Absensi Berbasis IoT pada Kantor Desa Tamangapa

Indobot Academy

Sumber : https://unsplash.com/photos/SRFG7iwktDk?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink

Absensi Berbasis IoT – Internet of Things merupakan salah satu teknologi yang dapat di gunakan pada berbagai sektor. Mulai dari sektor pertanian, ekonomi, keamanan, transportasi, kesehatan, bahkan administrasi dapat menggunakan Internet of Things sebagai teknologi penunjangnya.

Untuk mendukung sektor administrasi, Internet of Things dapat dig unakan pada sistem absensi karyawan. 

Seperti yang di terapkan di Kantor Desa Tamangapa, Kecamatan Ma’rang, Kabupaten Pangkep,  Sulsel melalui kegiatan pengabdian masyarakat dari Universitas Muslim Indonesia.

Canggih ya! Yuk simak seperti apa penerapan Internet of Things pada perangkat absensi di Kantor Desa Tamangapa. 

Pengabdian Masyarakat Tim Dosen Universitas Muslim Indonesia

Universitas Muslim Indonesia merupakan salah satu universitas swasta yang terletak di Makassar. Berbagai kegiatan pengabdian masyarakat rutin dilaksanakan oleh Universitas Muslim Indonesia. 

Salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang di lakukan yaitu dengan menciptakan sistem absensi pegawai kantor desa berbasis Internet of Things.

Di kutip dari laman bugispos.com, pengabdian masyarakat ini di laksanakan oleh Tim Dosen yang diketuai oleh Ir. Bayu Adrian Ashad, S.T., M.T. selaku dosen dari Prodi Teknik Elektro.

Selain terdiri dari beberapa dosen, tim pengabdian masyarakat Universitas Muslim Indonesia juga melibatkan mahasiswa dari Prodi Teknik Elektro.

Sistem Absensi Berbasis Internet of Things

Dalam rangka digitalisasi yang sedang di gencarkan oleh pemerintah, tim pengabdian dari Universitas Muslim Indonesia memberikan sosialisasi dan pelatihan sistem absensi berbasis IoT pada Desa Tamangapa.

Kegiatan ini juga bertujuan agar staf kantor desa mengetahui tata cara menggunakan sistem absensi berbasis Internet of Things.

Keuntungan penggunaan Internet of Things pada sistem absensi di kantor desa ini yaitu data absensi langsung terekap melalui aplikasi.

Data absensi tersebut juga dapat di rekap oleh staf desa melalui website ataupun telegram.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat oleh tim dosen dari Universitas Muslim Indonesia ini mendapat sambutan baik dari Kelapa Desa Tamangapa. 

Harapannya, digitalisasi juga dapat masuk ke desa-desa agar perkembangan teknologi dapat di rasakan secara merata bagi semua kalangan masyarakat.

Pada era digital ini, memang di perlukan peningkatan keterampilan dan pengetahuan masyarakat tentang Internet of Things.

Internet of Things menjadi salah satu teknologi yang seharusnya dip elajari karena dapat menunjang pada berbagai sektor. Seperti pada sistem absensi berbasis Internet of Things, kecurangan-kecurangan dapat diminimalisir karena data yang masuk dapat dimonitor secara langsung.

Masih banyak lagi penggunaan Internet of Things pada kehidupan sehari-hari. Kembangkan potensi-potensi yang dimiliki untuk mendukung kemajuan teknologi digital di Indonesia.

Oleh karena itu, yuk mulai pelajari Internet of Things bersama Indobot Academy!

Sudah saatnya kita melek teknologi 4.0 salah satunya dengan mengikuti kursus IoT. Bersama Indobot Academy, Anda bisa belajar IoT dengan materi berbahasa Indonesia yang terstruktur dan terstandar industri.

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp