CASN 2023 Siapkan 20% Formasi Fresh Graduate

Indobot Academy

formasi fresh graduate CASN 2023
CASN 2023 Tetapkan 20% posisi untuk fresh graduate

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) akan menggelar rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CASN) atau pegawai negeri sipil dengan membuka satu juta lowongan pada September 2023 mendatang. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, mengumumkan bahwa rencana rekrutmen CPNS saat ini sedang dalam tahap penetapan di Kemenpan RB.

Rekrutmen CASN 2023 Direncanakan September

Menpan RB telah melaporkan rencana rekrutmen aparatur sipil negara (ASN) kepada Presiden RI, Joko Widodo. Dalam rekrutmen CPNS mendatang, pihak Kemenpan RB berencana untuk merekrut lulusan baru atau fresh graduate. Selain itu, dalam rekrutmen CPNS September 2023, Kemenpan RB juga akan berusaha merekrut tenaga non-ASN atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) secara bersamaan untuk mengisi satu juta lowongan tersebut.

Baca Juga Rekrutmen CPNS BUMN 2023

Abdullah Azwar Anas, Menpan RB, menyampaikan hal ini di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin, 12 Juni 2023. Rekrutmen ASN tahun 2023 ini akan membuka total 1.030.751 lowongan sementara.

Alokasikan 20% Posisi untuk Fresh Graduate

Menpan RB menjelaskan bahwa alasan pengambilan lulusan fresh graduate adalah adanya banyak keluhan terkait pengutamaan tenaga honorer dan kurangnya perhatian terhadap para lulusan baru. Dengan adanya rekrutmen CASN ini, diharapkan dapat memberikan peluang kepada lulusan baru untuk mendapatkan kesempatan menjadi pegawai negeri sipil.

Fresh graduate dapat jatah 20% formasi CASN 2023
Fresh graduate dapat jatah 20% formasi CASN 2023

Menurut Menpan RB, Abdullah Azwar Anas, rencana rekrutmen CASN ini merespons keluhan dari para lulusan baru yang merasa bahwa mereka tidak mendapatkan prioritas dan perhatian yang cukup di bandingkan dengan tenaga honorer. “Jadi ini kan ada komplain anak-anak yang baru lulus ini, masa honorer terus yang diurus, kami yang baru lulus mau juga mengabdi ke bangsa dan negara. Nah ini kita siapkan formasi, kita laporkan ke Presiden untuk terus dikaji,” ujarnya.

Baca Juga Berapa Gaji dan Tunjangan PNS Tiap Golongan?

Dalam penjelasannya, Menpan RB menyatakan bahwa dari total formasi dengan jumlah tersebut, 20 persen kuota di siapkan khusus untuk fresh graduate, terutama mereka yang memiliki bakat di bidang digital. Sementara itu, 80 persen sisanya akan terdiri dari tenaga non-ASN, yaitu Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Kuota CPNS September 2023

Lebih lanjut, Menpan RB menjelaskan bahwa dari kebutuhan nasional ASN pada tahun 2023 sebanyak 1.030.751 orang. Terdapat pembagian jumlah formasi yang lebih rinci yaitu

  1. 5.858 formasi di peruntukkan untuk CPNS dosen
  2. 6.472 PPPK dosen
  3. 12.000 PPPK guru
  4. 12.719 tenaga kesehatan
  5. 15.205 tenaga teknis
  6. 18.595 tenaga teknis lainnya

Baca Juga SK NIPPPK Guru Segera Keluar Bulan Ini

Untuk kebutuhan tenaga di tingkat daerah pada tahun 2023. Terdapat alokasi PNS lulusan sekolah kedinasan sebanyak 6.259 orang. Dan PPPK yang terdiri dari 580.202 tenaga guru, 327.542 tenaga kesehatan, dan 35.000 tenaga teknis lainnya. Dengan demikian, rekrutmen CASN ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga di berbagai sektor. Baik tingkat nasional maupun daerah, dengan memberikan kesempatan kepada lulusan baru untuk berkontribusi dalam pelayanan publik.

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp