Cara Perbaiki Arduino Yang Tidak Terdeteksi di Komputer

Indobot Academy

Cara Perbaiki Arduino Yang Tidak Terdeteksi
Bagaimana Cara Perbaiki Arduino Yang Tidak Terdeteksi di Komputer

Hai sahabat IndoBot, Ini adalah artikel pertama saya di Indobot. Kali saya akan membagikan pengalaman saya saat menggunakan Arduino. Dulu saya membeli sebuah Arduino Nano di toko online. Setelah Arduino sampai di rumah saya pun langsung melakukan berbagai macam program example dan memodifikasinya. Setelah beberapa minggu saya main-main Arduino, Tiba-tiba Arduino punya saya tidak terdeteksi di laptop saya. Saya pun mengira bahwa Arduino milik saya sudah rusak. Padahal driver sudah terinstal, Kabel bagus, Laptop masih “waras” (Normal). Apanya yang salah?

Ternyata setelah saya memasang sebuah baterai HP ke Arduino, Arduino langsung terdeteksi di laptop saya. Setelah diselidiki, Ternyata kerusakan terdapat pada dioda dibagian bawah konektor USB B. Output dari dioda tersebut langsung menuju ke pin 5 v Arduino. Saya mencoba menjumper 5v dari USB ke pin VIN. Apa yang terjadi? Arduino dapat berjalan dengan normal, Arduino sudah terdeteksi lagi di laptop. Sekarang saya sudah bisa praktek arduino lagi

Baca Juga : Bahasa Pemrograman Dasar Arduino IDE Project IoT

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

 

Bagaimana ciri-ciri Arduino yang kerusakannya seperti ini?

  1. Β Lampu LED power menyala redup.
  2. Lampu L tidak menyala
  3. Tegangan pada pin 5v rendah.

Jika “di suntik” tegangan 5v ke pin 5v, Arduino menyala, lampu L menyala

Itulah pengalaman saya dalam menggunakan arduino. Jika Arduino kamu rusak jangan beli yang baru dulu, Coba cek apa kerusakanya, dan perbaiki.

Jangan lupa buat share artikel ini ke teman kamu. jika ada kesalahan penulisan atau ada yang ditanyakam, bisa komentar dibawah

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

19 pemikiran pada “Cara Perbaiki Arduino Yang Tidak Terdeteksi di Komputer”

    • Coba cek kabel USB nya. Bisa jadi putus kak. Atau Jack USB nya. JIka sudah masih tidak mau nyala coba masukan 5V ke pin 5V Arduino. Jika nyala berarti yg rusak adalah regulatornya. πŸ™‚ Semoga menjawab.

      Balas
  1. Saya juga sama mengalami hal yang serupa.
    diawali dengan port yang tidak terbaca di arduino IDE tapi dalam device manage terbaca, setalah itu saya browsing dan mengganti driver ada 1 hal yang fatal, saya memilih opsi yang salah dan seketika arduino nano saya tidak terbaca tetapi Led Pow menyalah dengan kondisi merah, sedangkan yang lain (RX, TX, L) tidak menyalah. saya browsing” lagi ketemu permasalahan yang sama dan ada jawabanya.

    Setelah dicoba 5V di Jumper ke Vin (arduino nano A (5V) ke arduino nano B (VIN)) ternyata bisa, tapi jika saya cabut jumpernya arduino nano yang satunya lagi tidak berfungsi kembali. adakah solusi lain selain membeli lagi/membeli komponen lainya?

    Balas
    • Coba pakai stepdown kak. Murah kok. Karena itu problemnya ada di rangkaian regulator stepdown arduinonya. Kalau chipnya normal. πŸ™‚ Semoga menjawab.

      Balas
  2. sama sedangkan punya sy semua tidak dapat dijalankan, penyebabnya mungkin ada yang tahu, pernah sy coba saya lepas semua komponen mungkin, saya anggap reset, tetapi masih tetap tdk dpt berfungsi, dan tegangan semua sy cek ready, mungkin ada solusinya

    Balas
    • Kalau sudah mengikuti tutorial diatas bisa jadi chipnya rusak pak. Harus ganti Arduino πŸ™‚ kalau pakai DIP tinggal ganti chipnya.

      Balas
  3. Kak.saya mau nanya, arduino saya tiba” mati LED nya pas saya colok k 12v .itu gimana cara memperbaiki nya

    Balas
    • Silahkan coba dihubungkan dengan 5V. Jika tetap tidak bisa mungkin regulator 5V nya sudah rusak dan biasanya merusak arduino keseluruhan ?

      Balas
  4. min kalo lampu L dan ON itu nyala tapi rtidak terbaca di computer padahal sudah download drive baru, cara nya gimana ya? apakah ganti port usb berpengaruh?

    Balas
  5. min, saya punya Wemos D1 R1 sebelumnya dalam kondisi bagus, namun saat saya sudah selesai rakit (disini saya membuat robot mobil) bisa berfungsi sebagaimana mestinya. tetapi pada saat saya ingin mengubah codingan dengan mencolokan kabel usb ke laptop, Wemos D1 R1 saya tidak terdeteksi dan led wifi tidak menyala. akan tetapi saat saya coba menggunakan adapter jack male 12V. itu berfungsi. kira” apa yang harus saya lakukan ya min? saya sudah menggunakan USB driver tapi tetep tidak berfungsi, malah memunculkan pesan error sewaktu menginstall USB driver. mohon bantuannya min πŸ™‚

    Balas
    • Itu namanya drop tegangan dan arus kak. Karena menggunakan USB 5V dengan beban motor pastinya tegangan dan arus akan drop. Saran saya kalau ingin memprogram bisa melepas motor baru dihubungkan ke USB 5V nya. πŸ™‚

      Balas
  6. min mau tanya kenapa ya uno r3 saya, pas saya colok ke usb hanya menyala pas di coloknya saja, terus mati tidak berfungsi

    Balas
  7. izin tanya gan, saya punya arduino uno r3 smd, ketika di colok ke laptop, di arduino nya langsung ada led kedip sekali setelah itu mati, begitu terus pada saat colok arduino ke laptop, itu kenapa ya?
    di device manager juga ga kebaca, kabel arduino nya juga udah pernah di ganti

    Balas
  8. cara bikin jumper untuk arduino esp32 gimana ya om?
    punya saya esp 32, sudah install driver terbaru, tetapi pas di flash, device managernya kerestart
    sempet terbaca, tetapi hilang kemudian

    Balas

Tinggalkan komentar

whatsapp