Cara Belajar Arduino Untuk Pemula

Indobot Academy

Halo teman-teman Indobot. Yuk kita mulai aja Cara Belajar Arduino untuk Pemula.

1. Mengenal Arduino,

Arduino adalah sebuah platform yang terdiri dari Software berupa Arduino IDE dan Hardware berupa Arduino Board. Tujuan dari Arduino adalah pengguna akan di mudahkan dalam mempelajari pemrograman dan pembuatan suatu proyek-proyek elektronika maupun otomasi. Selengkapnya tentang Arduino adalah, bisa cek di sini!

2. Pemilihan Papan Arduino, 

Papan Arduino di lengkapi dengan Mikrokontroler. Namun kebanyakan mikrokontroler yang di gunakan yaitu dari keluarga AVR. Selengkapnya tentang mikrokontroler bisa cek di sini. Jadi ada berbagai macam papan arduino, seperti uno, nano, mega dan lainya. Selengkapnya tentang macam arduino bisa cek di sini. Namun anda tidak perlu bingung, sebagai pemula untuk belajar arduino cukup mengunakan Arduino Uno.

3. Langkah Awal Belajar Arduino untuk Pemula, 

Cara terbaik untuk memulai adalah mencari referensi berupa Ebook karena gratis. Namun masalah seringkali terjadi saat mencari ebook. Tidak semua ebook berbahasa Indonesia dan beberapa ebook ternyata tutorialnya salah atau tidak bisa kita implementasikan untuk belajar arduino sebagai pemula. Coba download Jagoan Arduino yang merupakan salah satu ebook terbaik berbahasa Indonesia yang cocok untuk pemula klik di sini.

Selain itu ebook tidaklah cukup. Saran saya coba investasikan uang anda sedikit untuk membeli produk Kit Arduino yang di lengkapi dengan buku panduan. Salah satunya yang komplit dengan buku panduan dan bisa konsultasi setiap saat yaitu Starter Kit Project Arduino. Lebih lengkapnya klik di sini.

4. Utamakan Belajar Mandiri, 

Belajar Arduino itu tidak bisa instan seperti mie instan. Padahal mie instan aja perlu di masak jadi tidak instan sekali. Hehe. Kembali ke topik utama, ya benar saya sarankan anda harus belajajar secara mandiri dan melakukan percobaan-percobaan terus menerus untuk memahami Arduino. Ada beberapa website yang mengajarkan cara membuat proyek arduino secara gratis, namun kebanyakan berbahasa inggris seperti Instructables.com dan lainya. Namun jangan khawatir, di Indobot kami menyediakan tutorial belajar arduino berbahasa Indonesia. Coba cek di sini ya.

Adapun tahapan belajar arduino secara mandiri sebagai berikut:

  • Langkah Pertama, Pelajari dahulu mikrokontroler yang ada di papan Arduino Uno. Banyak tipe mikrokontroller yang di gunakan Arduino, saya sarankan anda pelajari dulu mikrontroler AVR dengan tipe ATMEGA328. Jangan pelajari tipe yang lainya nanti malah bingung. Kalau sudah ahli di sini silahkan pelajari lainya. Pelajari datasheet terlebih dahulu. Download datasheet ATMEGA32 di sini.
  • Langkah Kedua, Ketika anda sudah paham mikrokontroler, berarti Anda sudah menguasai sekitar 50% dari Arduino, karena inti dari Arduino adalah cara kerja mikrokontroller itu sendiri. Karena Arduino hanya mengubah cara kita memprogram dan mengaplikasikan dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Langkah berikutnya adalah mempelajari bagian-bagian papan Arduino. Pada tahap ini pelajari dahulu papan Arduino Uno sebagai pemula. Pelajari pin I/O nya, tegangan kerjanya, dan semua tentang hardware. Berikut adalah gambar pin I/O Arduino Uno. Ketika Anda sudah paham gambar di bawah ini maka anda sudah menguasai sekitar 25% dari Arduino Uno.

 

  • Langkah Ketiga, Anda perlu mempelajari bagian software Arduino IDE. Di sini anda harus belajar Arduino dalam bahasa C, meng-upload program yang biasa di sebut sketch, dan pelajari bagian-bagian aplikasi Arduino IDE (Integrated Development Environment). Aplikasi tersebut akan mempermudah semua hal yang berhubungan dengan software di Arduino. Aplikasi tersebut dapat Anda download di sini arduino.cc. Jika Anda sudah menguasai software Arduino dan pemrogramanya maka anda sudah berhasil menambah porsi 25% untuk skill yang terakhir.

Akhirnya tahapan belajar arduino sudah komplit 100%. Tinggal anda serius mendalami Arduino. Ada beberapa hal yang perku saya sampaikan. Belajar Arduino itu adalah keterampilan “seni” yang memadukan antara Hardware dan Software. Jadi Anda harus dapat menguasai kedua hal tersebut. Dan anda membutuhkan proses. Perbanyaklah percobaan dan eksperimen untuk mengasah keterampilan anda. Belajarlah mandiri namun jika butuh bantuan bisa tinggalkan komentar di bawah ini. Jika anda belum memiliki arduino dan kitnya, cek toko online yang terjamin aman klik di sini!

Jangan sungkan-sungkan untuk bertanya di kolom komentar dan juga share postingan ini ke teman-teman kalian yang membutuhkan Cara Belajar Arduino untuk Pemula. Sampai jumpa di Artikel berikutnya ya…

Video Cara Belajar Arduino untuk Pemula

 

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

2 pemikiran pada “Cara Belajar Arduino Untuk Pemula”

  1. Assalamu’alaikum…
    Mau tanya kak, kenapa si kalo setiap ngisi cod di aplikasi arduino setiap nomernya ada yg dikosongin? misal habis ngisi nomor 1 langsung loncat nomor 3 atau 4…*

    Balas
  2. Wa’alaikumsalam kak. Kalau nomor baris itu dikosongi atau dilompati tidak apa-apa kak. Asalkan masih sesuai dengan penulisan coding. Seperti buka kurung dan tutup kurungnya diperhatikan. ? Semoga menjawab.

    Balas

Tinggalkan komentar

whatsapp