Hayo, ada yang masih belum tau cara optimasi bisnis melalui media sosial?
Kenapa ragu, sih? Sebagai pebisnis di era digital, memanfaaatkan segala resource dan platform media sosial yang ada adalah salah satu dari kunci untuk boost awareness bisnismu.
Kamu yang bergelut di dunia digital, pasti sudah akrab dengan yang namanya pengoptimalan mesin telusur atau search engine optimazion (SEO). Dengan memanfaatkan jangkauan mesin pencari, seperti Google, Yahoo, Bing, kita memiliki kemungkinan untuk mendorong kegiatan pemasaran produk menjadi lebih aktif. Tapi tahukah bahwa mengoptimalkan media sosial bisnis juga bisa membuat pelanggan semakin mengenal produk Anda?
Media sosial tak hanya digunakan sebagai tempat chattingan atau TikTok-an aja nih tetapi tumbuh sebagai platform teratas dengan jumlah pengguna yang sangat banyak sehingga mampu menjangkau pasar yang lebih luas. Itu sebabnya, penerapan digital marketing secara tepat perlu dilakukan agar strategi yang diterapkan bisa sesuai sasaran. Salah satu strategi yang saat ini dipercaya bisa memaksimalkan jangkauan pemasaran online adalah menggunakan social media optimazation (SMO).
Penasaran kan gimana caranya mengoptimalkan penggunaan media sosial untuk bisnis yang semakin gemilang di 2022, yuk simak dibawah ini:
Mengenal Lebih Dekat Dengan Audiens
Salah satu alasan menggunakan media sosial untuk bisnis, kita dapat meraih micro target audiens yang telah tertarget. Namun hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mengenali siapa audiens Anda. Produk tertentu cocok untuk audiens tertentu pula, dan otomatis pemasaran juga perlu kamu lakukan di media sosial yang cocok untuk keduanya agar promosi berjalan optimal.
Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO
Mengamati Persaingan Pasar
Sebagai pelakon bisnis, wajib banget untuk terus mendapatkan informasi terkait perkembangan dari saingan bisnis kita. Banyak hal seperti memperhatikan strategi marketing, kelebihan dan kekurangan mereka, tentu hal tersebut nantinya dapat kamu gunakan untuk meningkatkan kuualitas bisnis.
Memperbesar Promosi
Promosi nggak perlu lagi lewat koran, mulut ke mulut, sampai sebarr brosur karena ini akan cukup memakan banyak biaya. Eitss, sekarang lebih gampang tinggal satu kali klik aja di media sosial kelar. Jangan lupa untuk membuat konten promosinya yang menarik secara visual juga yaa.
Memperbanyak Jangkauan Audience
Dengan menggunakan media sosial, tentu bisnis yang kita promosikan akan menjangkau siapa aja. Ini artinya audiencemu tak hanya berada di satu kota saja tapi bisa se-Indonesia.
Baca juga : Customer Engagement : Langkah Tepat Optimalkan Penjualan Produk
Menggunakan Iklan Berbayar
Menjalankan kampanye iklan dan promosi di media sosial membutuhkan biaya yang lebih sedikit di bandingkan strategi pemasaran tradisional. Hal ini tentu sangat menguntungkan pebisnis dari segi penghematan anggaran. Maka tidak ada salahnya untuk mencoba iklan berbayar yang biasanya mengandalkan mekanisme penargetan dan kata kunci yang sangat terperinci. Fitur tersebut memungkinkan pebisnis untuk memfokuskan iklan hanya pada jenis audiens yang kemungkinan besar tertarik dengan produk atau jasa yang mereka tawarkan. Iklan bisa berisi penawaran ataupun konten yang berpotensi meningkatkan brand awareness.
Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!