Sensor Infrared adalah komponen elektronika yang dapat mendeteksi benda ketika cahaya infra merah terhalangi oleh benda. Kemudian Sensor infared terdiri dari led infrared sebagai pemancar dan foto transistor, fotodioda atau inframerah sebagai penerimannya. Selanjutnya Sensor infrared dapat di aplikasikan sebagai sensor utama dari suatu alat, salah satunya sebagai penghitung skor dalam permainan bola basket yang ada di game canter mall (timezone).
1. Alat / Bahan
- Arduino IDE Download di sini
- Library: LiquidCrystal_I2C Download di sini
- Arduino UNO 1 Buah
- Sensor IR obstacle 1 Buah
- Button 1 Buah
- Project Board 1 Buah
- Kabel Jumper Secukupnya
- Resistor 470 Ohm 1 buah
Untuk mendapatkan komponen elektronik di atas silahkan temukan di sini.
2. Skema Rangkaian
Gambar Rangkaian Penghitung Skor Permainan Bola Basket Game Center di Mall
Keterangan:
- 5V – VCC IR obstacle, VCC I2C
- GND – GND IR obstacle, GND I2C, GND Button
- D3 – Pin Data IR obstacle
- D8 – Pin Data Button
- SDA – SDA I2C
- SCL – SCL I2C
- Pin I2C – Pin LCD
3. Langkah Kerja
- Pertama Siapkan alat dan bahan yang akan di gunakan
- Kedua Lakukan proses wiring dengan menggunakan Gambar skematik rangkaian di atas
- Ketiga Buka software Arduino IDE yang telah terinstal pada laptop/komputer
- Kemudian Unduh semua library di atas dan masukkan libray tersebut dengan cara buka Arduino IDE pilih Sketch->Include Library->Add.Zip Library
- Setelah itu Ketikkan sketch program pada halaman Arduino IDE
- Selanjutnya Masukan alamat I2C LCD pada sketch program, untuk mengetahui alamat I2C pelajari materi berikut:
Mencari Tahu Alamat I2C Pada Modul I2C - Segera Lakukan proses uploading program
4. Sketch Program
Segera dapatkan puluhan ebook gratis dengan registrasi melalui tombol di bawah!
/* Program Penghitung Skor Permainan Bola Basket Game Center di Mall */ #include LiquidCrystal_I2C. //Library LCD I2C LiquidCrystal_I2C lcd(0x27,16,2); //Alamat I2C #define sensor 2 //Sensor pada pin D2 #define button 8 int nilai_sensor; bool bola = false; int skor = 0; //Variabel penghitung bola void setup() { lcd.init (); //Nyalakan LCD lcd.setBacklight(HIGH); //Nyalakan backlight pinMode(sensor, INPUT); //Setting sensor sebagai input pinMode(button, INPUT_PULLUP); //Setting button sebagai input pullup } void loop() { nilai_sensor = digitalRead(sensor); //Baca sensor if(nilai_sensor == LOW bola){ //Jika mendeteksi bola, maka skor++; //Skor tambah 1 bola = false; } else if(nilai_sensor == HIGH !bola){ bola = true; } if(digitalRead(button) == LOW){ //Jika tombol reset di tekan, maka skor = 0; //Skor kembali 0 lcd.clear(); delay(200); } lcd.setCursor(0,0); lcd.print("Skor"); lcd.setCursor(0,1); lcd.print(skor); //Tampilan skor }
Kesimpulan:
Alat ini berhasil bekarja ketika, sensor yang di tempatkan di keranjang atau ring basket mulai mendeteksi bola yang masuk, apabila bola melewati ring maka sensor akan mendeteksi lalu menampilkan hasil deteksi pada layar lcd. Bila kita ingin memulai ulang perhitungan pada ring basket, cukup tekan tombol reset yang sudah di atur.
Bikin project tanpa ribet beli komponen sana-sini? Starter Kit Arduino/IoT bisa jadi solusi mu!