#Belajar Arduino :Memperbaiki Compile yang Lambat

Indobot Academy

Halo Sahabat Indobot, Apa Kabar ?, Kemarin banyak yang bertanya di sosial media tentang masalah Compile arduino yang lambat, nah pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya dan mencari tahu apa alasan dan solusinya. bagi kalian yang baru  belajar ardunio dan ingin tahu tentang macam – macam ardunio, kalian bisa klik di sini dulu sahabat indobot.

Seberapa lambat sih yang jadi masalah di sini??, saya asumsikan (berdasarkan pengalaman ) yakni >30 detik, untuk file sederhana seperti ‘blink’ pada contoh library, yg biasanya <7detik.

Berapa rekor lambat yang pernah sahabat Indobot alamai alami?,

Apakah lambat di sini termasuk ‘tidak pernah selesai’ atau ‘error‘ ?

Oke langsung saja ya, ini beberapa tips apabila kalian mengalami masalah lambat dalam meng-compile program pada Arduino IDE. Kkalian bisa lakukan salah satu dari Solusi Berikut :

  1.  Buat Exception List pada antivirus kalian untuk arduino, (biasanya Avast), atau…
  2. Replace file ‘rxtxSerial.dll’ pada folder arduino yang kalian gunakan, dengan yg telah di modifikasi (link di sini), atau…
  3.  Matikan Bluetooth komputer kalian , atau…
  4.  Download Arduino IDE terbaru, atau…
  5.  Coba Arduino Versi Installer (di install di windows).

Belum Jelas Secara detail Sahabat Indobot ?, tenang akan kami jelaskan secara mendetail ! check this out

Cara  1: 

Antivirus seringkali memonitor (scan) setiap gerak-gerik program yang berjalan, baik program aktif yang maupun sedang background. Oleh karenanya ketika arduino meng-compile code yang kita buat, setiap langkah pengubahan code dari high level language (arduino-ide) menjadi low level language (hex file) akan di periksa. Sehingga bisa di bayangkan lambatnya. Untuk mengatasinya silahkan mengecualikan folder arduino kalian dari proses scan antivirus. Avast 2015, buka Pengaturan>Proteksi Aktif>Proteksi File System>Penyesuaian>Exclusions, lalu tambahkan alamat folder arduino kalian di sana. Untuk Antivirus yang tidak punya fitur exclusion, paling kalian cuma bisa non-aktifkan sementara ketika sedang otak-atik code arduino.

Baca Juga : Belajar Bahasa Arduino #Pernyataan untuk Pemilihan Dalam Pemograman Arduino

Cara 2 : 

Pada beberapa komputer, ada masalah tumpang tindih antara pengaturan COM port serial pada OS dengan fitur serial pada arduino (dalam file ‘rxtxSerial.dll’) yang di bahas johngineer pada blognya. Cukup ganti file rxtxSerial.dll bawaan arduino, dengan file yang telah di modifikasinya (Link di sini). Dengan file hasil modifikasinya, mengurangi terjadinya masalah tersebut.

Cara 3 : 

Sama dengan cara 2 Pada beberapa komputer, ada masalah tumpang tindih antara pengaturan COM port serial Bluetooth pada OS dengan fitur serial pada arduino. Dengan mematikan bluetooth, mengurangi terjadinya masalah tersebut.

Cara 4 :

 Arduino IDE yang terbaru pastinya akan mengoreksi bug yang ada pada versi sebelumnya. Bug yang ada mungkin saja berpengaruh pada salah satu komponen compilernya dengan beberapa file java, .net, extension, atau program aplikasi lainya yang terinstall pada komputer kalian. Sehingga menggunakan versi terbaru mungkin akan mengatasi masalah kalian.

Cara 5 : 

Agak mirip dengan konsep alasan pada cara 4. Namun penyebabnya karena arduino-IDE kalian generik, tidak di install maka kemungkinan bentrok dengan program lain akan semakin besar, dan beberapa gangguan dengan program lain yang sedang berjalan. Dengan arduino yang di install maka OS akan mengatur dan memprioritaskan program yang terdaftar pada list management applicationnya.

Nah, itu dulu ya sahabat Indobot materi belajar ardunio untuk kali ini, eits tenang untuk pembahasan lengkapnya akan di bahas pada materi selanjutnya, makanya bookmark dulu website kita dan tunggu update an dari kita ya !

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp