5 Langkah Awal Belajar Bahasa Pemrograman

Oby Zamisyak

5 Langkah Awal Belajar Bahasa Pemrograman
5 Langkah Awal Belajar Bahasa Pemrograman

Hallo, Fanbot!!! Gimana awal tahun 2022? Sudah mulai ngatur rencana belajar di bidang apa nih? Kalau Minbot sih bakal terus setia belajar seputar Internet of Things yaaa. Apalagi belajar terkait pemrograman alias ngoding. Wahh seru banget kan pasti!!!

[lwptoc numeration=”none” numerationSuffix=”none” title=”Daftar Isi”]

Fanbot tau nggak sih? Menjadi orang awam dalam bidang web bukanlah hal yang memalukan jika ada keinginan belajar dan berkembang. Ada banyak langkah awal untuk memulai belajar pemrograman web mulai dari belajar otodidak, kuliah, kursus, atau belajar online di website yang berbayar ataupun gratis.

Tuntutan industri yang serba online membuat kita untuk berlomba lomba belajar bahasa pemrograman terutama web sehingga banyak yang terjun langsung ke dalam jurang coding dengan memimpikan indahnya mempunyai startup besar seperti Tokopedia dan GoJek yang levelnya unicorn. Bahkan dengan mudahnya dapat memimpikan seorang investor yang siap bergabung dengan startup yang kita buat.

Tapi Minbot tebak pasti Fanbot bingung mulai belajar pemrograman tuh dari mana sih? Eitss, jangan bingung. Yuk simak langkah-langkahnya berikut ini yaa:

Pahami Konsep Dasar Coding

5 Langkah Awal Belajar Bahasa Pemrograman
5 Langkah Awal Belajar Bahasa Pemrograman

Untuk mulai terjun ke dunia pemrograman, mulailah belajar dari yang dasar terlebih dahulu. Karena apabila langsung loncat ke dalam bab yang dalam ditakutkan akan berhenti di tengah jalan. Hal tersebut bisa saja terjadi ketika menemui permasalahan yang sulit tapi karena belum mengereti dasarnya sehingga takut untuk meneruskan belajar.

Memulai sesuatu tuh harus dari hal yang kecil, begitu pun belajar pemograman. Fanbot harus mulai membaca buku sejarah tentang coding atau programming yang dikhususkan untuk pemula. Sehingga Fanbot bakal ada bayangan yang kita tangkap dalam otak, apa itu ngoding.

Pilih Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman yang kamu pilih tergantung pada tujuan coding itu sendiri. Jadi, tentukanlah terlebih dulu tujuan coding agar kamu dapat memilih bahasa pemrograman sekaligus sumber pembelajaran yang akan digunakan.

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Pelajari Bahasa Pemograman Satu Demi Satu

Saat belajar coding sebagai pemula, Fanbot sebaiknya fokus untuk belajar satu jenis bahasa pemrograman sebelum mempelajari yang lain. Hal ini bertujuan agar Fanbot tidak kebingungan atau mencampurkan berbagai macam syntax.

Buatlah Program Sederhana

Bingung mau buat apa? Pasti pertanyaan ini akan muncul di benak Fanbot. Eitss, Minbot kasih tau ya. Fanbot harus memulai dari membuat profil di dalam barisan kode yang bisa ditampilkan. Buatlah semenarik mungkin hingga menjadi profil yang enak dipandang.

 

Baca juga : Bingung belajar program/coding? Ini 10 Tipsnya

 

Menjalin Networking

5 Langkah Awal Belajar Bahasa Pemrograman
5 Langkah Awal Belajar Bahasa Pemrograman

Fanbot point kelima ini penting banget loh. Bangun jejaring lewat komunitas, forum media sosial yang sudah terkenal, dan wajib untuk sering bertanya di situs-situs pemrograman itu akan sangat membantumu mencari jalan keluar apabila mengalami kegagalan. Sehingga, Fanbot dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi dan mengembangkan pengetahuan tentang informasi terbaru.

&nbsp

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp