Menampilkan tulisan pada papan reklame umumnya dilakukan secara manual melalui computer, agar mempermudah untuk menampilkan tulisan dipapan reklame kita akan membuat papan reklame yang dapat diatur tulisannya melalui smartphone.
1. Alat / Bahan
- Arduino IDE Download
- Library: Blynk Download
- Library: ESP8266 Download
- Library: LiquidCrystal_I2C Download
- NodeMCU ESP8266 1 Buah
- LCD 16×2 1 Buah
- I2C 1 Buah
- Project Board 1 Buah
- Kabel Jumper Secukupnya
- Smartphone 1 Buah
Kemudian untuk mendapatkan komponen elektronik di atas silahkan temukan disini.
2. Skema Rangkaian
Berikut Rangkaian Menampilkan Tulisan pada Papan Reklame dengan Android
Keterangan:
- 5V – VCC I2C
- GND – GND I2C
- D1 – SCL I2C
- D2 – SDA I2C
- Pin LCD – Pin I2C
3. Layout Blynk
Keterangan:
- Baris 1 (Text Input)
- Output V0
- Character Limit = 16
- Design Text = White
- Baris 2 (Text Input)
- Output V1
- Character Limit = 16
- Design Text = White
4. Langkah Kerja
- Siapkan alat dan juga bahan
- kedua Lakukan proses wiring dengan menggunakan Gambar skematik rangkaian diatas
- ketiga Buka software Arduino IDE yang telah terinstal pada laptop/komputer
- Unduh semua library di atas dan juga masukkan libray tersebut dengan cara buka Arduino IDE pilih Sketch->Include Library->Add.Zip Library
- Ketikkan sketch program pada halaman Arduino IDE
- Sesuaikan Auth Tokens dengan proyek aplikasi Blynk. Cara setting dan mendapatkan Auth Tokens dapat dilihat pada tutorial berikut:
Setting Blynk untuk NodeMCU ESP8266 - Ganti ssid dan juga pass dengan nama wifi dan password wifi yang kalian gunakan
- Lakukan proses uploading program
- kemudian Buka aplikasi Blynk
- kemudian Buat layout Blynk seperti gambar di atas.
- Tekan tombol Play pada aplikasi Blynk lalu tunggu hingga proyek kalian terhubung dengan aplikasi Blynk
5. Sketch Program
Dapatkan puluhan ebook gratis dengan registrasi melalui tombol di bawah!
Baca juga :4 Perusahaan Besar Ini Menggunakan Python
/* Program Menampilkan Tulisan pada Papan Reklame dengan Android dibuat oleh Indobot */ #include <ESP8266WiFi.h> //Library ESP8266 #include <BlynkSimpleEsp8266.h> //Library Blynk char auth[] = "HoP9z23_PbWp-iEyMBYFGnnALYBvvcXS"; //Token char ssid[] = "Wifi.id"; //Nama wifi char pass[] = "alam oye"; //Password wifi #include <LiquidCrystal_I2C.h> //Library LCD I2C LiquidCrystal_I2C lcd(0x27,16,2); //Alamat I2C String text0; String text1; void setup() { Blynk.begin(auth, ssid, pass); //Inisialisasi token, wifi dan password lcd.init (); //Mulai LCD lcd.setBacklight(HIGH); } void loop() { Blynk.run(); //Jalankan pembacaan Blynk lcd.setCursor(0,0); lcd.print(text0); lcd.setCursor(0,1); lcd.print(text1); } BLYNK_WRITE(V0){ //Baca pin V0 text0 = param.asStr(); lcd.setCursor(0,0); lcd.print(" "); } BLYNK_WRITE(V1){ //Baca pin V1 text1 = param.asStr(); lcd.setCursor(0,1); lcd.print(" "); }
Kesimpulan:
Text yang kita tuliskan pada aplikasi Blynk akan tertampil pada LCD.
Kamu ingin memperbanyak jam terbang dan portofolio bikin project elektronika/ Arduino/ IoT? Ikuti program dari Indobot!