Apa Itu Big Data dan Manfaatnya dalam Bisnis serta Teknologi Informasi

Indobot Academy

Apa Itu Big Data dan Manfaatnya dalam Bisnis serta Teknologi Informasi
Apa Itu Big Data dan Manfaatnya dalam Bisnis serta Teknologi Informasi

[lwptoc title=”Daftar Isi”]

Big data bukan lagi menjadi hal yang asing untuk telinga banyak orang. Apalagi bagi para pengembang perangkat lunak. Basis data ini sangat pentin untuk berbagai macam hal, mulai dari mengelola hingga memanajemen informasi dalam bentuk data tersistem. Ada banyak perusahaan yang membutuhkan big data. Karena itu, Anda perlu tahu apa itu big data dan manfaatnya?  

Berbeda halnya dengan database, big data sendiri jauh lebih banyak dimanfaatkan dalam proyek besar. Hal ini karena proyek besar mempunyai banyak data yang tidak dapat ditampung menggunakan database.  

Justru, penggunaan database membuat berbagai proyek menjadi lemot. Yuk, kenali lebih lengkap terkait dengan big data menggunakan artikel ini. 

 

Ketahui Apa Itu Big Data Dan Manfaatnya?  

Big data merupakan kumpulan dari berbagai macam volume data yang jumlahnya besar. Lebih banyak digunakan dalam membantu kegiatan bisnis. Big data sendiri menjadi pengembangan dari sistem database.  

Oleh karena itu, banyak yang mengenal big data ada satu tingkat di atas database. Perbedaannya ada pada kecepatan kemudian volume atau juga jenis data. Ini daftar manfaatnya. 

  • Pemakaian perangkat mobile 

Penggunaan perangkat seperti smartphone dan lain sebagainya adalah hal yang paling umum sekarang ini. Pastinya, setiap perangkat juga mempunyai aplikasinya sendiri. 

Salah satu contoh penerapan dari big data adalah GPS dalam Google Maps.  Hal ini memerlukan big data karena gambarnya besar kemudian pemetaan lokasi untuk menjangkau seluruh penjuru dunia. 

 

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

  • Media sosial 

Hal lainnya yang memanfaatkan big data juga adalah media sosial. Anda pastinya dapat membayangkan banyaknya data yang akan masuk setiap harinya. 

Setiap orang akan mengunggah setidaknya satu foto per hari. Pastinya, ada berbagai macam aplikasi media sosial dengan banyak pengguna. Sudah pasti semua data besar ini akan direkam menggunakan big data. 

  • Media digital 

Tidak hanya media sosial saja yang menggunakan big data untuk perekaman berbagai macam data.  Tentunya, media digital juga menjadi salah satu hal yang memanfaatkan skala besar.  

Seperti halnya ketika Anda streaming atau juga mendengar musik. Semua data yang ada ini akan dicatat oleh big data.  Banyak dimanfaatkan dalam e-commerce untuk memudahkan pengguna. 

  • CRM

Dalam mengenal apa itu big data dan manfaatnya, Anda juga harus tahu kalau data ini digunakan dalam CRM. Jadi, untuk menjaga komunikasi yang baik dengan sales atau pelanggan. 

Maka, semua data akan disimpan menggunakan big data.  Selain itu, ada fitur dimana Anda dapat memonitoring kegiatan penjualan hingga menghitung rata-rata konversi. Jadi, tidak akan miscommunication. 

  • Optimalisasi penggunaan aplikasi 

Berbagai macam aplikasi yang Anda gunakan untuk banyak kegiatan juga menggunakan big data. Jadi, alasan dari banyaknya proses transfer atau manajemen data dapat berjalan secara cepat adalah karena adanya big data. 

Hasilnya juga akurat karena dapat memberikan optimalisasi dalam penyimpanan data. Tenang saja, penggunaan big data juga memberikan optimasi software. 

Beberapa hal yang ada ini menjadi bagian penting untuk Anda ketahui dalam apa itu big data dan manfaatnya? Tentunya, Anda tidak harus merasa bingung dalam pemanfaatan big data untuk teknologi informasi dan juga bisnis. Ada berbagai manfaat yang dapat diberikan untuk kemudahan sendiri.

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp