Apa Saja Level Kemahiran Seorang IoT Engineer

Indobot Update

apa saja level kemahiran iot engineer (1)

Mendengar tentang Internet of Things (IoT), menjadi sesuatu yang sudah tidak asing lagi. Apalagi saat ini penggunaan teknologi sudah semakin mendominasi kehidupan manusia. Seiring dengan perkembangan waktu yang sangat cepat, khususnya di dunia Information Technology (IT), prospek karir yang baik di bidang IT juga semakin beragam, termasuk dalam bidang IoT. 

Berbicara mengenai IoT memang tidak akan ada habisnya. karena IoT memiliki definisi tetap dan akan selalu ada bahkan akan selalu mengalami perubahan dan perkembangan. dari kehidupan sehari-hari yang kita lakukan, hampir sebagian besar menggunakan dasar IoT, dari mulai perangkat yang dapat di gunakan untuk memudahkan pekerjaan di berbagai bidang, baik seperti kesehatan, pertanian, otomatisasi dalam industri, dan terkait penanggulangan bencana, bahkan hingga smart city. 

Melihat IT yang sangat di butuhkan pada kehidupan saat ini, tentunya dunia membutuhkan seorang ahli IoT atau expertise yang akan menangani dasar IoT secara optimal. Beberapa pekerjaan yang berkaitan dengan IoT Device yaitu sebagai IoT Engineer, Desain Rangkaian Elektronik dan Skematik, Pembuatan Printed Circuit Board (PBC), Desain Produk, Data Analyst, Electrical Engineer, Hardware Programer, dan sebagainya. 

Meskipun tuntutan pekerjaan seorang IoT Engineer cukup tinggi, namun besar pula potensi penghasilan yang mereka dapatkan. Peluang karir dalam bidang ini semakin meningkat. Dalam prospek karir, IoT engineer memiliki beberapa tingkatan jenjang karir, mulai dari junior hingga senior, dengan besaran gaji pada nominal Rp 7 juta hingga Rp 10 juta.

Di dunia IoT Engineer, selain adanya tingkatan atau jenjang karir dari mulai junior hingga senior, sebagai seorang IoT Engineer juga memiliki jenjang skill. Berikut penjelasannya:

Level Kemahiran IoT Engineer

apa saja level kemahiran iot engineer (1)

Pemula

Seorang pemula di bidang IoT akan belajar mengenai hal dasar seperti elektronika dasar, dasar kelistrikan, melakukan alat ukur, pengenalan platform untuk membuat sketch program. Berikut adalah materi yang dipelajari pada kemahiran pemula seorang IoT engineer

– Elektronika Dasar

– Kelistrikan

– Skematik

– Alat Ukur dan Pengukuran

– Kesehatan dan Keselamatan Kerja

– Basic Bahasa Pemrograman

Menengah

Level keahlian menengah seorang IoT engineer ada pada kemampuan menguasai pemrograman hardware, menggunakan sensor dan aktuator, menampilkan output berdasarkan input yang di terima oleh sistem serta mampu melakukan integrasi antar komponen elektronika.

– Pemrograman

– Integrasi Antar Komponen

– Sensor dan Aktuator

Expert

Di tingkat kemahiran expert seorang IoT Engineer sudah mampu memberikan solusi industri dari penggunaan IoT. Mampu mengoperasikan device IoT, mengintegrasikan sistem dengan protokol komunikasi data seperti HTTP, MQTT, bluetooth, IR, RFID dan lain sebagainya.

Seorang IoT expert engineer juga memiliki kemampuan memberikan konsultasi penerapan IoT dari sisi bisnis.

– Mengoperasikan Platform IoT

– Komunikasi HTTP dan MQTT

– Komunikasi Device IoT

– Implementasi IoT

Pilihan Kursus untuk Level IoT Engineer

Buat kalian yang ingin menjadi seorang IoT Engineer tentunya memerlukan pembelajaran yang mendukung pencapaian keahlian kalian di bidang internet of things. Indobot sebagai mitra belajar IoT memiliki beberapa program yang bisa kalian ikuti sesuai level kemampuan maupun kebutuhan kalian dalam belajar. Apa saja? Simak yuk!

Paket Belajar Mandiri

Paket Belajar Mandiri adalah paket belajar yang di buat untuk memenuhi kebutuhan belajar kalian secara mandiri. Di sini, kalian bebas untuk mempelajari materi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan kalian. Termasuk juga pengaturan waktu belajar. Beberapa paket belajar mandiri Indobot antara lain

Kelas IoT Dasar

Paket Belajar Mandiri Elektronika Hebat

Kelas IoT Menengah

Kelas IoT Expert Indobot

Kursus IoT Expert Bersertifikat Nasional

Kursus IoT Expert dapat di lakukan dengan mengikuti kelas Pelatihan Sertifikasi IoT BNSP. Pelatihan SKKNI IoT dan Sertifikasi Perekayasaan Perangkat Internet of Things IIoT) BNSP merupakan sebuah kelas belajar Internet of Things yang berstandart Kompetensi Kerja Nasional Indonesia. Adanya kelas kursus ini menjadi salah satu langkah optimal untuk mempersiapkan diri dalam melaksanakan ujian sertifikasi. 

Indobot Academy merupakan salah satu tempat penyedia program Pelatihan dan Sertifikasi BNSP. Menyediakan layanan program untuk melaksanakan Pelatihan hingga Sertifikasi BNSP berlangsung. Mendampingi kamu hingga mendapatkan sertifikat, setelah proses tersebut tentu akan mempermudah dalam mencari pekerjaan ataupu mengambil peluang-peluang lainnya.

Pelatihan dari Indobot Academy ini dapat di lakukan secara pribadi atau rombongan dari instansi dan perusahaan sesuai dengan kebutuhan. Untuk Fanbot yang ingin melakukan pelatihan dan sertifikasi, dapat mengambil paket dari Indobot Academy yaitu “Program Pelatihan dan Sertifikasi BNSP” pada link ini https://datalisa.id/join-indobot 

Pelatihan Sertifikasi IoT BNSP ini di banderol dengan biaya pendaftaran sebesar Rp 9.880.000. Dengan berbagai macam benefits dan skema program yang akan membantu kamu untuk lebih mudah dalam mengerjakan dan mengambil sertifikasi. Percayakan peningkatan kemampuan IoT kamu bersama Indobot Academy! 

Sudah saatnya kita melek teknologi 4.0 salah satunya dengan mengikuti kursus IoT. Bersama Indobot Academy, Anda bisa belajar IoT dengan materi berbahasa Indonesia yang terstruktur dan terstandar industri. Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi admin kami di sini.

apa-saja-level-kemahiran-seorang-iot-engineer
apa-saja-level-kemahiran-seorang-iot-engineer

Segera klik Link di samping untuk klaim promo :  

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp