Gagal Interview Berulang Kali, Simak Tips Berikut

Oby Zamisyak

Gagal Interview Berulang Kali, Simak Tips Berikut
Gagal Interview Berulang Kali, Simak Tips Berikut

[lwptoc numeration=”none” title=”Daftar Isi”]

Hallo, Fanbot! Siapa nih yang mengawali tahun dengan menerima banyak undangan interview dari perusahaan? Proses Interview sendiri pasti serting kamu anggap sebagai salah satu proses yang harus setiap rekruitmen kerja. Terkadang proses ini menjadi momok tersendiri bagi para jobseeker karena berbagai alasan. Banyak jobseeker yang gagal pada proses interview karena kurangnya kesiapan dalam menghadapi interview. Beberapa tips berikut ini bisa menjadi membanu kamu berhasil melalui proses interview

Kenali Perusahaan dan Pekerjaan yang Akan Dilamar

Pengetahuan tentang perusahaan dan pekerjaan yang kamu apply sangatlah penting untuk kelancaran proses interview. Kamu harus tahu paling tidak informasi umum tentang perusahaan dan pekerjaan yang akan kamu lamar. Seperti jobdesknya, visi misi perusahaan, rencana perusahaan kedepan dan lainnya. Pengetahuan tentang perusahaan dapat menajadi bukti keniatan kamu dalam bekerja dimaa HRD.

Kenali Diri dan Kemampuan Diri

Gagal Interview Berulang Kali, Simak Tips Berikut

Tentu saja mengenali diri dan kemampuan diri sangatlah penting sebagai nilai jual yang bisa membuat kamu dilirik oleh HRD. Kemampuan dan kelebihan diri yang kamu miliki akan dinilai apakah cocok dengan perusahaan dan posisi yang kamu lamar. Setiap individu memiliki kelebihannya masing-masing, usahakan jangan kopas ya.

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Ceritakan Keahlian dan Pengalaman yang Relevan dengan Posisi yang Dilamar

Biasanya dalam proses interview kandidat akan disuruh mengenalkan diri. Dalam proses ini kamu bisa menyisipkan hal-hal positif yang kamu miliki. Hal positif itu berupa kelebihan yang sekiranya cocok dengan perusahaan dan posisi yang kamu lamar untuk membuat HRD melirik kamu.

Pahami Isi CV Kamu

Pahami isi cv kamu dengan baik karena biasanya akan di tanya berbagai hal yang kamu tulis di cv kamu. Kamu harus bisa menjelaskannnya dengan baik dan mendetail agar HRD semakin tertarik dengan kamu.

 

Baca juga :3 Alasan Brand Communication Penting Bagi Start Up

Latihan

Beberapa point di atas sudah kamu lakuikan semua, namun bisa saja ambyar ketika proses interview. Pastinya yang kamu butuhkan adalah latihan. Beberapa orang gampang gugup berhadapan dengan proses interview yang membuat mereka lupa dengan berbagai hal yang sudah mereka pelajari. Mau tidak mau untuk membiasakan diri agar tidak gugup dan pede menjalani proses interview adalag dengan latihan. Latihan ini bisa kamu lakukan sendiri di depan kaca atau minta bantuan teman.

Percaya Diri dan Jangan Gugup

Gagal Interview Berulang Kali, Simak Tips Berikut

Gugup dapat mengacaukan proses interview yang sudah kamu siapakan dengan matang. Beberapa tips agar tidak gugup selama interview adalah dengan latihan dan menanamkan keyakinan ke diri sendiri  bahwa kamu memang pantas dan yakin dengan kemampuan diri sendiri. Dengan memilki keyakinan itu maka kamu akan percaya diri selama melakukan interview.

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp