Tutorial kali ini kita akan membuat alat yang bisa menghitung ikan dengan sensor Obstacle. Prinsipnya dengan menggunakan pantulan cahaya inframerah sensor ini dapat mendeteksi benda di depannya. Cara kerja ini dapat kita gunakan sebagai alat penghitung ikan.
[membership level=”0,1,2,4″]
1. Alat / Bahan
- Arduino IDE Download
- Library: Blynk Download
- Library: ESP8266 Download
- NodeMCU ESP8266 1 Buah
- Obstacle Sensor 1 Buah
- Project Board 1 Buah
- Kabel Jumper Secukupnya
- Smartphone 1 Buah
Kemudian untuk mendapatkan komponen elektronik di atas silahkan temukan disini.
2. Skema Rangkaian
Gambar Rangkaian Penghitung Benih Ikan Menggunakan Smartphone
Keterangan:
- VU – VCC Obstacle Sensor
- GND – GND Obstacle Sensor
- D3 – Data Obstacle Sensor
3. Layout Blynk
Keterangan:
- Jumlah Ikan (Value Display)
- Input V0, Low = 0, High = 9999
- Reset (Button)
- Output V1, Low = 0, High = 1
- Mode = Push
- Label OFF = reset, ON = reset
4. Langkah Kerja
- Siapkan alat dan juga bahan
- kedua Lakukan proses wiring dengan menggunakan Gambar skematik rangkaian diatas
- kemudian Buka software Arduino IDE yang telah terinstal pada laptop/komputer
- Unduh semua library di atas dan juga masukkan libray tersebut dengan cara buka Arduino IDE pilih Sketch->Include Library->Add.Zip Library
- Ketikkan sketch program pada halaman Arduino IDE
- Sesuaikan Auth Tokens dengan proyek aplikasi Blynk. Cara setting dan juga mendapatkan Auth Tokens dapat dilihat pada tutorial berikut:
Setting Blynk untuk NodeMCU ESP8266 - Ganti ssid dan juga pass dengan nama wifi dan password wifi yang kalian gunakan
- Lakukan proses uploading program
- Buka aplikasi Blynk
- kemudian Buat layout Blynk seperti gambar di atas.
- Tekan tombol Play pada aplikasi Blynk lalu tunggu hingga proyek kalian terhubung dengan aplikasi Blynk
5. Sketch Program
Belajar elektronika step by step dengan bantuan tangga belajar? Regitrasi dulu dan juga dapatkan konsultasi dari kami!
/* Program Penghitung Benih Ikan Menggunakan Smartphone dibuat oleh Indobot */ #include <ESP8266WiFi.h> //Library ESP8266 #include <BlynkSimpleEsp8266.h> //Library Blynk char auth[] = "HoP9z23_PbWp-iEyMBYFGnnALYBvvcXS"; //Token char ssid[] = "Wifi.id"; //Nama wifi char pass[] = "alam oye"; //Password wifi BlynkTimer timer; #define sensor 0 //Sensor pada pin D3 int count = 0; //Variabel tempat penghitung bool ikan = false; void setup() { Blynk.begin(auth, ssid, pass); //Inisialisasi token, wifi dan password timer.setInterval(1000L, sendSensor); //Kirim data sensor Serial.begin(9600); pinMode(sensor, INPUT); //Setting I/O } void loop() { Blynk.run(); //Jalankan pembacaan Blynk timer.run(); if(digitalRead(sensor) == LOW && ikan == true){ //Jika mendeteksi ikan, maka count++; //Count tambah 1 ikan = false; } else if(digitalRead(sensor) == HIGH && ikan == false){ ikan = true; } Serial.println(count); } BLYNK_WRITE(V1){ //Baca pin V1 int tombolreset = param.asInt(); if (tombolreset == 1){ count = 0; } } void sendSensor(){ //Kirim data sensor Blynk.virtualWrite(V0, count); }
Kesimpulan:
Ketika ada benda yang lewat dan menghalangi sensor, counter akan naik dan dikirim ke aplikasi Blynk. Counter ini dapat direset dengan menekan button pada aplikasi Blynk.
Bikin project tanpa ribet beli komponen sana-sini? Starter Kit Arduino/IoT bisa jadi solusi mu!