Apasih Wemos D1 Mini ESP itu? Ini Penjelasannya!

Indobot Update

Apasih Wemos D1 Mini ESP itu
Apasih Wemos D1 Mini ESP itu

Apasih Wemos D1 Mini ESP? Mungkin bagi sebagian orang kata atau benda masih asing di telinga kalian. Maka dari itu, kali ini kita akan membahas salah satu produk mini IoT board berbasis mikrokontoller itu. Jangan pusing dulu, karena Indobot akan membantu kalian memahami IoT dengan lebih mudah.

Mengenal Wemos D1 Mini

Wemos D1 Mini adalah sebuah produk mini IoT board berbasis mikrokontroller ESP8266 ESP-12 buatan perusahaan China, WEMOS. Wemos D1 mini ini dapat dikatakan sebagai versi “miniatur” Wemos D1 yang desainnya mirip seperti produk Arduino Uno. sedangkan D1 Mini ini merupakan versi “arduino nano-nya” Wemos D1. Pada board Wemos D1 mini ini, Anda dapat langsung melakukan proses pemograman ESP 12 tanpa menggunakan bantuan dari board progammer atau USB TTL eksternal karena Wemos D1 Mini dilengkapi dengan chip CH340 sebaga konverter USB to serial internal. 

Menggunakan Wemos D1 Mini ini akan memudahkan Anda untuk proses programming dan debugging karena D1 Mini ini memiliki konverter USB serial terintegrasi dengan switch programming dan running mode pada EsP-12. 

Pinout Wemos D1 Mini

apasih-wemos-d1-mini-esp-itu
apasih-wemos-d1-mini-esp-itu

Wemos D1 Mini memiliki desain yang mirip dengan Arduino Uno. Wemos D1 Mini dapat membantu Anda jika membutuhkan mikrokontroller berbasis 32 bit dengan built-in WiFi dimana akan cocok dengan kebutuhan Anda. Untuk memberikan performa yang lebih baik dan optimal pada penggunaannya, Anda sebaiknya juga harus mengenali tata letak dan naming D1 Mini pada gambar di atas. 

Teknis Programming Wemos D1 Mini Dengan Arduino Bootloader

Keuntungan jika melakukan programming menggunakan Wemos D1 dengan Arduino Bootloader adalah Anda sudah mengerti bahasa C-nya, sehingga Anda tidak akan terlalu merasa kesulitan melalui Wemos D1 Mini ini. Sebagai gambaran, pada Wemos D1 Mini ini memiliki teknik programming yang sama persis dengan Arduino, bahkan library yang ditampikan juga sebagian besar kompatibel dengan D1 Mini versi Arduino. 

Percobaan Pertama Melakukan Progamming Wemos D1 Mini dengan Arduino

Beberapa step dibawah ini akan membantu Anda untuk lebih memahami proses programming pada Wemos D1 Mini dengan Arduini.  Oke, mari kita simak dengan program yang paling sederhana. Mari kita coba melakukan Blink bawaan Arduino IDE di menu “File-Examples-Basic-Blink. 

  1. Pastikan port Wemos sudah terbaca Arduino IDE. dapat dilakukan dengan cara cek di menu Tools – Port. Untuk menu Board (Tools – Boards) silahkan coba untuk pilih ‘Wemos D1 R2 & mini’. Jika sudah, Anda dapat langsung upload program tersebut ke Wemos. Dengan cara pilih menu ‘Sketch-Upload’ atau tekan tombol panah pada panel toolbar IDE sebelah atas di bawah menu.
  2. Tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi “Done uploading” jendela debugging di bagian bawah IDE. Jika sudah sukses proses upload program, maka seharusnya board Wemos D1 Mini Anda akan berkedip led dengan warna ungu yang berada di dekat antenna. 

Step

Beberapa step berikut merupakan cara mudah untuk melakukan programming dari Wemos D1 Mini. Untuk menggunakan dan memprogram Wemos D1 Mini dengan Arduino ini kalian juga dapat melakukan percobaan sedeerhana terlebih dahulu. Awal mulai kita program kedip led (Blink) bawaan Arduino IDE di menu ‘File-Examples-Basic-Blink, Pastikan port Wemos sudah terbaca Arduino IDE. Cek di menu Tools – Port. Untuk menu Board (Tools – Boards) silahkan pilih ‘Wemos D1 R2 & mini’. Jika sudah, langsung upload programnya ke wemosnya. Udah tau caranya kan? :). Buat yang belum tahu silahkan pilih menu ‘Sketch-Upload’ atau tekan tombol panah di panel toolbar IDE sebelah atas di bawah menu.

Tunggu beberapa saat sampai ada notifikasi ‘Done uploading’ jendela debugging di bagian bawah IDE. Jika sukses mengupload program maka seharusnya board Wemos D1 Mini Anda akan berkedip led ungunya yang dekat antenna. Setelah semua tahapan selesai, Anda sudah diknyatakan berhasil untuk memprogram Wemos D1 Mini dengan Arduino. Kini saatnya Anda memulai karya dan kreatifitas Anda dengan Wemos D1 Mini feat Arduino. Menarik bukan? Yuk coba!

Apabila Anda tertarik dan berminat untuk mempelajari lebih dalam tentang IoT, silahkan klik link di bawah https://indobot.co.id/product/internet-of-things-camp/  

Sekilas Tentang Indobot

Indobot adalah sebuah startup yang bergerak di bidang pelatihan dan sertifikasi IoT di Indonesia. Saat ini Indobot memiliki berbagai jenis pelatihan IoT yang bisa di pilih sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Sudah saatnya kita melek teknologi 4.0 salah satunya dengan mengikuti kursus IoT. Bersama Indobot Academy, Anda bisa belajar IoT dengan materi berbahasa Indonesia yang terstruktur dan terstandar industri. Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi admin kami disini. Apasih Wemos D1 Mini 

paket belajar mandiri elektronika hebat

Klik Link di samping untuk klaim promo :  

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp