Sekilas Arduino, Mau Tahu Macam – Macamnya?

Indobot Academy

Sekilas Arduino – Untuk perkenalan awal, saya jelaskan beberapa macam macam jenis atau tipe – tipe arduino yang ada di pasaran.

Arduino USB, yaitu mikrokontroler Arduino dengan menggunakan USB sebagai antar muka pemrograman atau komunikasi komputer. Contoh:

  • Arduino Uno
  • Arduino Duemilanove
  • Arduno Leonardo
  • Arduino Mega2560
  • Arduino Intel Galile
  • Arduino Pro Micro AT
  • Arduino Nano R3
  • Arduino mini Atmega
  • Arduino Mega ADK
  • Arduino Esplora

 

Arduino Uno

ARDUINO UNO

Arduino Uno adalah papan mikrokontroler berdasarkan ATmega328(datasheet). Ini memiliki 14 digital pin input / output (dimana 6 dapat digunakan sebagai output PWM), 6 input analog, resonator keramik 16 MHz,koneksi USB, jack listrik, header ICSP, dan tombol reset. Ini berisi semua yang diperlukan untuk mendukung mikrokontroler; hanya menghubungkannyake komputer dengan kabel USB atau power itu dengan adaptor AC-DC ataubaterai untuk memulai menggunakannya. Sekilas Arduino.

Uno berbeda dari semua papan sebelumnya di bahwa itu tidakmenggunakan chip driver FTDI USB-to-serial. Sebaliknya, fitur Atmega16U2(Atmega8U2 sampai versi R2) diprogram sebagai konverter USB-to-serial.
Revisi

ke 2 Uno memiliki resistor menarik garis 8U2 HWB line to ground, sehingga lebih mudah untuk di masukkan ke dalam mode DFU.
Revisi ke 3 memiliki fitur-fitur baru berikut:
– 1,0 pinout: menambahkan SDA dan pin SCL yang dekat dengan pin AREFdan dua pin baru lainnya di tempatkan dekat dengan pin RESET, yang IOREFyang memungkinkan perisai untuk beradaptasi dengan tegangan yang tersedia dari papan. Di masa depan, perisai akan kompatibel dengan keduapapan yang menggunakan AVR yang beroperasi dengan 5V dan denganArduino Due yang beroperasi dengan 3.3V. Yang kedua adalah pin tidak terhubung, yang di sediakan untuk tujuan masa depan.
-Stronger RESET sirkuit.
-Atmega 16U2 menggantikan 8U2.
“Uno” berarti satu di Italia dan di beri nama untuk menandai peluncuranArduino 1.0. The Uno dan versi 1.0 akan menjadi versi referensi Arduino,bergerak maju. The Uno adalah yang terbaru dalam serangkaian USBArduino papan, dan model referensi untuk platform Arduino; untukperbandingan dengan versi sebelumnya, lihat indeks Arduino papan.

Arduino Due

ARDUINO DUE

The Arduino Due adalah papan mikrokontroler berdasarkan AtmelSAM3X8E ARM Cortex-M3 CPU (datasheet). Ini adalah pertama papanArduino di dasarkan pada 32-bit mikrokontroler ARM inti. Ini memiliki 54 digitalpin input / output (yang 12 dapat digunakan sebagai output PWM), 12 analog input, 4 UART (hardware port serial), jam 84 MHz, USB OTG koneksi yang mampu, 2 DAC (digital ke analog) , 2 TWI, jack listrik, header SPI, headerJTAG, tombol reset dan tombol hapus.
Peringatan: Tidak seperti papan Arduino lainnya, Arduino Due berjalan pada3.3V. Tegangan maksimum yang I / O pin dapat mentolerir adalah 3.3V.Memberikan tegangan yang lebih tinggi, seperti 5V ke I / O pin dapat merusak papan.

Arduino Due berisi semua yang di perlukan untuk mendukung mikrokontroler;hanya menghubungkannya ke komputer dengan kabel micro-USB atau power dengan adaptor AC-DC atau baterai untuk memulainya. Arduino Duekompatibel dengan semua perisai Arduino yang bekerja di 3.3V dan telah sesuai dengan 1,0 Arduino pinout. Sekilas Arduino
The Due mengikuti 1.0 pinout:
-TWI: SDA dan SCL pin yang dekat dengan pin AREF.
-The IOREF pin yang memungkinkan perisai terpasang dengan konfigurasiyang tepat untuk beradaptasi dengan tegangan yang di berikan oleh Arduino.Hal ini memungkinkan kompatibilitas perisai dengan papan 3.3V sepertipapan Karena dan AVR berbasis yang beroperasi pada 5V.
Pin tidak berhubungan -Sebuah, di sediakan untuk penggunaan masa depan.
The Due memiliki forum khusus untuk membahas papan.
ARM Inti manfaat
The Due memiliki inti ARM 32-bit yang dapat mengalahkan papanmikrokontroler 8-bit yang khas. Perbedaan yang paling signifikan adalah:
A 32-bit inti, yang memungkinkan operasi pada 4 byte data luas dalam jamCPU tunggal. (untuk informasi lebih lanjut lihat int jenis halaman).
Jam -CPU di 84Mhz.
-96 KByte SRAM.
-512 KByte memori Flash untuk kode.
a DMA controller, yang dapat meringankan CPU dari melakukan tugas-tugasintensif memori.

 

Arduino Leonardo

Arduino Leonardo adalah papan mikrokontroler berdasarkan ATmega32u4(lihat datasheet). memiliki 20 digital pin input / output (yang 7 dapat di gunakan sebagai output PWM dan 12 input analog sebagai), osilator kristal16 MHz, koneksi micro USB, jack listrik, header ICSP, dan tombol reset.Berisi semua yang di perlukan untuk mendukung mikrokontroler; hanyamenghubungkannya ke komputer dengan kabel USB atau power dengan adaptor AC-DC atau baterai untuk memulai menggunakkannya.

Leonardo berbeda dari semua papan sebelumnya di bahwa ATmega32u4telah built-in USB komunikasi, menghilangkan kebutuhan untuk prosesorsekunder. Hal ini memungkinkan Leonardo tampil sebagai komputer yang terhubung sebagai mouse dan keyboard, selain virtual (CDC) serial / COM port. Ini juga memiliki implikasi lain untuk perilaku modul . Sekilas Arduino

Belajar elektronika step by step dengan bantuan tangga belajar? Regitrasi dulu dan dapatkan konsultasi dari kami!

Arduino Mega 2560

ARDDUINO Mega 2560

Arduino mega 2560 adalah papan mikrokontroler ATmega2560 berdasarkan (datasheet) memiliki 54 digital pin input / output (dimana 15 dapat digunakan sebagai output PWM), 16 analog input, 4 UART (hardware port serial), osilator kristal 16 MHz, koneksi USB, jack listrik, header ICSP, dan tombol reset. Ini berisi semua yang di perlukan untuk mendukung mikrokontroler,hanya menghubungkannya ke komputer dengan kabel USB atau power dengan adaptor AC-DC atau baterai. Arduino Mega kompatibel dengan sebagian besarshield,di rancang untuk Arduino Duemilanove atau Diecimila.

Arduino Mega2560 berbeda dari semua board  sebelumnya ,tidak menggunakan chip driver FTDI USB-to-serial. Sebaliknya, fitur ATmega16U2 (ATmega8U2 dalam revisi 1 dan revisi 2 papan) di program sebagai konverter USB-to-serial.
Revisi 2 dewan Mega2560 memiliki resistor menarik garis 8U2 HWB ke tanah, sehingga lebih mudah untuk dimasukkan ke dalam mode DFU.
Revisi 3 dari dewan memiliki fitur-fitur baru berikut:
– 1,0 pinout: menambahkan SDA dan pin SCL yang dekat dengan pin AREF dan dua pin baru lainnya ditempatkan dekat dengan pin RESET, yang IOREF yang memungkinkan perisai untuk beradaptasi dengan tegangan yang tersedia dari papan. Di masa depan, perisai akan kompatibel baik dengan dewan yang menggunakan AVR yang beroperasi dengan 5V dan dengan Arduino Due yang beroperasi dengan 3.3V. Yang kedua adalah pin tidak terhubung, yang di sediakan untuk tujuan masa depan.
-Stronger RESET sirkuit. Sekilas Arduino
-Atmega 16U2 menggantikan 8U2.

Arduino Intel Galileo

Galileo adalah papan mikrokontroler berdasarkan Intel ® Quark SoC X1000Application Processor, 32-bit sistem Pentium-kelas Intel pada sebuah chip(datasheet). Ini adalah board pertama berdasarkan arsitektur Intel ® di rancang untuk menjadi hardware dan software pin-kompatibel dengan perisai Arduino dirancanguntuk Uno R3. Digital pin 0-13 (dan AREF berdekatan dan pin GND), Analog input 0 sampai 5, header listrik, ICSP header, dan pin port UART (0 dan 1), semua di lokasiyang sama seperti pada Arduino Uno R3. Hal ini juga dikenal sebagai Arduino 1.0pinout.

Galileo di rancang untuk mendukung shield yang beroperasi di kedua tegangan  3.3Vatau 5V. Tegangan operasi inti Galileo adalah 3.3V. Namun, jumper di boardmemungkinkan terjemahan tegangan 5V di pin I / O. Hal ini memberikan dukungan untuk 5V shield Uno dan perilaku default. Dengan beralih posisi jumper, terjemahantegangan dapat di nonaktifkan untuk menyediakan operasi 3.3V di pin I / O.

Tentu saja, board  Galileo juga perangkat lunak yang cocok dengan Arduino Software Development Environment (IDE), yang membuat kegunaan dan pengenalan snap.Selain hardware Arduino dan kompatibilitas software, arduino

 

Galileo

memiliki beberapa industri PC standar I / O port dan fitur untuk memperluaspenggunaan asli dan kemampuan luar ekosistem perisai Arduino. Sebuah ukuranpenuh Slot mini-PCI Express, pelabuhan 100Mb Ethernet, slot Micro-SD, RS-232 port serial, port host USB, port USB Client, dan 8MByte NOR Flash .

 

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp