Begini Pemanfaatan IoT dalam Bidang Energi

Indobot Academy

Begini Pemanfaatan IoT dalam Bidang Energi
Begini Pemanfaatan IoT dalam Bidang Energi

IoT merupakan suatu konsep yang bisa dimanfaatkan dalam segala bidang kehidupan manusia, salah satunya dengan pemanfaatan IoT dalam bidang energiEnergi merupakan sumber tenaga bagi kehidupan manusia. Tanpa energi tentu saja aktivitas manusia mungkin saja berjalan dengan tidak lancar. Maka dari itu, dalam menggunakan energi harus di lakukan dengan seefisien dan seefektif mungkin.

Maka dari itu, konsep IoT hadir sebagai solusi penggunaan energi di bumi. Lantas, bagaimana pemanfaatan Iot pada Energi? Berikut penjelasannya. 

Inilah Pemanfaatan IoT dalam Bidang Energi

Iot atau Internet of Things merupakan sebuah konsep yang memiliki banyak manfaat dalam kehidupan manusia. Salah satu pemanfaatannya yakni dalam bidang energi.

Kehidupan di dunia tidak akan luput dari energi bahkan hal sekecil apapun contohnya peralatan dalam rumah seperti alat elektronik.

Tanpa energi tentunya peralatan tersebut tidak akan berfungsi. Lebih jelasnya IoT di manfaatkan dalam bidang energi kelistrikan.

IoT dimanfaatkan dalam bidang energi sebagai cara pengendalian atau penjadwalan untuk mendapatkan hasil yang efisien dalam penggunaan energi listrik.

Tak hanya itu, dengan IOT mampu melakukan akses remote control dari penggunanya ataupun melakukan manajemen dari satu pusat interface berbasis cloud computing. 

Sebagai contoh dalam pemanfaatan IoT pada bidang energi kelistrikan yakni IoT dapat digunakan sebagai monitoring dan melakukan penghematan penggunaan listrik. 

Adanya konsep IoT sistem keamanan dan keselamatan pada energi listrik menjadi lebih terjamin, sebab ini memang tujuan pokok dari IoT.

Penggunaan dan konsumsi listrik dengan jumlah yang besar dan tidak sesuai merupakan suatu masalah yang harus diatasi dengan manajemen.

Maka dari itu IoT hadir untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan melakukan pemantauan serta pengendalian penggunaan energi listrik secara berlebihan.

Maka dengan ini, IoT dapat menghasilkan penghematan energi dan biaya operasional seperti engineering, peralatan, instalasi, hingga waktu pengerjaan bangunan yang menjadi lebih hemat.

 

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Produk Efisiensi Energi IOT 

Untuk mencapai tujuan-tujuan di atas, salah satu perusahaan global pengelolaan energi dan automasi yakni Schneider Electric ikut serta melakukan inovasi dalam penghematan energi dengan mengungsung fenomena Internet of Things (IoT). 

Salah satu upayanya dalam menjadikan penggunaan energi  lebih efisien, Schneider Electric menciptakan inovasi produk terbaru sebagai solusinya. Di mana produk-produk ini antaranya:

Smart Panel

Inovasi produk pertama ialah Smart Panel di mana produk ini memiliki gabungan kemampuan dalam mengukur, mengontrol, hingga melakukan interaksi terhadap komunikasikan penggunaan energi dalam bangunan.

Smart Home System

Inovasi kedua yakni Smart Home System atau disebut juga dengan EZInstall3 merupakan produk yang memiliki kemampuan dalam mengefisiensi pemakaian listrik.  

Di mana inovasi ini di gunakan untuk mengontrol alat listrik di rumah seperti lampu, berperan sebagai pengganti saklar mekanis yang sudah ada.  Penggunaan produk ini menggunakan teknologi wireless terintegrasi.

Smart Struxure

Adalah inovasi untuk solusi dalam mengatur fungsi AC, lampu, kipas ventilasi, , eskalator, elevator, hingga pompa secara otomatis untuk di gunakan di waktu-waktu yang tertentu. 

Smart Struxure ini biasa digunakan dalam mengatur fungsi alat-alat tersebut di perhotelan seperti lampu lorong yang hanya menyala jika terjadi kurangnya pencahayaan.

Nah itulah pemanfaatan konsep IoT  yang ada pada produk-produk kelistrikan yang di ciptakan oleh perusahaan Schneider Electric.

Dengan melihat contoh-contoh penerapan dalam pemanfaatan IoT di bidang energi, maka Anda pun bisa melakukan hal serupa yakni melakukan penghematan penggunaan energi listrik.

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp