Alat Pengumpul Sampah di Sungai Berbasis IoT

Indobot Academy

Sumber : https://unsplash.com/photos/sQkXFpwpJ54?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink

Sungai merupakan salah satu sumber kehidupan bagi masyarakat. Hal tersebut karena aliran sungai dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal, seperti sumber air rumah tangga, perikanan, pertanian, serta berbagai hal lainnya.

Keberadaan aliran sungai yang bersih merupakan sebuah keuntungan bagi masyarakat yang memanfaatkan aliran tersebut, karena aliran sungai yang bersih tentunya lebih sehat apabila digunakan untuk kegiatan sehari hari.

Akan tetapi, seringkali kita menemui aliran sungai yang tercemar dengan sampah. Hal tersebut tentunya sangat merugikan berbagai pihak yang bergantung pada aliran sungai.

Berbagai sampah rumah tangga maupun industri, kerap kali membuangnya ke aliran sungai. Sehingga membuat sepanjang aliran sungai  untuk pembuangan sampah rumah tangga maupun industri sudah tercemar. Sehingga kualitas airnya buruk.

Untuk menciptakan aliran sungai yang bersih, perlukesadaran dari berbagai pihak untuk tidak membuang  sampah pada aliran sungai. 

Selain itu, tindakan yang dapat kita lakukan apabila aliran sungai sudah terlanjur tercemar adalah dengan melakukan pembersihan sampah pada aliran sungai.

Pembersihan tersebut dapat  secara manual maupun menggunakan peralatan yang dapat beroperasi secara otomatis.

Alat Pembersih Sampah Berbasis IoT Ciptaan Mahasiswa Universitas Pertamina (UPER)

Melihat kondisi sungai di Indonesia yang seringkali tercemar dengan sampah, beberapa mahasiswa Universitas Pertamina (UPER) menciptakan inovasi alat pembersih sampah sungai berbasis Internet of Things.

Alat pembersih sungai berbasis Internet of Things tersebut dinamai dengan River Trash Trap. River Trash Trap ciptaan Mahasiswa Universitas Pertamina tersebut menggunakan tenaga surya, sehingga cukup ekonomis untuk digunakan oleh masyarakat desa.

Cara kerja River Trash Trap tersebut yaitu menggunakan sensor kecepatan aliran air sungai, data melalui sensor tersebut akan dikirimkan pada mikrokontroler menggunakan jaringan internet. 

Penggunaan perangkat pembersih sungai berbasis IoT tersebut, masyarakat atau pengguna dapat memonitoring kerja alat dari jarak jauh melalui smartphone.

Melalui smartphone tersebut, berat sampah yang berhasil terkumpul oleh River Trash Trap dapat kita ketahui jumlahnya. 

Yuk Kuasai Internet of Things!

Berdasarkan berbagai peristiwa, salah satunya adalah penggunaan IoT pada alat pengumpul sampah di sungai.  Internet of Things memiliki berbagai fungsi. 

Penggunaan Internet of Things yang dapat di aplikasikan di segala bidang tersebut, mendorong kita untuk dapat menguasai teknologi IoT. 

Terdapat banyak media pembelajaran Internet of Things, salah satunya bisa melalui Indobot Academy. Melalui Indobot Academy, belajar Internet of Things dapat dengan mudah dan cepat kita pahami.

Yuk ambil kelasmu di Indobot Academy & dapatkan pengetahuan menarik di bidang Internet of Things

Indobot Academy menyediakan berbagai e-course dan workshop terkait Internet of Things yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari sektor pertanian, kesehatan, keamanan, dan dunia kuliner. Apabila kalian tertarik untuk belajar Internet of Things dengan mudah, silahkan kunjungi website indobot.co.id/academy

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp