkan media tanah agar tanaman dapat tumbuh dengan baik, melainkan menggunakan air.

Inovasi cemerlang tersebut, menarik untuk di jadikan sarana wisata edukasi. Pemilihan hidroponik sebagai wisata edukasi pada Desa Banjarejo, Malang di pilih atas dasar survey kepada masyarakat sekitar.

Pemilihan pertanian hidroponik sebagai sarana wisata edukasi juga di karenakan wilayah Desa Banjarejo masih cukup asri, sehingga mendukung untuk di kembangkan menjadi desa wisata.

Desa Banjarejo juga memiliki banyak sumber mata air, sehingga sangat cocok untuk budidaya tanaman hidroponik. Banyaknya sumber mata air tersebut juga membuat persawahan di desa ini memiliki persediaan air yang cukup. 

Selain untuk kegiatan bertani, sumber air yang berada di Desa Banjarejo juga di gunakan untuk sarana pemancingan dan budidaya ikan air tawar.

Keberadaan lahan terbuka hijau yang masih luas, sehingga Desa Banjarejo memerlukan pengembangan spot wisata konsep alam. Salah satu pengembangan wisata di Desa Banjarejo adalah pembangunan sarana wisata edukasi ramah lingkungan, yaitu hidroponik berbasis Internet of Things.

Teknologi Panel Surya Berbasis Internet of Things

Salah satu pengembangan sarana wisata edukasi di Desa Banjarejo adalah pembangunan pertanian hidroponik menggunakan panel surya yang terintegrasi dengan Internet of Things.

Panel surya berbasis Internet of Things tersebut merupakan salah satu inovasi untuk menarik minat wisatawan dan digitalisasi pertanian. 

Menggunakan Internet of Things, pertanian hidroponik yang di lakukan dapat di hubungkan dengan berbagai sensor serta software agar perangkat-perangkat produksi hidroponik dapat di monitor dan di kendalikan dari jarak jauh.

Keunggulan penggunaan perangkat Internet of Things pada pertanian hidroponik tersebut yaitu tanaman dapat berproduksi lebih baik, karena kebutuhan tanaman di kendalikan menggunakan berbagai sensor. Mulai dari sensor suhu, kelembaban, kadar air, dan hama. 

Hidroponik dengan menggunakan panel surya, juga berperan untuk memenuhi kebutuhan sirkulasi air pada tanaman hidroponik. Hal tersebut karena tanaman hidroponik memerlukan sirkulasi air agar nutrisi tanaman dapat tersalurkan dengan maksimal.

Kebutuhan sirkulasi air tersebut, tentunya memerlukan energi listrik yang cukup banyak, sehingga penggunaan panel surya akan sangat berperan bagi sumber energi listrik yang di butuhkan oleh tanaman hidroponik.

Peran Internet of Things Bagi Sektor Pertanian

Internet of Things merupakan salah satu teknologi yang dapat di terapkan pada segala sektor, salah satunya adalah sektor pertanian.

Menggunakan Internet of Things, dapat diciptakan sistem Smart Farming yang tentunya akan lebih memudahkan proses produksi para petani. Kemudahan tersebut karena dengan di gunakannya IoT, petani memiliki data tanaman yang tercatat secara realtime dan akurat, sehingga penanganan tanaman dapat di lakukan dengan tepat.

Berbagai keunggulan penggunaan Internet of Things bagi dunia pertanian tersebut, membuat kita juga harus memiliki pengetahuan terkait Internet of Things. 

Pengetahuan dan keterampilan terkait Internet of Things tersebut dapat di peroleh melalui berbagai lembaga formal maupun non formal, seperti salah satunya adalah Indobot Academy. Mulai dari Rp90.000 an saja, kamu bisa mempelajari Internet of Things dengan mudah dan cepat. Yuk kunjungi kami! Hanya di Indobot Academy.

Indobot Academy menyediakan berbagai e-course dan workshop terkait Internet of Things yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari sektor pertanian, kesehatan, keamanan, dan dunia kuliner. Apabila kalian tertarik untuk belajar Internet of Things dengan mudah, silahkan kunjungi website indobot.co.id

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp