Smart Home : Berikut Contoh Penerapan, Cek Disini!

Indobot Academy

Berikut Contoh Penerapan Smart Home, Cek Disini!
Berikut Contoh Penerapan Smart Home, Cek Disini!

Berkenalan dengan beberapa contoh penerapan smart home dalam artikel ini akan membantu Anda memperoleh gambaran terkait smart home. Atau barangkali Anda ingin menerapkan smart home, tetapi bingung akan di terapkan pada bagian rumah yang mana terlebih dahulu.

Untuk mengetahui contoh penerapan smart home, mari baca penjelasan pada artikel di bawah ini!

Berikut Contoh Penerapan Smart Home, Cek Di Sini! 

Berikut beberapa contoh penerapan smart home, mari simak artikel di bawah ini hingga akhir!

Mengenal Definisi Smart Home

Istilah smart home atau rumah pintar di gunakan sebagai sebutan dari konsep rumah yang telah di lengkapi dengan berbagai kecanggihan teknologi. Jika Anda mempunyai rumah dengan konsep ini, artinya sebagai pemilik rumah dapat mengatur atau mengendalikan perangkat yang ada di dalam rumah secara jarak jauh. 

Adapun beberapa kelebihan dari konsep smart home, di antaranya dapat meningkatkan keamanan rumah, tergolong ramah lingkungan, canggih, dan dapat memberikan kemudahan saat akan melakukan aktivitas harian.

Sayangnya, di balik kelebihan smart home yang menggiurkan tersebut, ternyata terdapat beberapa kekurangan, di antaranya kemungkinan terjadinya pencurian data maupun identitas, dan gangguan teknis yang dapat menghambat pekerjaan rumah.

Beberapa Contoh Penerapan Smart Home

Setelah memahami penjelasan singkat tentang konsep smart home, berikut ini terdapat beberapa contoh penerapan smart home.

 

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Pertama, Penggunaan Sensor Pintu dan Kunci Rumah

Penerapan pertama yaitu penggunaan sensor pintu dan kunci rumah. Penggunaan sensor ini, dapat membantu meningkatkan keamanan rumah dengan cara menggunakan sensor yang dapat dioperasikan melalui ponsel pintar.

Selain itu, dengan adanya teknologi aplikasi penggunaan sensor pintu dan kunci rumah dapat memberikan pemberitahuan apabila ada upaya membuka pintu maupun jendela secara mencurigakan.

Kedua, Penggunaan Lampu Pintar

Penggunaan lampu pintar ini cukup beragam macamnya, salah satunya sensor lampu. Lampu dapat di nyalakan hanya dengan menggunakan sensor, tanpa perlu mengklik saklar. Contoh lain dari lampu pintar, yaitu lampu pintar yang di produksi oleh Phillips yakni pada produk Philips Hue.

Dengan menggunakan Philips Hue, Anda dapat mengoperasikan lampu melalui ponsel pintar, dan mengubah warna lampu sesuai kebutuhan maupun sesuai mood

Ketiga, Pemanfaatan Kulkas Pintar

Penerapan smart home yang ketiga yakni adanya kulkas pintar. Salah satu produk kulkas pintar yaitu dari Samsung. Kulkas pintar ini di buat untuk dapat melakukan hal tertentu di luar manfaatnya sebagai kulkas, seperti pemberian informasi cuaca, mengatur oven, menampilkan resep, berbagi jadwal yang terdapat pada kalender dan lain-lain.

Keempat, Pemanfaatan Robot Pembersih Lantai

Adapun robot pembersih lantai ini di munculkan oleh brand Xiaomi dengan produknya Xiaomi Mi Robot Vacuum-Mop yang memiliki dua fungsi, yaitu sebagai alat untuk menyapu sekaligus mengepel. 

Memiliki desain alat yang cukup unik dengan ketebalan yang cukup tipis pula, sehingga dapat mencapai area yang sulit dijangkau oleh sapu maupun alat pel.

Kelima, Stop Kontak Pintar

Contoh terakhir dari penerapan smart home, yaitu adanya produk stop kontak pintar. Salah satu produk yang menyediakan stop kontak pintar yakni Bardi Smart Extension Power Strips. Stop kontak dari brand ini cukup unik, yaitu dengan adanya bentuk soket berbeda, dan dapat dinyalakan maupun dimatikan melalui aplikasi yang dapat diinstal pada ponsel pintar. 

Jika berbicara tentang contoh penerapan smart home tentu akan ada banyak sekali, namun sebagai gambaran, Anda dapat memanfaatkan lima contoh di atas. Anda juga dapat mengeksplor secara mandiri tentang produk-produk yang diterapkan dalam smart home.

Itulah beberapa contoh penerapan smart home yang dapat membantu Anda untuk menerapkan smart home. Selain itu beberapa contoh di atas dapat menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin mencoba alat-alat smart home.

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp