3 Penerapan AI dalam Industri Hospitality yang Memberikan Kemudahan

Indobot Academy

3 Penerapan AI dalam Industri Hospitality 
3 Penerapan AI dalam Industri Hospitality 

[lwptoc title=”Daftar Isi”]

Kecerdasan buatan merupakan hal yang dikembangkan secara terus menerus. Pastinya, perkembangan dari AI ini membawa kemajuan dalam kehidupan. Ada berbagai macam bidang yang menggunakan AI sebagai pilihan. Jika Anda perhatikan dengan baik, ada juga penerapan AI dalam industri hospitality

Tentunya, AI telah menjadi pilihan banyak orang dalam berbagai macam pekerjaan. Dapat di katakan bahwa hampir 50 persen pekerjaan manusia dapat digantikan oleh AI. Kecerdasan buatan ini memang di program sedemikian rupa sehingga dapat menyerupai manusia. Dengan begitu, dapat membantu pekerjaan yang jauh lebih cepat. Simak penggunaannya dalam hospitality

3 Penerapan AI dalam Industri Hospitality 

Ada banyak bidang yang menggunakan AI dalam pekerjaan. Misalnya, perhotelan sebagai salah satu bidang yang memanfaatkan kemampuan AI dengan sangat baik. Dapat dikatakan bahwa AI mempunyai peran besar dalam bidang ini. Pemilik hotel dapat menghemat banyak biaya dengan menggunakan kecerdasan buatan. Yuk, cek berbagai macam penerapan dalam hospitality

  • Penerapan AI dalam Industri hospitality: Layanan Pelanggan Tatap Muka 

Pernahkah Anda mendengar informasi yang berkaitan dengan Connie? Nah, robot tersebut adalah salah satu bagian dari AI yang banyak dimanfaatkan. Sudah ada beberapa hotel yang menggunakan robot hasil adopsi Hilton ini.  Connie dapat memberikan informasi yang berkaitan dengan wisata kepada para pelanggan.  Selain itu, responnya juga cepat seperti dengan manusia. 

Hal yang berkaitan lainnya dengan Connie dan membuatnya tampak menarik adalah mampu mempelajari ucapan manusia. Robot pintar yang satu ini juga mampu beradaptasi dengan setiap individu yang melakukan interaksi. Dengan begitu, semakin banyak orang yang menyukai Connie. Apalagi informasi yang diberikan juga jelas dan akurat. 

 

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

  • Chatbots dan Messaging 

Penerapan AI dalam industri hospitality memang paling terlihat dari pelayanan terhadap pelanggan. Tidak hanya Connie saja yang menarik perhatian banyak orang. Ada juga layanan lain berupa chatbots atau juga messaging.  

Anda pastinya tahu kalau ada banyak layanan di mana Anda dapat mengirim pesan dan langsung mendapatkan balasan. Inilah bot yang di manfaatkan dalam hotel. 

Chatbots ini dapat memberikan respon langsung dalam waktu 24 jam setiap harinya. Hal ini merupakan jenis interaksi yang tidak mungkin untuk di pertahankan manusia. Karena itu, AI menjadi pilihan banyak pebisnis hotel. Pelanggan dapat mengajukan pertanyaan kapan saja dan memperoleh tanggapan yang cepat. Jadi, memberikan pelayanan yang membuat pelanggan nyaman. 

  • Analisis Data 

Kecerdasan buatan ini juga banyak digunakan dalam proses mengelola data. Banyak data yang biasanya akan dikumpulkan dengan menggunakan bentuk online. Teknologi ini akan menyortir berbagai macam data yang jumlahnya besar. Prosesnya juga cepat dan dapat memberikan kesimpulan yang akurat dari hasil terbanyak. 

Dengan menggunakan cara seperti ini, hotel dapat melakukan analisa yang jelas berkaitan dengan keinginan para pelanggan. Lalu, para pebisnis hotel juga hanya perlu mengumpulkan data sederhana untuk dilakukan proses sortir.  Biasanya, dilakukan dengan memanfaatkan survei atau juga ulasan online. Jika semua data sudah lengkap, AI akan mengambil kesimpulan secara full. 

Demikian berbagai macam penerapan AI dalam industri hospitality. Anda hanya perlu mengenali dengan baik kecerdasan buatan yang dimiliki oleh sebuah hotel. Belum semuanya mempunyai robot seperti ini karena harganya cukup tinggi. Beberapa negara juga belum mempunyai robot yang sesuai untuk pekerjaan dalam perhotelan.

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp