Pemberi Pakan Ikan dengan Aplikasi Blynk

Indobot Academy

Bagi pemelihara ikan hias, memberi pakan adalah satu hal yang sangat penting. Namun, kesibukan yang dijalani peternak terkadang membuatnya lupa dengan kewajibannya untuk memberi pakan ikan. Kali ini kita akan membuat alat pemberi pakan ikan yang dapat dikendalikan lewat aplikasi Blynk.

 

1. Alat / Bahan
  • Arduino IDE                                     Download
  • Library: Blynk                                   Download
  • Library: ESP8266                              Download
  • Library: HCSR-04                             Download
  • Library: Servo                                   Download
  • NodeMCU ESP8266                       1 Buah
  • Servo                                                1 Buah
  • HCSR-04                                          1 Buah
  • Project Board                                  1 Buah
  • Kabel Jumper                                  Secukupnya
  • Smartphone                                     1 Buah

Selanjutnya untuk mendapatkan komponen elektronik di atas silahkan temukan disini.

2. Skema Rangkaian

Gambar Rangkaian Pemberi Pakan Ikan dengan Aplikasi Blynk

Keterangan:

  • VU – VCC Ultrasonik, VCC Servo
  • GND – GND Ultrasonik, GND Servo
  • D3 – Pin Data Servo
  • D5 – Trig
  • D6 – Echo

 

3. Layout Blynk

Keterangan:

  • Tingkat Pakan (Level V)
    • Input V0, Low = 0, High = 100
  • Tingkat Pakan (Labeled Value)
    • Input V0, Low = 0, High = 100
    • Label = /pin.##/ %
  • Terakhir Pakan (Button)
    • Input V1, Low = 0, High = 1
    • Mode = Push
    • Design Text = Yellow
4. Langkah Kerja
  1. Siapkan alat dan juga bahan
  2. Lakukan proses wiring dengan menggunakan Gambar skematik rangkaian
  3. Buka software Arduino IDE yang telah terinstal pada laptop/komputer
  4. Unduh semua library di atas kemudian masukkan libray tersebut dengan cara buka Arduino IDE pilih Sketch->Include Library->Add.Zip Library 
  5. Ketikkan sketch program pada halaman Arduino IDE
  6. Sesuaikan Auth Tokens dengan proyek aplikasi Blynk. Cara setting dan juga mendapatkan Auth Tokens pada tutorial berikut:
    Setting Blynk untuk NodeMCU ESP8266
  7. Ganti ssid dan juga pass dengan nama wifi kemudian password wifi yang kalian gunakan
  8. Lakukan proses uploading program
  9. Buka aplikasi Blynk
  10. Buat layout Blynk seperti gambar sebelumnya.
  11. Terakhir Tekan tombol Play pada aplikasi Blynk lalu tunggu hingga proyek kalian terhubung dengan aplikasi Blynk
5. Sketch Program

Belajar elektronika step by step dengan bantuan tangga belajar? Regitrasi dulu dan kemudian dapatkan konsultasi dari kami!

 
/* Program Pemberi Pakan Ikan dengan Aplikasi Blynk dibuat oleh Indobot */

#include <ESP8266WiFi.h>              //Library ESP8266
#include <BlynkSimpleEsp8266.h>       //Library Blynk

char auth[] = "HoP9z23_PbWp-iEyMBYFGnnALYBvvcXS"; //Token
char ssid[] = "Wifi.id";                          //Nama wifi
char pass[] = "alam oye";                         //Password wifi

BlynkTimer timer;

#include <HCSR04.h>                 //Library HCSR04
HCSR04 hc(14,12);                   //trig pin D5 , echo pin D6)

float TinggiSensor = 12;            //Tinggi pemasangan sensor
float TingkatPakan = 0;             //Tingkat Pakan

unsigned long TSekarang;
unsigned long TAkhir;

#include <Servo.h>        //Library Servo
Servo myservo;            //Nama Servo

void setup() {
  Blynk.begin(auth, ssid, pass);          //Inisialisasi token, wifi dan password
  timer.setInterval(1000L, sendSensor);   //Kirim data sensor
  myservo.attach(0);                      //Servo pada pin D3
}

void loop() {
  Blynk.run();                        //Jalankan pembacaan Blynk
  timer.run();

  TSekarang = millis();
  if(TSekarang - TAkhir > 1000){      //Baca sensor setiap 1 detik
    TingkatPakan = TinggiSensor - hc.dist();   //Rumus mencari tinggi pakan

    if(TingkatPakan < 0){
      TingkatPakan = 0;
    }
    else if(TingkatPakan > 12){
      TingkatPakan = 12;
    }

    TingkatPakan = map(TingkatPakan, 0, 12, 0, 100);  //Ubah ke persen(%)
    TAkhir = TSekarang;
  }
}

BLYNK_WRITE(V1){                      //Baca pin V1
  int tombolservo = param.asInt();
  if (tombolservo == 1){
    myservo.write(90);
  }
  else{
    myservo.write(0);
  }
}

void sendSensor(){                      //Kirim data sensor
  Blynk.virtualWrite(V0,TingkatPakan);  //Kirim ke pin V0
}

Kesimpulan:

Pada aplikasi Blynk akan tertampil jumlah pakan yang tersedia. juga terdapat tombol untuk membuka tutup servo yang nantinya akan dapat mengendalikan penutup pakan ikan.

Bikin project tanpa ribet beli komponen sana-sini? Starter Kit Arduino/IoT bisa jadi solusi mu!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp