Deteksi Covid dengan Thermal Scanner

Indobot Update

Covid 19 masih belum berakhir. Seiring bertambahnya waktu, Covid pun semakin banyak varietas. Dari yang lebih mudah menular hingga lebih mematikan dibanding sebelumnya. Indonesia masih berjuang untuk lepas dari virus ini. Berbagai cara juga sudah di lakukan dari menggunakan masker setiap keluar rumah, lockdown, bahkan melakukan vaksin.

Transportasi

Tempat transportasi adalah tempat yang paling mudah untuk terjadi penularan covid. Hal ini di karenakan masih bayaknya orang yang berkerumun tanpa melakukan jaga jarak. Sehingga ada upaya-upaya yang dilakukan oleh pengelola transportasi untuk menghindari penyebaran virus ini, yaitu dengan dilarangnya orang yang positif covid untuk berada dalam kerumunan. Lalu bagaimana caranya agar mereka tahu secara cepat siapa saja yang berpotensi covid?

Thermal Scanner adalah salah satu teknologi yang di gunakan untuk mendeteksi virus ini. Hal yang paling mudah di ketahui dari orang yang terkena covid adalah suhu badan yang tinggi, lebih dari 370 C. Dari sinilah thermal scanner dapat mengetahuinya. Thermal scanner adalah alat yang dapat mengambil video beserta mengetahui suhu dari orang lingkungan yang terkena kamera. tampilan suhu berupa warna-warna. Suhu tubuh yang lebih dingin biasanya berwarna biru, ungu, atau hijau. Sedangkan suhu tubuh  yang lebih hangat di beri warna merah, oranye, atau kuning. Thermal scanner dapat mengenali nilai suhu dengan menangkap tingkat cahaya inframerah. Cahaya ini tidak dapat di lihat manusia biasa secara telanjang. Namun bisa di rasakan seperti panas dalam intensitas yang tinggi. Semakin panas suatu obyek, maka semakin besar cahaya inframerah yang dipancarkan. Dari sini lah thermal scanner dapat memperkirakan besaran suhu dalam obyek yang berada dalam jangkauan kamera.

Dapatkan puluhan ebook gratis dengan registrasi melalui tombol di bawah!

Ketika di dalam layar di tangkap orang yang memiliki suhu badan yang melebihi suhu normal. Maka petugas dapat segera memisahkan orang tersebut yang kemudian akan diperiksa apakah positif covid atau hanya sakit panas biasa. Secara keseluruhan thermal scanner hanya dapat mendeteksi suhu. Sehingga penggunaannya dalam penanganan covid hanya sekedar mengetahui salah satu gejala covid, yaitu demam. (Amir)

Dapatkan Info menarik lainnya

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp