Bagi pemelihara ikan hias, memberi pakan adalah satu hal yang sangat penting. Namun, kesibukan yang dijalani peternak terkadang membuatnya lupa dengan kewajibannya untuk memberi pakan ikan. Kali ini kita akan membuat alat pemberi pakan ikan yang dapat dikendalikan lewat aplikasi Blynk.
1. Alat / Bahan
- Arduino IDE Download
- Library: Blynk Download
- Library: ESP8266 Download
- Library: HCSR-04 Download
- Library: Servo Download
- NodeMCU ESP8266 1 Buah
- Servo 1 Buah
- HCSR-04 1 Buah
- Project Board 1 Buah
- Kabel Jumper Secukupnya
- Smartphone 1 Buah
Selanjutnya untuk mendapatkan komponen elektronik di atas silahkan temukan disini.
2. Skema Rangkaian
Gambar Rangkaian Pemberi Pakan Ikan dengan Aplikasi Blynk
Keterangan:
- VU – VCC Ultrasonik, VCC Servo
- GND – GND Ultrasonik, GND Servo
- D3 – Pin Data Servo
- D5 – Trig
- D6 – Echo
3. Layout Blynk
Keterangan:
- Tingkat Pakan (Level V)
- Input V0, Low = 0, High = 100
- Tingkat Pakan (Labeled Value)
- Input V0, Low = 0, High = 100
- Label = /pin.##/ %
- Terakhir Pakan (Button)
- Input V1, Low = 0, High = 1
- Mode = Push
- Design Text = Yellow
4. Langkah Kerja
- Siapkan alat dan juga bahan
- Lakukan proses wiring dengan menggunakan Gambar skematik rangkaian
- Buka software Arduino IDE yang telah terinstal pada laptop/komputer
- Unduh semua library di atas kemudian masukkan libray tersebut dengan cara buka Arduino IDE pilih Sketch->Include Library->Add.Zip Library
- Ketikkan sketch program pada halaman Arduino IDE
- Sesuaikan Auth Tokens dengan proyek aplikasi Blynk. Cara setting dan juga mendapatkan Auth Tokens pada tutorial berikut:
Setting Blynk untuk NodeMCU ESP8266 - Ganti ssid dan juga pass dengan nama wifi kemudian password wifi yang kalian gunakan
- Lakukan proses uploading program
- Buka aplikasi Blynk
- Buat layout Blynk seperti gambar sebelumnya.
- Terakhir Tekan tombol Play pada aplikasi Blynk lalu tunggu hingga proyek kalian terhubung dengan aplikasi Blynk
5. Sketch Program
Belajar elektronika step by step dengan bantuan tangga belajar? Regitrasi dulu dan kemudian dapatkan konsultasi dari kami!
/* Program Pemberi Pakan Ikan dengan Aplikasi Blynk dibuat oleh Indobot */ #include <ESP8266WiFi.h> //Library ESP8266 #include <BlynkSimpleEsp8266.h> //Library Blynk char auth[] = "HoP9z23_PbWp-iEyMBYFGnnALYBvvcXS"; //Token char ssid[] = "Wifi.id"; //Nama wifi char pass[] = "alam oye"; //Password wifi BlynkTimer timer; #include <HCSR04.h> //Library HCSR04 HCSR04 hc(14,12); //trig pin D5 , echo pin D6) float TinggiSensor = 12; //Tinggi pemasangan sensor float TingkatPakan = 0; //Tingkat Pakan unsigned long TSekarang; unsigned long TAkhir; #include <Servo.h> //Library Servo Servo myservo; //Nama Servo void setup() { Blynk.begin(auth, ssid, pass); //Inisialisasi token, wifi dan password timer.setInterval(1000L, sendSensor); //Kirim data sensor myservo.attach(0); //Servo pada pin D3 } void loop() { Blynk.run(); //Jalankan pembacaan Blynk timer.run(); TSekarang = millis(); if(TSekarang - TAkhir > 1000){ //Baca sensor setiap 1 detik TingkatPakan = TinggiSensor - hc.dist(); //Rumus mencari tinggi pakan if(TingkatPakan < 0){ TingkatPakan = 0; } else if(TingkatPakan > 12){ TingkatPakan = 12; } TingkatPakan = map(TingkatPakan, 0, 12, 0, 100); //Ubah ke persen(%) TAkhir = TSekarang; } } BLYNK_WRITE(V1){ //Baca pin V1 int tombolservo = param.asInt(); if (tombolservo == 1){ myservo.write(90); } else{ myservo.write(0); } } void sendSensor(){ //Kirim data sensor Blynk.virtualWrite(V0,TingkatPakan); //Kirim ke pin V0 }
Kesimpulan:
Pada aplikasi Blynk akan tertampil jumlah pakan yang tersedia. juga terdapat tombol untuk membuka tutup servo yang nantinya akan dapat mengendalikan penutup pakan ikan.
Bikin project tanpa ribet beli komponen sana-sini? Starter Kit Arduino/IoT bisa jadi solusi mu!