5 Tools yang wajib anak elektro punya

Indobot Academy

Tool kit elektronika atau peralatan pendukung dalam praktik elektronika terdiri dari beberapa macam. Untuk mendukung praktik elektronika di rumah dapat menggunakan toolkit standart yang dapat dibeli di toko elektronika. Harga toolkit untuk elektronika yang murah sudah cukup untuk keperluan praktik elektronik bagi pemula

 

1.Solder Listrik

 

5 Tools anak elektro
5 Tools anak elektro

Solder adalah alat bantu yang sangat penting untuk anak elektronika berguna dalam merakit atau membongkar komponen-komponen elektronika pada rangkaian pcb. Cara kerja solder adalah mengubah energi listrik menjadi energi panas. Solder memiliki berbagai macam jenis ada yang jenis manual ada yang jenis otomatis seperti solder yang bisa mengatur suhu tinggi rendahnya panas.

 

2.Attractor

5 Tools anak elektro
5 Tools anak elektro

Atraktor adalah alat yang tidak kalah pentingnya dengan solder karena attractor atau penyedot timah berfungsi sebagai alat bantu untuk melepas komponen- komponen yang salah pada pcb yang telah terpati kuat. Cara menggunakan attractor cukup mudah dengan cara dekatkan attractor ke timah atau patrian yang telah dipanasi dengan solder terlebih dahulu, lalu tekan switch pada attractor agar timah yang telah leleh dapat di cabut dengan attractor.

 

3. Tenol

5 Tools anak elektro
5 Tools anak elektro

Timah merupakan unsur kimia sebagai alat bantu solder listrik saat akan menyambungkan komponen-komponen elektronika, cara menggunakan timah yaitu tempelkan timah dengan kaki komponen yang akan di gunakan setelah itu tempelkan solder dengan timah sampai terjadi kontak, tunggu sampai meleleh, usahakan jangan terlalu banyak dalam melelehkannya, karna akan membuat hasil solderan menjadi tidak bagus.

 

4.Tang potong

5 Tools anak elektro
5 Tools anak elektro

Merupakan alat tangan yang berfungsi saat praktik anak elektro. Tang potong berguna untuk memotong kabel, atau menguliti kabel agar kuningan dalam kabel bisa menyambung ke komponen atau kabel lain. Tang terbuat dari bahan baja dan pada pemegang tang berlapis dengan bahan karet keras. Pada bagian rahang dari tang ini memiliki bentuk rahang yang tajam dan runcing. Bila tang ini berfungsi untuk memotong logam yang ukuran besar atau keras maka dapat merusak rahang pada tang.

Belajar elektronika step by step dengan bantuan tangga belajar? Regitrasi dulu dan dapatkan konsultasi dari kami!

5.Avometer

5 Tools anak elektro
5 Tools anak elektro

Avometer adalah alat yang sangat vital bagi mahasiswa elektro, berfungsi sebagai pengukur tengangan (volt), arus (ampere), hambatan (ohm) dalam satu alat.

Cara membaca avometer:

  • Ketika selector menunjuk pada acv (Alternating Current Voltage) maka multimeter akan membaca tegangan dengan gelombang AC, misalnya untuk mengukur tegangan dari PLN, generator listrik, Osilator, dll.
  • saat selector menunjuk pada dcv (Direct Current Voltage) maka multimeter akan membaca tegangan dengan gelombang DC, sebagai contoh berfungsi untuk mengukur tegangan pada aki motor atau mobil, batterai kering, dll.
  • Jika selector berpindah menunju pada simbol omega (ohm) maka multimeter akan membaca hambatan atau resistansi pada suatu rangkaian, komponen atau menguji koneksi kabel.
  • Dan terakhir jika selector menunjuk pada tulisan DCA (Direct Current Ampere) dengan garis dan garis putus-putus maka multimeter akan membaca arus pada rangkaian searah. Pada umumnya kapasitas pengukuran arus adalah 250mA

Bikin project tanpa ribet beli komponen sana-sini? Starter Kit Arduino/IoT bisa jadi solusi mu!

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp