Berbagai Jenis Sensor MQ Series (sensor Gas)

Indobot Update

Sensor MQ
Berbagai Jenis Sensor MQ Series (sensor Gas)

Manusia memiliki lima indera yang di gunakan untuk mengidentifikasi lingkungannya dan mulai beradaptasi sesuai dengan kebutuhannya. Kemampuan indera manusia meliputi indera penglihatan, pendengaran, perasa, indera pengecapan, dan indera pembau. Namun manusia sebenarnya memiliki keterbatasan dalam masalah inderanya. Seperti mata yang hanya bisa melihat pada jarak tertentu, telinga yang hanya bisa mendengarkan suara dengan frekuensi dan desibel tertentu, begitu juga dengan hidung sebagai indera pembau. Hidung juga memiliki kekurangan untuk membedakan jenis bau. Sehingga sekarang ini telah muncul berbagai sensor yang dapat difungsikan untuk mendeteksi banyak hal di dunia ini dengan lebih detail dan akurat, agar manusia dapat menghindari bahayanya atau mengambil manfaatnya ketika sesuai dengan kesehatan. Selain itu, hal ini juga dapat mendukung munculnya teknologi cerdas dengan kemampuannya yang seperti manusia.

[lwptoc numeration=”none” title=”Daftar Isi”]

baca juga: Program Dasar Sensor Magnet (Hall Effect Sensor) Arduino Uno

Sensor merupakan merupakan device yang berfungsi untuk mengubah besaran mekanis, magnetis, panas, sinar, dan kimia menjadi besaran listrik berupa tegangan, resistansi, atau arus listrik. Perubahan inilah yang dapat digunakan sebagai pembacaan pada rangkaian mikrokontroler. Dalam hal indera pembau, sensor yang paling sering digunakan adalah sensor MQ series dengan berbagai jenis dan fungsinya yang berbeda-beda. Sensor MQ dapat mengetahui gas yang berada di sekitarnya, sehingga dapat diolah oleh miktrokontroler dengan tepat kondisinya.

Jenis Sensor MQ Series (sensor Gas)

Berikut ini adalah jenis-jenis dari sensor MQ.

MQ-2

MQ-2 adalah sensor gas yang sensitif terhadap bau gas metana, butan, LPG, dan asap rokok. Sensor ini biasanya di gunakan untuk pendeteksi LPG bocor, adanya orang yang merokok, atau yang lainnya sesuai dengen kesensitifannya.

Baca juga: Cara Kalibrasi Sensor Warna TCS 3200

MQ-3

MQ-3 adalah sensor gas yang sensitif dengan bau gas alkohol, etanol, dan asap rokok. Sensor MQ-3 lebih sering di gunakan untuk mengetahui adanya gas alkohol atau tidak.

MQ-4

MQ-2 adalah sensor gas yang sensitif terhadap bau gas metana dan CNG. Gas metana adalah gas yang mudah meledak. Hal ini, menjadikan MQ-4 dapat di pilih untuk mendeteksi adanya kandungan gas metana di udara. Hal ini juga dapat di lakukan oleh MQ-2.

MQ6

MQ-6 adalah sensor gas yang sensitif terhadap bau gas LPG dan buttan. Sensor ini memiliki kemampuan yang hampir sama dengan sensor MQ2. Namun lebih sedikit yaitu hanya dapat mengetahui gas LPG dan gas butan.

MQ7

MQ-7 adalah sensor gas yang sensitif terhadap karbon monoksida. Sensor ini biasanya di gunakan untuk mengetahui kadar CO di udara.

MQ-8

MQ-8 adalah sensor gas yang sensitif terhadap Gas hidrogen. Sensor ini biasa di gunakan untuk mendeteksi kandungan hidrogen di udara untuk mencegah adanya kebakaran.

MQ-9

MQ-9 adalah sensor gas yang sensitif terhadap Gas hidrogen dan gas-gas lain yang mudah terbakar. Sensor ini memiliki kesamaan dengan sensor MQ-9. Hanya saja lebih kompleks.

MQ-131

MQ-131 adalah sensor gas yang sensitif terhadap gas ozon. Sensor ini biasanya di gunakan untuk mengetahui indeks polusi ozon di bumi.

MQ-135

MQ-135 adalah sensor gas yang sensitif terhadap benzena, alkohol, dan asap rokok. Sensor ini biasanya digunakan untuk mengetahui adanya alkohol dan asap rokok di sekitar kita.

MQ-136

MQ-136 adalah sensor gas yang sensitif terhadap gas hidrogen dan sulfida.

MQ-137

MQ-137 adalah sensor gas yang sensitif terhadap gas amonia.

MQ-138

MQ-7 adalah sensor gas yang sensitif terhadap gas benzena, toluene, alkohol, propane, formaldehida, dan hidrogen.

MQ-214

MQ-214 adalah sensor gas yang sensitif terhadap gas metana dan gas alam.

MQ-216

MQ-216 adalah sensor gas yang sensitif terhadap gas alam dan gas batu bara.

MQ-303 A

MQ-303 A adalah sensor gas yang sensitif terhadap alkohol, etanol, dan asap rokok.

MQ-306 A

MQ-306 A adalah sensor gas yang sensitif terhadap gas LPG dan gas butan.

MQ-307 A

MQ-307 A adalah sensor gas yang sensitif terhadap gas karbon monoksida.

MQ-309 A

MQ-309 A adalah sensor gas yang sensitif terhadap karbon monoksida dan gas lainnya yang mudah terbakar.

Secara umum penggunaan sensor MQ memiliki berbagai macam kombinasi yang bisa saja di gunakan secara keseluruhan, atau hanya bagian-bagian yang di butuhkan saja. Jadi misalnya kita butuh sensor untuk mendeteksi adanya gas LPG, kita bisa menggunakan sensor MQ-2, sensor MQ-6, atau MQ-306 A. Begitu juga dengan yang lainnya. Tetapi jika di butuhkan komplesitas yang lumayan, cobalah ambil sensor MQ yang memiliki banyak sensitivitasnya untuk menghemat biaya.

Sensor gas MQ series memang memiliki jenis yang cukup banyak dan variatif. Cara pembacaannya untuk lebih lengkap bisa di lihat di datasheet masing-masing sensor. jika kita ingin menggunakan sensor ini dalam project kita, pastikan memiliki fungsi yang sesuai, karena semakin banyak kemampuan sensor yang akan di gunakan, maka program yang harus di gunakan juga semakin rumit. Jadi dari sensor itu, mana yang sudah pernah kalian gunakan?

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp