Cara Ganti Nomor HP BPJS Kesehatan Online

Indobot Academy

cara ganti nomor HP BPJS Kesehatan online
cara ganti nomor HP BPJS Kesehatan online

Terkadang karena masalah tertentu seperti nomor HP kita hangus, hilang atau masalah lain menyebabkan kita tidak bisa mengakses layanan seperti BPJS, perbankan, marketplace maupun sosial media. Kali ini kami akan membahas mengenai cara mengganti nomor HP BPJS Kesehatan secara online.

BPJS Kesehatan merupakan program jaminan kesehatan yang memberikan perlindungan kepada masyarakat di Indonesia.

Cara Mengganti Nomor HP BPJS Kesehatan Secara Online

Jika Anda ingin mengganti nomor HP yang terdaftar pada akun BPJS Anda, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut menggunakan aplikasi Mobile JKN:

Unduh dan Perbarui Aplikasi Mobile JKN

Unduh aplikasi Mobile JKN dari App Store (untuk pengguna iOS) atau Play Store (untuk pengguna Android) jika Anda belum melakukannya. Pastikan juga untuk memperbarui aplikasi ke versi terbaru agar memudahkan proses pembaruan data.

Baca Juga Perbedaan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan

Masuk ke Aplikasi Mobile JKN

Setelah menginstal dan memperbarui aplikasi, buka aplikasi Mobile JKN dan masuk menggunakan email dan username yang telah Anda daftarkan sebelumnya. Masukkan nomor kartu BPJS, email, atau username, serta password Anda di kolom yang tersedia. Tulis kode captcha yang ditampilkan dan klik tombol login.

Pilih Menu “Ubah Data Peserta”

Setelah berhasil masuk, beranda Mobile JKN akan menampilkan berbagai menu yang dapat disesuaikan dengan keperluan peserta. Pilih menu “Ubah Data Peserta”, karena Anda akan mengganti nomor HP kepesertaan yang terdaftar sebelumnya.

Klik Menu “No Handphone”

Setelah memilih menu “Ubah Data Peserta”, Anda akan melihat rincian data diri peserta, seperti nama, nomor HP, email, dan segmen peserta. Klik menu “No Handphone” dan masukkan nomor HP terbaru yang ingin Anda ganti. Setelah itu, klik tombol “Simpan” dan tunggu beberapa saat untuk menerima kode verifikasi.

Verifikasi Nomor Handphone Terbaru

Pastikan nomor HP terbaru yang Anda masukkan sudah aktif, karena kode verifikasi akan dikirim melalui SMS. Setelah menerima kode verifikasi, salin kode tersebut ke kolom yang tersedia di aplikasi Mobile JKN. Kemudian, klik tombol “Verifikasi”, dan nomor HP Anda akan otomatis diganti dengan nomor terbaru.

Baca Juga Cara Menonaktifkan Keanggotaan Keluarga Meninggal dari BPJS

Selama melakukan pembaruan data, pastikan untuk memeriksa koneksi internet agar tetap stabil dan menghindari kendala teknis.

Penting untuk dicatat bahwa prosedur ini mengacu pada penggunaan aplikasi Mobile JKN dan dapat berbeda jika Anda memilih untuk mengganti nomor HP melalui kantor BPJS. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut atau memiliki pertanyaan, disarankan untuk menghubungi BPJS Kesehatan langsung

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp