5 Project Smart Home Dasar Paling Mudah Dibuat

Indobot Academy

Project Smart Home Paling Mudah
5 Project Smart Home Dasar Paling Mudah

Pada Kali ini, Minbot akan membahas macam-macam project yang akan kita kerjakan dalam Smart Home. Project -project di bawah ini adalah project yang cukup sederhana dan tidak menghabiskan dana yang banyak tetapi saya rasa project di bawah ini terkesan cukup keren dan juga memiliki fungsi yang wajib di miliki ketika kita akan mengerjakan Smart Home sederhana.

[lwptoc numeration=”none”]

5 Project Smart Home Dasar paling mudah

1. Menghidupkan Lampu Rumah dari Smartphone

Pada tutorial ini, Saya akan menunjukkan satu kasus implementasi IoT yang dapat Kamu coba dengan tingkat kesulitan yang rendah dan budget yang ekonomis. Skenarionya adalah membuat perangkat yang dapat menyalakan dan mematikan lampu melalui komputer atau handphone yang terhubung ke internet.

video : Belajar Node MCU paling mudah

Baca Juga : 5 Penerapan IoT bidang Kesehatan dan Kedokteran yang Perlu Anda Ketahui

2. Monitoring Suhu melalui Smartphone

Monitoring suhu dan kelembapan pada ruangan melalui smartphone akan menjadi bahasan yang menarik pada project kita selanjutnya, tingkat kesulitannya relatif endah juga dan secara biaya cukup ekonomis. Sensor suhu tipe DHT11 merupakan komponen yang paling mudah di temukan dan juga paling murah, dengan   sensor ini kalian bisa memulai membuat sebuah rangkaian sederhana untuk membuat project IoT kalian. dan Smartconfig merupakan cara termudah bagi kalian untuk   menghubungkan ESP32 ke WiFi Hotspot.

3. Mendeteksi Maling dengan Sensor PIR Arduino

Mendeteksi adanya orang tidak di kenal masuk kerumah ketika kita di luar rumah maupun ada di rumah dengan menggunakan sensor PIR. Sensor PIR adalah sebuah sensor yang dapat mendeteksi adanya gerakan dengan menerima pancaran sinar infra merah dari benda yang ada di depannya, jadi perlu di perhatikan ya temen- temen, sensor ini tidak mengeluarkan sinar infra merah melainkan hanya menerima pancaran sinar infra merah saja.

video : sistem keamanan rumah dengan menggunakan sensor pir dan node mcu 8266

4. Membuka Pintu Melalui Smartphone

Produk ini di peruntukkan khusus untuk kunci rumah keluarga yang memungkinkan user. Yang memiliki hak akses (family), dapat mengunci atau membuka pintu menggunakan akun masing-masing melalui smartphone yang terkoneksi dengan jaringan internet.  Hal ini akan mengurangi penggunaan kunci manual. Karena menggunakan koneksi internet, produk ini tidak terpengaruh jarak sehingga dapat di kontrol dari mana saja dan kapan saja.

video : Relay Module + Solenoid Door lock How to control them with an Arduino

 

Baca Juga : Jasa Arduino Internet of Things Bergaransi Kepuasan dan Konsultasi Arduino IoT

5. Membuka Pintu menggunakan Finger Print Arduino

Kalau sebelum nya alat tersebut dapat membuka pintu jika kita menekan trigger pada smartphone, berbeda dengan yang akan kita buat sekarang. Pintu akan terbuka saat sidik jari yang kalian tempel di sensor nya sudah benar atau sudah terdaftar pada alat tersebut.

video : Menggunakan Sensor Sidik Jari Untuk Buka Kunci Pintu – Arduino Uno

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp