Antusiasme Siswa SMK N 3 Wonosari bersama Indobot Academy

Indobot Update

Pada hari Kamis. 15 September 2022 Indobot Academy hadir menjadi guru tamu di SMK N 3 Wonosari dalam kegiatan Guru Tamu SMK. Acara ini di hadiri oleh Bapak Haris sebagai Kepala Program Studi Elektronika SMK N 3 Wonosari, Bapak Oby Zamisyak CEO dan Founder PT Ozami Inti Sinergi (Indobot Academy) sebagai Guru Tamu. Dan siswa-siswi kelas XII Program Studi Teknik Elektronika Industri SMK N 3 Wonosari. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi keahlian siswa dan mempersiapkan siswa untuk terjun ke dunia industri untuk bekerja nantinya. Selain itu kegiatan ini dapat memberikan insight kepada siswa-siswi SMK N 3 Wonosari tentang bidang Elektronika Industri saat ini, khususnya tentang Internet of Things (IoT).

Kegiatan kunjungan Guru Tamu SMK ini berlokasi di ruang pertemuan SMK N 3 Wonosari mulai pukul 10.00 WIB sampai selesai. Antusiasme siswa siswi SMK N 3 Wonosari pada acara ini sangat besar, hal ini terbukti dengan keseriusan mereka dalam mendengarkan setiap materi dengan sungguh-sungguh.

Susunan Kegiatan

            Rangkaian acara Guru Tamu SMK N 3 Wonosari ini dengan sambutan oleh Bapak Haris, selaku Kepala Program Studi Teknik Elektronika Industri SMK N 3 Wonosari. Kemudian lanjut dengan pemaparan materi tentang teknologi Internet of Things dari Bapak Oby Zamisyak. Pada pemaparan materi ini disebutkan bahwa tren perkembangan pasar Internet of Things (IoT) selalu mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Hal ini disebabkan oleh evolusi perkembangan teknologi digital yang semakin cepat seiring dengan kebutuhan manusia di era millenial yang semakin bervariasi sehingga perkembangan dan inovasi pun menjadi salah satu hal yang terus dilakukan. Bapak Oby Z menyebutkan bahwa perkembangan dunia teknologi digital ini berdampak sangat signifikan. Pada kebutuhan tenaga kerja di era revolusi industri 4.0. Saat ini tren rekrutmen SDM bidang IoT mengalami kenaikan sebesar 41% dan berpotensi masih akan terus mengalami kenaikan jika dari pada dengan tahun-tahun sebelumnya terutama pada perusahaan start up.

Gambar pemaparan materi tentang kondisi Internet of Things saat ini
Peningkatan kebutuhan SDM bidang teknologi IoT ini juga didukung dengan peluang karir yang semakin variatif. Bidang Internet of Things Device terdapat banyak sekali pilihan profesi seperti IoT Engineer, Electrical Engineer, Data Analyst, Hardware Programmer, dan Mechanical Engineer. Bidang lainya seperti IoT Network juga memiliki prospek karir yang variatif. Seperti contohnya : Network Engineer, IT Support System, serta RF Network Planning. Sedangkan di bidang IoT Platform terdapat pilihan karir seperti Web And Mobile Developer, Product Iot Analysis, Cloud Engineer, dan juga SEO Web Optimizer.
Foto penyerahan kenang-kenangan Indobot Academy kepada Kepala Program Studi Teknik Elektronika Industri SMK N 3 Wonosari

Setelah sesi pemaparan materi mengajak siswa-siswi SMK untuk membuat perencanaan karir setelah lulus sekolah. Apakah ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, atau langsung terjun ke dunia kerja. Tujuanya adalah agar siswa-siswi SMK dapat memiliki perencanaan karir yang jelas untuk masa depanya. Dan dapat mulai mempersiapkan diri untuk melanjutkan rencana tersebut. Kemudian acara ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dari Indobot Academy.

Harapan

            Kegiatan mengundang Guru Tamu bersama Indobot Academy siswa-siswi kelas XII SMK N 3 Wonosari khususnya Program Studi Teknik Elektronika Industri. Mampu memahami perkembangan Internet of Things (IoT), khususnya di era revolusi industri 4.0 seperti sekarang ini. Selain itu harapanya agar siswa-siswi SMK mampu memahami dan memiliki rencana karir yang sesuai dengan minat dan bakat mereka masing-masing. Sehingga mereka tidak lagi merasa bimbang untuk melanjutkan kuliah atau langsung bekerja setelah lulus dari sekolah nantinya.

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Satu pemikiran pada “Antusiasme Siswa SMK N 3 Wonosari bersama Indobot Academy”

  1. Ping-balik: Bersinergi Bersama, Indobot Bantu SMK N 3 Wonosari Menyusun Sinkronisasi Kurikulum Merdeka - PT Ozami Inti Sinergi

Tinggalkan komentar

whatsapp