3 Jenis Pendanaan Start Up, Founder Wajib Banget Tau!

Oby Zamisyak

3 Jenis Pendanaan Start Up, Founder Wajib Banget Tau!
3 Macam Pendanaan Start Up, Founder Wajib Banget Tau!

Hallo Fanbot, Di artikel kali ini kita akan membahas tentang dari mana sih pendanaan Start Up. Semua perusahaan bertujuan untuk memberikan kekayaan maksimal kepada pemegang sahamnya. Pencapaian pada tujuan itu di lakukan dengan meningkatkan nilai pasar perusahaan. Ada tiga bentuk keputusan keuangan untuk mencapai tujuan itu, yaitu keputusan investasi, pembiayaan dan dividen.

“Pembiayaan merupakan keputusan keuangan yang kompleks jika kita bandingkan dengan keputusan investasi dan dividen karena keterkaitannya dengan banyak variabel keputusan lainnya” menurut Ramadhan.

Keputusan pembiayaan menyangkut bagaimana memperoleh dana dan mengalokasikannya pada tiap proyek perusahaan. Dana dapat mereka peroleh dari berbagai sumber baik dari internal maupun eksternal. Berbagai sumber dana internal meliputi modal sendiri, arus kas dan laba tertahan. Sumber dana yang berasal dari eksternal perusahaan mereka peroleh dari utang dan ekuitas.

Menurut Murtini, apabila perusahaan memiliki peluang investasi yang besar, maka perusahaan memerlukan tambahan dana untuk mendanai peluang investasi yang akan dipilih. Semakin besar peluang investasi yang akan direalisasikan (dipilih) maka kebutuhan dana juga akan semakin besar. Begitu pula sebaliknya, semakin sedikit peluang investasi yang akan dipilih maka kebutuhan dana juga akan semakin sedikit.

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Jadi Pendanaan Itu Apa?

Pendanaan adalah cara memperoleh dana yang diperlukan baik sebagai modal utama maupun dana tambahan untuk pengerjaan proyek, program, atau portofolio yang dialokasikan demi berjalannya sebuah perusahaan, organisasi, ataupun proyek. Perusahaan akan mendapatkan modal dalam bentuk utang atau ekuitas. Jika melalui utang, berarti perusahaan menjadi pihak peminjam dana. Sedangkan jika pendanaan berbentuk ekuitas, berarti perusahaan menerima investasi dari para pemilik dengan menerbitkan saham atau menahan saldo laba.

Metode Pendanaan Melalui Hutang

Metode pendanaan yang menggunakan hutang, antara lain:

  1. Pinjaman dari Lembaga Keuangan
  2. Menerbitkan Obligasi
  3. Menerbitkan Surat Berharga

 

Baca juga : Investasi Masa Muda Dengan Gaji UMR, Simak Tips Menarik Berikut Ini

Pendanaan Melalui Ekuitas

Berikut adalah jenis pendanaan lewat ekuitas:

  1. Saldo Laba Tertahan
  2. Menerbitkan Saham

Lalu Darimana Perusahaan Start Up Mendapatkan Dana?

3 Jenis Pendanaan Start Up, Founder Wajib Banget Tau!

Angel Investor

Angel investor adalah investor yang berbaik hati yang mau memberikan pendanaan kepada sebuah startup tanpa berasal dari suatu instansi tertentu seperti vc ataupun yang lainnya

Venture Capital

Venture capital adalah sumber pendanaan startup yang di berikan kepada startup yang memiliki potensi untuk berkembang pesat. Sumber dana itu mereka dapatkan dari Perusahaan modal ventura dan pihak yang memberikan dana di sebut venture capitalist. Modal ventura ini mendapatkan dana dari para limited partner (LP) yang terdiri dari orang-orang kaya, perusahaan besar, dan lainnya.

Bootstrap

Boostrapping adalah salah satu metode pengembangan startup tanpa menarik investasi dan mengkamulkan modal seadanya dari kantong pribadi.

Oleh karena itu, saya dapat mengatakan “Startup yang punya ide inovatif dan solutif terhadap problematika yang ada pada demografi masyarakat adalah startup yang potensial mendapatkan pemodalan”.

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp