Armada Bus Adiputro Berbasis Internet of Things

Indobot Update

Armada Bus Adiputro Berbasis Internet of Things
ilustrasi bus adiputro

[lwptoc]

Bus merupakan salah satu moda transportasi umum yang sering di gunakan masyarakat dari berbagai kalangan. Bus di pilih karena biayanya yang ramah di kantong dan dapat menjangkau jarak jauh dengan tetap memberikan kenyamanan bagi para penumpangnya.

Penggunaan Internet of Things untuk Armada Bus Adiputro

Adiputro merupakan salah satu karoseri bus yang kini menerapkan Internet of Things untuk bus yang di produksi. Inovasi Internet of Things tersebut di lakukan untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan bagi para penumpang dan pengemudi saat dalam perjalanan.

Penggunaan Internet of Things pada bus produksi Adiputro tersebut merupakan buah dari kerjasama antara Adiputro dengan PT Teknologi Karya Digital Nusa. Berdasarkan hasil kerjasama tersebut, tercipta perangkat Internet of Things yang akan di hubungkan dengan armada bus Adiputro.

Perangkat berbasis Internet of Things tersebut di beri nama TKDN Advance Mobility atau TAM Fleet.  Menurut Presiden Direktur PT Teknologi Karya Digital Nusa (TKDN), David Santoso yang di kutip dari laman medcom.id beliau mengatakan bahwa “Kerjasama kali ini di targetkan sebanyak 100 unit hardware Internet of Things (IoT) TAM Fleet yang akan di pasang ke dalam armada bus Adiputro termasuk di dalamnya 30 unit bus untuk rute Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) PO Bintang Timur”.

David mengharapkan untuk kedepannya akan terdapat banyak inovasi bidang teknologi yang di gunakan untuk mengoptimalkan sektor transportasi. Hal tersebut juga bertujuan untuk memberikan keselamatan dan kenyamanan yang optimal bagi penumpang dan pengemudi.

Keunggulan Perangkat Internet of Things pada Armada Adiputro

Penggunaan teknologi Internet of Things pada armada bus tentunya memiliki berbagai keunggulan. Salah satunya adalah teknologi Driver Safety Monitoring (DSM) yang berguna untuk memantau pengemudi agar tidak melakukan pelanggaran selama perjalanan. Pelanggaran tersebut di antaranya seperti penggunaan ponsel ketika mengemudi, merokok, melanggar rambu lalu lintas, dan lainnya.

Selain DSM, juga terdapat fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang berguna untuk memberikan peringatan apabila kendaraan yang di kemudikan melanggar rambu lalu lintas, keluar dari jalur, dan potensi-potensi lainnya yang mengakibatkan kecelakaan.

Keunggulan lainnya akibat penggunaan Internet of Things pada armada bus yaitu di lengkapi dengan CCTV, MDVR, Rearcam, dan Blackbox yang dapat merekam data selama perjalanan berlangsung.

Berbagai macam fitur dan keunggulan pada bus Adiputro di gunakan untuk menekan angka kecelakaan transportasi. Baik karena kesalahan manusia maupun mesin. 

Direktur Adiputro, David Jetherokusumo yang di kutip dari laman medcom.id, beliau mengatakan bahwa “Adiputro akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan, salah satunya dengan membawa inovasi sepert IoT pada armada bus yang di produksi.”

Manfaat Internet of Things Bagi Dunia Transportasi

Internet of Things merupakan salah satu inovasi teknologi yang dapat di gunakan pada berbagai sektor, salah satunya adalah sektor transportasi. Selain untuk meningkatkan keselamatan pada saat perjalanan, penggunaan IoT juga dapat di gunakan untuk pemesanan tiket perjalanan.

Dengan digunakannya teknologi berbasis IoT, pemesanan tiket dapat di lakukan secara realtime dan dapat dilakukan dari mana saja. Kecanggihan IoT tersebut tentunya harus terus dikembangkan. Agar pada masa depan dapat tercipta perangkat-perangkat berbasis IoT yang disesuaikan dengan kebutuhan manusia.

Yuk pelajari Internet of Things dan ciptakan inovasi-inovasi untuk menunjang kegiatan sehari-hari, hanya di Indobot Academy. Mulai dari Rp99.000, kamu bisa mempelajari Internet of Things sampai bisa!

Indobot Academy menyediakan berbagai e-course dan workshop terkait Internet of Things yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari sektor pertanian, kesehatan, keamanan, dan dunia kuliner. Apabila kalian tertarik untuk belajar Internet of Things dengan mudah, silahkan kunjungi website indobot.co.id/academy

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp