Bagaimana Cara Belajar Raspberry Pi untuk Pemula?

Indobot Academy

Raspberry Pi
Raspberry Pi

Kamu ingin belajar Raspberry Pi tapi bingung mau mulai dari mana? Jika Iya, tenang, kamu tidak perlu khawatir. Memang bagian tersulit dari sebuah pembelajaran adalah bagaimana memulainya. Bukan hanya kamu saja yang mengalaminya. Programmer-programmer yang sudah handal itu juga pernah merasakan apa yang kamu rasakan. Sebuah kebingungan. Tapi setelah kamu berhasil melewati tahap permulaan ini, ke depannya kamu akan… tetap mengalami kesulitan sih hehe. Itu sudah pasti, namanya juga belajar. Tapi tidak masalah. Asalkan kamu tahu tahap-tahapnya, semua kesulitan itu pasti bisa kamu lalui. Jadi apa saja tahap-tahap itu? Bagaimana cara belajar Raspberry Pi untuk pemula?

Tahap 1. Beli Raspberry Pi

Kenapa kamu harus beli Raspberry Pi? Belajar Raspi itu seperti belajar naik sepeda. Kamu tidak bisa belajar naik sepeda hanya dengan membaca buku tentang cara naik sepeda. Harus praktik. Supaya kamu bisa praktik, kamu harus punya Raspi. Nah, sambil menunggu barang pesanan sampai, kamu bisa baca-baca dulu artikel tentang Raspi. Meskipun belajar Raspi adalah pengetahuan praktis, mempelajari teorinya juga penting. Cobalah untuk mempelajari hardware dan software untuk Raspi. Hardware Raspi yang perlu kamu pelajari cukup bagian-bagian dan fungsinya saja, tidak perlu sampai ke cara kerja dan rumus-rumusnya. Tapi kalau mau ke situ juga tidak ada salahnya. Adapun software yang perlu kamu pelajari adalah Python sebab nanti kamu akan membutuhkannya untuk memprogram Raspi.

Belajar elektronika step by step dengan bantuan tangga belajar? Regitrasi dulu dan dapatkan konsultasi dari kami!

Tahap 2. Setup

Jika Raspi sudah ada di tangan, langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan.

1. Install Raspbian image ke SD card

Kita akan menginstall OS Raspbian ke Raspi menggunakan SD card. Jadi kita harus install dulu Raspbian image ke SD card menggunakan PC. Kalau kamu pengguna Windows, kamu bisa gunakan software Win32DiskImager yang bisa kamu download di sini. Untuk pengguna Linux atau Mac, tutorial lengkap bisa di baca di sini.

2. Booting ke Raspi

Setelah SD terisi Raspbian, selanjutnya booting ke Raspi.

Pilih expand_roofts agar kita dapat menggunakan seluruh kapasitas SD card sebab install image hanya berukuran 2GB. Langkah selanjutnya kamu akan diminta untuk mengisi pengaturan keyboard, password, timezone, dll.

3. Start GUI

Setelah kamu login ke Raspi, langkah terakhir adalah masuk ke lingkungan GUI (Graphical User Interface). Caranya cukup ketikkan startx lalu Enter.

Selamat, kamu sudah bisa mulai menggunakan Raspi sekarang.

Tahap 4. Praktik Projek-Projek Raspi

Langkah selanjutnya untuk belajar Raspi adalah mencoba-coba contoh-contoh projek Raspi. Ada banyak tutorial di internet. Contohnya di sini. Praktikkan satu per satu. Coba terus. Nanti lama-lama kamu akan terbiasa dengan Raspi. Selamat mencoba.

Bikin project tanpa ribet beli komponen sana-sini? Starter Kit Arduino/IoT bisa jadi solusi mu!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp