Bentuk Menakjubkan dari Kipas Hologram 3D!

Indobot Update

Bentuk Menakjubkan dari Kipas Hologram 3D!
Bentuk Menakjubkan dari Kipas Hologram 3D!

Hai Fanbot! Pernah gak sih kamu lihat lampu 3D yang kelihatan nyata banget? Nah, Minbot kasih tahu nih!

Sebuah barang unik dengan teknologi hologram 3D menarik perhatian publik. Pasalnya, salah satu video menampilkan kipas berbentuk hologram 3D. Kipas tersebut menampilkan efek seperti animasi 3D karena memanfaatkan perspektif penglihatan. Penemuan tersebut di buat oleh Zhou Quan, mahasiswa lulusan Southeast University di Nanjing, China.

[lwptoc]

Menurut laporan China Plus, yang mengutip Yangtze Evening Post, menyebut layar 3D Hologram itu terbuat dari delapan batang LED. Saat delapan batang LED itu berputar, munculah gambar 3D yang dapat di lihat dengan mata tanpa bantuan alat apapun. Zhou beserta tim-nya, mengembangkan teknologi tersebut membutuhkan waktu selama tiga tahun. Hasilnya beberapa investor tertarik untuk berinvestasi dan membeli temuan menarik ini.

Di Indonesia, barang ini sudah banyak di perjualbelikan dalam marketplace Tanah Air. Mulai dari harga ratusan hingga puluhan juta. Tentu jika barang ini mahal, karena ada kualitas lebih baik yang di hasilkan oleh kipas 3D hologram.Jenis dari kipas juga beragam, ada yang hanya mempunyai empat LED dan delapan LED. Hasil yang di tawarkan juga tidak main-main, hasil dari LED tersebut membuat semacam animasi atau objek 3D yang keren.

Baca Juga : Autodesk Merilis Maya 2024

Ternyata, teknologi ini sudah di kenal sebelumnya dengan nama “Persistence-of-Vision (POV) Display”.

Pengertian

Persistence-of-Vision (POV) Display, atau juga dikenal sebagai display “persistence of vision,” adalah teknologi yang memanfaatkan prinsip persepsi visual manusia untuk menciptakan ilusi gambar bergerak atau teks pada suatu permukaan. Prinsip dasar di balik POV Display adalah bahwa mata manusia memiliki keterbatasan dalam memproses informasi visual dengan cepat, dan memanfaatkan fenomena ini untuk menciptakan tampilan yang tampak bergerak.

POV Display biasanya menggunakan rangkaian LED atau lampu kecil yang teratur dan diprogram untuk menyala dan mati pada waktu yang tepat saat permukaan yang berputar. Ketika permukaan berputar dengan kecepatan yang cukup tinggi, mata manusia tidak dapat memproses masing-masing lampu secara terpisah, dan seolah-olah melihat gambar yang utuh dan bergerak.

Proses utama dalam POV Display melibatkan sinkronisasi antara lampu LED dan kecepatan putaran permukaan. Informasi gambar atau teks yang ingin ditampilkan dikodekan dalam urutan menyala-mati LED yang terprogram dengan cepat dan presisi. Ketika permukaan berputar, LED menyala dan mematikan pada waktu yang tepat, sehingga menciptakan pola cahaya yang tampak sebagai gambar atau teks yang bergerak secara keseluruhan.

POV Display dapat diterapkan dalam berbagai bentuk dan ukuran, mulai dari perangkat kecil seperti fidget spinner hingga display besar pada properti komersial. Biasanya, sumber cahaya LED yang digunakan adalah RGB (merah, hijau, biru) untuk menciptakan tampilan yang berwarna.

Baca Juga : Kenalin Blockade Labs Skybox

Selain kegunaan hiburan dan dekoratif, POV Display juga dapat digunakan dalam aplikasi seperti penunjuk arah di jalan, signage, atau tampilan informasi pada kendaraan. Kelebihan utama dari POV Display adalah kemampuannya untuk menciptakan tampilan yang menarik dan bergerak tanpa perlu menggunakan layar yang kompleks atau bergerak secara fisik.

Namun, perlu diingat bahwa POV Display memiliki batasan tertentu. Karena keterbatasan persepsi visual manusia, jumlah informasi yang dapat ditampilkan terbatas, dan gambar yang rumit atau detail mungkin sulit diproses dengan baik. Kecepatan putaran permukaan dan sinkronisasi yang akurat juga menjadi faktor penting dalam mencapai hasil tampilan yang memuaskan.

Dengan perkembangan teknologi LED dan kontrol yang lebih canggih, POV Display terus mengalami peningkatan dan inovasi. Teknologi ini terus digunakan dalam berbagai konteks, menawarkan pengalaman visual yang menarik dan unik bagi pengguna.

Fungsi

Fungsi utama dari Persistence-of-Vision (POV) Display adalah menciptakan ilusi gambar bergerak atau teks pada suatu permukaan dengan memanfaatkan prinsip persepsi visual manusia. Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari POV Display:

1. Hiburan

POV Display digunakan secara luas dalam konteks hiburan. Dengan menggunakan LED atau lampu kecil yang diprogram dengan urutan menyala-mati yang tepat, POV Display dapat menciptakan efek visual yang menarik dan menghibur. Ini dapat digunakan dalam mainan, perangkat pemutaran musik, atau peralatan elektronik lainnya untuk memberikan tampilan yang menarik bagi pengguna.

Baca Juga : Robot Dalam Film Big Hero 6 Jadi Kenyataan ?!

2. Penunjuk arah

POV Display dapat di gunakan sebagai penunjuk arah di jalan atau tempat lain. Dengan memasang POV Display pada kendaraan atau papan tanda, gambar atau teks yang bergerak dapat di gunakan untuk memberikan petunjuk arah kepada pengemudi atau pejalan kaki.

3. Signage

Dalam konteks komersial, POV Display dapat di gunakan sebagai signage yang menarik perhatian. Misalnya, pada acara atau pameran, POV Display dapat di gunakan untuk menampilkan pesan, logo, atau informasi promosi yang bergerak dan mencolok.

4. Pemberitahuan dan Informasi

Dalam beberapa aplikasi, POV Display dapat di gunakan untuk menampilkan informasi penting atau pemberitahuan. Misalnya, pada kendaraan darurat seperti ambulans atau pemadam kebakaran, POV Display dapat menampilkan pesan yang mudah terbaca dan dapat di lihat oleh orang di sekitar.

5. Efek Visual Khusus

POV Display juga dapat di gunakan untuk menciptakan efek visual khusus dalam berbagai pertunjukan atau acara. Misalnya, dalam pertunjukan panggung, POV Display dapat di pasang di belakang panggung untuk menciptakan tampilan yang menarik dan mendukung pertunjukan.

Kelebihan utama dari POV Display adalah kemampuannya untuk menciptakan tampilan yang menarik dan bergerak tanpa perlu menggunakan layar yang kompleks atau bergerak secara fisik. Ini membuatnya cocok untuk berbagai aplikasi yang membutuhkan efek visual yang menarik, mudah di lihat, dan fleksibel.

Namun, perlu di ingat bahwa penggunaan POV Display juga memiliki batasan. Keterbatasan persepsi visual manusia membuat jumlah informasi yang dapat di tampilkan terbatas. Dan gambar yang rumit atau detail mungkin sulit di proses dengan baik. Selain itu, kecepatan putaran permukaan dan sinkronisasi yang akurat juga menjadi faktor penting dalam mencapai hasil tampilan yang memuaskan.

Nah, kira-kira Fanbot bakal beli gak ya untuk hiasan di rumah?

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp