Berikut Deretan Skill Yang Paling Dibutuhkan Perusahaan

Oby Zamisyak

Cari Kerja di 2022, Berikut Deretan Skill Yang Paling Dibutuhkan Perusahaan
Skill Yang Paling Banyak Dicari di 2022

Fanbot tau nggak sih? Memasuki dunia kerja ternyata tidak cukup jika hanya  mengandalkan hard skill atau soft skill yang sesuai dengan jurusanmu saja loh. Namun, tak perlu risau karena kita dapat memulai untuk membangun rencana belajar di tahun 2022 yang baru berjalan beberapa hari nih.

Sebagai seseorang yang baru saja lulus dari instansi pendidikan, tentu langkah yang akan diambil setelahnya mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion, penghasilan besar, dan bonus lingkungan kerja yang positif. Sayangnya, hal tersebut tak semudah yang dibayangkan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) per Agustus 2021 angka pengangguran di Indonesia mencapai 9,1 juta orang. Angka tersebut menurun dari tahun 2020 yang sebelumnya  mencapai 9,77 juta orang.

Meskipun angka pengangguran menurun, tak menandakan sebuah kemudahan untuk mendapatkan posisi di perusahaan impian kita. Pasalnya, setiap kandidat pekerja harus mempunyai strategi khusus untuk bersaing dengan kandidat lainnya. Salah satu strategi yang harus kita miliki adalah seorang kandidat kerja harus menguasai skill yang berhubungan dengan teknologi. Pasalnya, setiap perusahaan saat ini mengincar kandidat yang sangat melek teknologi tak hanya pandai mengoperasi Google dan Microsoft.  

Tuntutan dunia kerja yang terus berkembang dan semakin berat, berikut deretan skill yang wajib kuasai agar jalan menemukan jodoh pekerjaan kita dengan mudah dan tanpa halangan : 

Literasi teknis

Di tahun 2022 pekerjaan akan lebih bergantung dengan komputer dan teknologi lainnya. Karena itu, penting bagi setiap orang untuk memiliki literasi mengenai teknologi. Tidak perlu harus memahami semua hal tentang teknologi. Namun, paling tidak pahamilah apa saja tools yang digunakan untuk menunjang pekerjaan sehari-hari. Contohnya, kamu bekerja sebagai seorang sales, maka harus mengetahui apa saja jenis tools sales yang bisa dimanfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan.

 

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Analisis data

Analisis data tak hanya perlu dipahami oleh mereka yang bekerja di industri teknologi. Saat ini penting bagi setiap karyawan di industri apa pun, supaya memahami data dan cara menganalisisnya. Data memang telah menjadi bagian penting dari banyak perusahaan. Dari data-data tersebut dapat berfungsi untuk mengambil keputusan-keputusan penting bagi perusahaan. Itulah mengapa analisis data kini menjadi salah satu jenis hard skill yang perlu dipelajari. Pasalnya, kebutuhan akan data akan terus meningkat hingga beberapa tahun mendatang.

Cloud Computing

Teknologi yang semakin berkembang membuat banyak perusahaan  mulai menggunakan cloud computing dan beralih dari layanan infrastruktur server.  Perusahaan memilih mencadangkan datanya ke cloud. Karena itu, kebutuhan akan tenaga kerja yang memahami soal cloud computing semakin meningkat.

 

Baca juga : 5 Jenis Sertifikasi profesi Berdasarkan BNSP

UI/UX Design

Merupakan pengetahuan umum, jika konsumen tidak akan membeli produk yang tidak bisa mereka gunakan. Antarmuka antara alat dan yang konsumen gunakan haruslah efektif dan mudah ramah pengguna. Responsive Web Design (dengan visual yang dinamis merespon ukuran layer, platform dan orientasi) and Service Design (memastikan bahwa ujung produk adalah user) merupakan skill yang sangat dibutuhkan pada aspek ini.

Nah itu dia 5 deretan yang wajib banget nih Fanbot kuasai lebih mendalam. Mari manfaatkan 2022 agar lebih produktif dan memanen skill baru perusahaan sukai. 

Programming IoT

Skill satu ini terprediksi akan menjadi skill yang paling terincar 3 sampai 4 tahun mendatang. Saat ini, banyak banget orang yang mulai belajar mengenai IoT dari dasarnya nih. Nah, kapan nih kamu mau belajar IoT juga biar nggak ketinggalan? Jangan ragu, mulai dari sekarang yuk. Minbot fasilitasi dengan klik link berikut, kamu sudah dapat belajar IoT.

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp