Dimana Saya Bisa Belajar Raspberry Pi?

Indobot Academy

Ada kata-kata bijak yang mengatakan bahwa belajar itu bisa di mana saja. Apakah kamu juga setuju dengan kata-kata itu? Kalau iya, ya sudah, silakan mulai belajar Raspberry Pi. Tidak perlu lanjut membaca artikel ini. Oke? Sip, sekian terima kasih. Selamat belajar.

Loh kok masih lanjut membaca? Kenapa? Bingung ya? Hehe. Buat kamu yang masih bingung mau belajar Raspi di mana, di bawah ini ada beberapa rekomendasi “tempat” belajar supaya kamu bisa belajar dengan efektif dan efisien. Memang betul bahwa kamu bisa belajar di mana saja. Tapi kalau kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal dalam waktu sesingkat mungkin, mengetahui sarana-sarana yang recommended buat belajar sangatlah penting.

1. Artikel internet

Di internet sebetulnya ada banyak sekali artikel tentang Raspberry Pi. Mulai dari pengenalan sampai tutorial project-projectnya. Klik di sini untuk melihat contoh-contoh project Raspi yang bisa kamu praktikkan.

 

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

2. YouTube

Belajar Raspi itu harus sambil praktik. Nah, video merupakan media yang tepat untuk keperluan ini. Dibandingkan dengan buku atau artikel, kamu dijamin lebih bisa mengikuti instruksi yang diberikan dalam bentuk audio-visual. Dan untungnya sekarang sudah ada YouTube. Orang-orang dengan sukarela berbagi ilmunya tentang banyak hal, tak terkecuali ilmu Raspberry Pi. Channel YouTube yang recommended untuk belajar Raspi di antaranya yaitu Paul McWhorter dan sentdex. Di Paul McWhorter kamu tidak hanya bisa nonton video tutorial Raspi. Ada pula tutorial yang lain seperti Arduino, 3D printing, dan Python. Adapun channel sentdex video tutorial Raspinya singkat-singkat, tapi cukup terstruktur sehingga akan memudahkanmu untuk belajar.

Dapatkan puluhan ebook gratis dengan registrasi melalui tombol di bawah!

3. Kursus Online

Kalau baca buku belum paham, nonton video di YouTube juga masih bingung, mungkin sebaiknya kamu mencoba ikut kursus online. Kenapa online? Sebab kursus online banyak yang gratis, kalaupun berbayar pasti tidak terlalu mahal. Selain itu kamu juga bebas bisa belajar di mana saja, maksudnya tidak harus di ruang kelas, bisa di kamar sambil minum kopi. Salah satu tempat kursus yang recommended yaitu web Raspberry sendiri, www.raspberrypi.org. Di sana kamu bisa memilih program-program Online Training secara gratis. Nanti kamu akan diarahkan ke website www.futurelearn.com.

4. Kursus Offline

Nah kalau ikut kursus online juga masih belum puas, sebaiknya kamu ikut saja kursus offline. Tatap muka langsung dengan tutor akan sangat membantu. Kalau kamu tinggal di Jogja, kamu bisa coba mendaftar kursus di www.jogjacourse.com. Ada banyak jenis kursus komputer yang bisa kamu ikuti di sana. Lokasinya ada di Jl.Magelang Km 7.5 Mlati Sleman Yogyakarta. Khusus kursus Raspberry Pi, sudah terbuka sejak Januari 2019. Kamu akan belajar tentang pengenalan dan pengaturan Raspberry Pi dan Python untuk Raspberry, mengakses pin GPIO dan PiCamera, mempelajari jaringan menggunakan soket, dan otomatisasi rumah.

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp