Keefektifan Aplikasi PEKERTI dalam Menjaga Lingkungan Warga

Indobot Update

Keefektifan Aplikasi PEKERTI dalam Menjaga Lingkungan Warga
Keefektifan Aplikasi PEKERTI dalam Menjaga Lingkungan Warga

Motif ekonomi menjadi penggerak utama bagi mayoritas individu. Dampaknya terjadi minim kesempatan dan meningkatnya persaingan mendapatkan lapangan pekerjaan. Ketatnya persaingan mengakibatkan muncul pelaku kriminal. Terjadi kesenjangan ekonomi dalam masyarakat memberikan kesempatan bagi seorang pelaku kejahatan untuk melakukan mencuri barang berharga milik orang lain yang tingkat ekonomi yang lebih tinggi.

Lingkungan yang sering terjadi pencurian adalah lingkungan pemukiman warga. Salah satu kota yang menjadi sasaran tindakan kejahatan seperti pencurian dan perampolan pada lingkungan warga Penanggungan Kecamatan Klojen Kota Malang. Irhan dan kawan-kawannya dari Universitas Negeri Malang mengungkapkan hal tersebut berdasarkan wawancara dan analisis di wilayah Kota Malang. Beberapa upaya pemerintah dan pihak berwajib sebenarnya telah diusulkan meminimalkan daerah dengan potensi resiko seperti ini. Akan tetapi, upaya-upaya tersebut sangat terbatas jangkauannya dan warga sering lengah sampai terjadinya tindak kejahatan, menyebabkan tingkat kriminalitas relatif tetap tinggi. Melakukan alternatif upaya untuk memberikan rasa aman dan meningkatkan kewaspadaan bagi masyarakat di daerah rawan kejahatan yaitu dengan memanfaatkan teknologi.

 

Aplikasi PEKERTI

Keefektifan Aplikasi PEKERTI dalam Menjaga Lingkungan Warga
Sumber : Jurnal  ABDIMAS

Apa sih, aplikasi PEKERTI? Jadi, PEKERTI kepanjangan dari “Peduli, Keamanan, dan Ketertiban”. Aplikasi ini memanfaatkan teknologi IoT berbasis Android. Fungsinya untuk memantau kegiatan warga selama 24 jam di lingkungan Penanggungan, Kota Malang. Pengawasan ini menggunakan kamera CCTV beserta pengeras suara, di mana perangkat setempat dapat memberikan informasi atau mengingatkan warganya.

Memiliki fitur informasi pada prinsipnya berfungsi sebagai media bagi warga untuk bertukar informasi ketika terkait warga kos yang datang dari luar kota, pemilik kos dapat segera memberitahukan kepada ketua RT dan warga lainnya untuk mengingatkan apabila terdapat kendaraan bermotor yang di parkir sembarangan.

Fitur selanjutnya adalah monitoring atau pengawasan yang dapat diakses oleh semua warga yang telah memiliki dan terverifi kasi dalam Aplikasi PEKERTI untuk memantau setiap kamera yang telah terpasang. Selama internet dan listrik tersedia, kamera pengawas CCTV akan bekerja penuh selama 24 jam dan dapat diakses melalui jarak jauh sehingga warga yang sedang bepergian atau tidak berada di area tersebut dapat memonitor kondisi lingkungannya melalui smartphone mereka.

Whatsapp Indobot
Whatsapp Indobot

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Tambahan fitur aplikasi ini yaitu terdapat broadcast di mana warga dapat berinteraksi satu sama lain untuk bertukar informasi terkait kondisi terkini di sekitar rumah atau di lingkungan Penanggungan. Fitur broadcast  pada admin untuk memberikan pengumuman melalui pengeras suara di mana aksesnya melalui Aplikasi PEKERTI, prinsip kerjanya menggunakan pesan suara dari Aplikasi PEKERTI yang kemudian diterima oleh raspberry pie dan diproses ke amplifier dan pengeras suara yang dapat menjangkau semua wilayah di lingkungan warga.

 

Sistem PEKERTI

Sistem ini menggunakan kamera CCTV, di mana peletakan pada beberapa titik krusial lalu lintas warga yang kemudian diintegrasikan dalam sebuah server. Pengeras suara yang terpasang sebagai sarana penyalur informasi. Pemasangan server sebagai pusat data penyimpanan dan penyalur informasi. Cara kerja CCTV sama seperti kamera video tetapi pada penerapan ini berfungsi untuk menghalau potensi tindak kejahatan dan memantau aktivitas penghuni Penanggungan selama 24 jam.

Server yang telah terkoneksi dengan kamera-kamera CCTV yang telah terpasang mengirimkan data melalui jaringan internet untuk kemudian setiap warga dapat mengakses melalui Aplikasi PEKERTI. Warga terlebih dahulu mengunduh dan meng-install aplikasi tersebut dan mengisikan data diri berupa nama, alamat, dan foto terbaru. Memberikan hak akses kepada perangkat desa sebagai admin untuk mengetahui data warga yang akan bergabung dalam aplikasi ini. Di lain sisi, hak akses untuk bertukar informasi melalui pesan broadcast, monitoring CCTV, dan pengiriman sinyal atau tanda apabila indikasi kondisi yang berbahaya dapat digunakan oleh semua pengguna Aplikasi PEKERTI. Dalam aplikasi ini terdapat live preview CCTV dan pengiriman pesan indikasi bahaya. Admin juga bisa melakukan pengiriman pesan bahaya untuk memberi tahu warga lainnya apabila kondisi rawan kejahatan.

 

Manfaat menggunakan Aplikasi PEKERTI

  • Meningkatkan aktivitas kolektif antar warga
  • Meningkatkan kepedulian dalam menjaga keamanan
  • Dapat di-monitoring selama 24 jam hanya melalui smartphone
  • Terciptanya lingkungan yang aman

 

Penerapan di Masa Mendatang

Harapan penerapan aplikasi ini, tidak hanya daerah Penanggungan, Klojen Kota Malang. Namun bisa menerapkan aplikasi ini pada semua daerah. Agar tindakan kriminal dapat meminimalisir. Tentunya, penggunaan aplikasi ini juga membantu pihak berwajib setempat. Jadi, aplikasi ini efektif dalam pemantauan lingkungan warga.

 

 

Buat mahasiswa minimal semester 5 yang ingin belajar Internet of Things, Kampus Merdeka dan Indobot telah kembali membuka program Studi Independent “Internet of Things (IoT) Engineer Camp”. Program ini diadakan untuk mengasah kemampuan mahasiswa baik soft skill dan hard skill di bidang IoT. Pastikan kamu ikut dan terdaftar di pddikti.kemdikbud.go.id untuk ikut kelasnya.

Buruan segera daftarkan diri kalian untuk mengikuti seleksi Studi Independent Internet of Things (IoT) Engineer Camp! Jangan lewatkan kesempatan ini ya, karena kesempatan baik tidak datang dua kali ya…

Internet of Things (IoT) Engineer of Camp
Internet of Things (IoT) Engineer of Camp

Daftarkan segera dirimu dan cek persyaratan lengkapnya melalui link berikut :

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp