Raspberry Pi: Mengapa Kamu Perlu Mempelajari

Indobot Academy

Raspberry Pi
Raspberry Pi

Raspberry Pi, komputer mini yang awalnya hanya untuk tujuan edukasi ini ternyata semakin populer. Banyak pengembang yang kemudian memanfaatkannya untuk melakukan hal-hal keren. Nah, biar kamu nggak ketinggalan, kamu juga perlu belajar Raspberry Pi. Banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dari belajar Raspberry Pi. Apa saja sih yang bisa kamu lakukan dengan board yang satu ini? Simak uraian berikut.

1. PC mini

Raspberry Pi sering menyandang julukan sebagai komputer mini karena ia memang dapat melakukan hal-hal yang komputer lakukan. Pada saat pertama kali diluncurkan, kemampuan Raspi memang masih sangat jauh di bawah komputer desktop. Generasi pertama Raspi hanya berjalan dengan prosesor 700 MHz dan RAM 256 MB. Namun, Raspi terus berkembang. Generasi demi generasi bermunculan. Kini, Raspberry Pi 3 Model B+ telah mempunyai prosesor 1.4 GHz dan RAM 1 GB. Tidak hanya itu, Raspi 3 juga sudah dilengkapi dengan WiFi dan bluetooth. Raspi tampaknya benar-benar menjadi PC mungil yang praktis. Tidak menutup kemungkinan kalau nanti Raspberry Pi akan menggantikan PC.

2. Media player

Kamu masih punya TV tabung? Sekarang TV tabung sudah banyak tergantikan oleh model LCD. Bagaimana dengan PC? Orang juga sudah banyak beralih ke laptop daripada PC. Nah, kalau kamu punya TV lawas atau monitor komputer yang sudah tak terpakai, kamu bisa mengubahnya menjadi smart TV menggunakan Raspberry Pi. Keren sekali, bukan? Bayangkan kamu bisa menonton YouTube atau membuka facebook lewat TV tabung. Pasti asik sekali rasanya. Ini dimungkinkan karena Raspi memiliki port RCA atau A/V yang ada pada TV tabung.

Baca Juga : Sertifikasi IoT BNSP? Di Indobot Academy Aja

Dapatkan akses ratusan video tutorial dan pembelajaran dengan registrasi melalui tombol di bawah!

3. Server mini

Kalau kamu pengin punya server sendiri yang murah dan hemat daya, kamu bisa pakai Raspberry Pi. Kamu bisa menghidupkan Raspi 24 jam sehari 7 hari seminggu tanpa perlu mematikannya sebab Raspi hanya menggunakan daya kecil, di bawah sembilan watt. Sebagai file server, kamu bisa menggunakan hard disk eksternal yang terhubung via port USB. Data-data bisa disimpan di hard disk ini dan berbagi dengan pengguna lain. Adapun pengelolaan file yang hendak diunduh ke Raspi bisa dilakukan via web dengan cara mengakses alamat web transmission menggunakan browser. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan Raspi sebagai server DNS. Meskipun hanya sebatas sebagai caching, kita bisa melakukan hal keren seperti memblokir domain-domain tertentu.

4. Access point

Raspberry Pi bisa kita gunakan sebagai access point. Jadi, kamu bisa membuat si Raspi ini menjadi hotspot Wi-Fi. Tambahan hardware yang diperlukan yaitu adapter Wi-Fi yang kompatibel dengan OS. Adapun softwarenya, kita butuh dhcp server dan hostapd. DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) merupakan layanan yang memberikan nomor IP kepada komputer yang memintanya secara otomatis. Sedangkan hostapd pada intinya untuk mengelola adapter Wi-Fi yang akan dijadikan sebagai access point.

Nah, itu dia empat hal yang bisa kamu lakukan dengan Raspberry Pi. Selain empat poin ini tentu masih banyak lagi seperti membuat robot, membuat konsol game, dll. Jadi, apakah kamu sudah tertarik untuk belajar Raspberry Pi?

[zombify_post]

Kamu pemula dan ingin belajar/bikin project elektronika dari nol? Ikuti program dari Indobot!

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp