Apa dan Bagaimana Prinsip Kerja Sensor Ultrasonik

Indobot Academy

Prinsip Kerja Sensor Ultrasonik
Apa dan Bagaimana Sensor Ultrasonik Bekerja

Sensor ultrasonik adalah sebuah sensor yang berfungsi untuk mengubah besaran fisis (bunyi) menjadi besaran listrik dan juga sebaliknya. Sensor ultrasonik terdiri dari sebuah transmitter (pemancar) dan sebuah receiver (penerima). Salah satu sensor ultrasonik yang paling sering digunakan adalah sensor ultrasonik tipe HC-SR04.

Berikut Sensor Ultrasonik

Sensor HC-SR04 adalah sebuah modul sensor ultrasonik yang biasanya berfungsi untuk mengukur jarak. Prinsip  kerja sensor ini adalah dengan memancarkan gelombang ultrasonik 40kHz ke udara, dan jika ada objek atau halangan pada jalurnya maka gelombang tersebut akan memantul kembali ke modul. Dari waktu perjalanan dan juga kecepatan suara gelombang tersebut inilah maka dapat dihitung jarak suatu benda atau halangan.

 

Belajar Elektronika, Arduino, dan juga IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Sensor HC-SR04

adalah sensor ultrasonik yang digunakan untuk mengukur jarak secara non-kontak. Sensor ini terdiri dari dua modul utama: pemancar ultrasonik dan penerima ultrasonik. prinsip kerjanya mirip dengan sonar. Pemancar ultrasonik mengirimkan gelombang ultrasonik dan juga penerima menerima gelombang tersebut setelah dipantulkan dari objek di depannya.

Untuk mengukur jarak, sensor HC-SR04 menghitung waktu yang diperlukan gelombang ultrasonik untuk pergi ke objek dan kembali. Dengan menggunakan kecepatan suara sebagai acuan (sekitar 343 meter per detik pada suhu 20 derajat Celsius), sensor ini dapat menghitung jarak dengan rumus sederhana: Jarak = (Waktu yang diperlukan untuk pergi dan kembali) / 2 * Kecepatan suara.

Sensor HC-SR04 sangat populer di berbagai proyek elektronika, termasuk robotika, sistem navigasi, dan juga pengukuran jarak otomatis karena kehandalannya dalam memberikan informasi jarak dengan akurasi yang baik.

Fungsi pin-pin pada sensor HC-SR04 adalah sebagai berikut :
VCC : 5V Power Supply. Pin sumber tegangan positif sensor.
Trig : Trigger/Penyulut. Pin ini untuk membangkitkan sinyal ultrasonik.
Echo : Receive/Indikator. Pin ini untuk mendeteksi sinyal pantulan ultrasonik.
GND : Ground/0V Power Supply. Pin sumber tegangan negatif sensor

Berikut sumber artikel ini :
create.arduino.cc
www.elangsakti.com
www.andalanelektro.id

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau bahkan Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp