Di Masa Depan, Robot akan Gantikan Dokter !

Indobot Academy

    Halo Sahabat Indobot ? , Apa Kabar ?, Pasti salah satu dari sahabat Indobot ingin menjadi Dokter kan ?, bagaimana jika di sama depan nanti Dokter akan di gantikan oleh Robot ?, hmm Di negara maju seperti Amerika, hal itu ternyata sudah di terapkan yaitu di Methodist Hospital Houston. Para dokter di sana menggunakan robot yang berukuran 5 inci yang bisa bergerak kemana-mana dengan sebuah monitor di bagian atasnya yang menghubungkan dokter dengan keadaan di sekelilingnya.

Baca Juga : Fanbot tau Robot apa saja yang menyandang Predikat Robot Tercanggih di Dunia ?

    Dengan robot itu, sang dokter bisa memantau keadaan dan memberi arahan pada pasien dari manapun ia berada. Dengan begitu ia dapat memantau banyak orang sekaligus tanpa harus keluar dari ruangannya atau sedang ada urusan lainnya.

     Robot yang berjalan seperti pembersih lantai itu di jaga oleh tim medis pada saat berkeliling ke ruangan pasien. Robot tersebut memiliki kemampuan untuk memvisualisasikan sang dokter di depan pasien.Houston Methodist unveil security robots to patrol inside hospital - ABC13 Houston

     Itu juga lengkap dengan radio-frequency ID untuk melacak keberadaan dokter, suster, dan beberapa peralatan yang ada di rumah sakit sehingga bisa merespons keadaaan gawat darurat. Fasilitas canggih lainnya yang tersedia di rumah sakit modern tersebut yaitu kasur ‘pintar’.

Belajar elektronika step by step dengan bantuan tangga belajar? Regitrasi dulu dan dapatkan konsultasi dari kami!

Baca Juga : Memprogram Module RTC1307 dengan Arduino Mudah

Kasur itu bisa mentransmisikan gambaran detak jantung dan nafas pasien secara otomatis sehingga bisa memberi peringatan langsung pada suster lebih cepat jika terdapat gangguan pada hasil transmisinya. Namun para ahli dan dokter pun masih memiliki impian tentang rumah sakit masa depan mereka.

     Para investor rumah sakit pada dasarnya punya 2 tujuan untuk membangun rumah sakit masa depan menggunakan robot dan teknologi canggih lainnya yaitu untuk meningkatkan perawatan klinis pasien dan mengurangi tingkat error dokter. Dengan demikian di harapkan tingkat stres pasien pun akan menurun dan proses penyembuhan akan lebih cepat.

     Bagaimana Sahabat Indobot ? , masih ingin menjadi Dokter ? , tentu di masa depan walaupun ada robot manusia masih sangat di butuhkan untuk mengerjakan pekerjaan penting itu. Tetap semangat belajar !, untuk kesejahteraan bangsa kita sahabat Indobot !.

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp