Gampang, Cara Cek Imei iPhone Kamu

Indobot Academy

cara cek imei iphone second

Kamu pengguna smartphone iOS, sudah tahu bagaimana cara cek IMEI iPhone dengan mudah? Soal ini Kamu wajib tahu dan jangan di abaikan ya.

Melansir dari CNN, jumlah pengguna iOS di Indonesia pada tahun 2022 lalu sebesar 10.46%. presentasi ini kemungkinan akan mengalami peningkatan di masa depan. Hal tersebut menunjukan bahwa pengguna iOS semakin bertambah, mengingat smartphone yang satu ini memang memiliki banyak kelebihan di bandingkan smartphone Android.

Bagi kamu yang mungkin ingin mulai menggunakan iPhone atau hendak migrasi dari Android ke iOS, pastikan kamu mengetahui dan mengecek IMEI pada smartphone tersebut. 

Beli iPhone baru atau iPhone second, perkara IMEI smartphone tidak boleh kita anggap sepele, karena akan berdampak pada penggunaan kartu SIM dan aktivitas lainnya di  smartphone tersebut. 

Apa itu IMEI dan bagaimana cara cek IMEI iPhone kita, apakah sudah terdaftar di Kemenperin atau malah tidak terdaftar, simak ulasannya berikut ini:

Apa Itu IMEI ?

IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity, berupa kode unik yang akan di gunakan untuk identifikasi perangkat ponsel atau smartphone yang akan di gunakan. Penggunaan IMEI ini sudah di mulai sejak era featured phone, artinya sejak kemunculan ponsel generasi awal pun, IMEI sudah di kenal.

Baik smartphone Android atau iOS, keduanya memiliki nomor IMEI yang unik, serta dapat melakukan hal penting lainnya seperti melacak status garansi, identifikasi perangkat, laporan hilang atau di curi dan lainnya.

Nomor IMEI pada perangkat smartphone biasanya di buat dengan nomor yang terdiri dari 15 digit. ini bisa di temukan di bagian label belakang iPhone atau bisa juga melalui aplikasi “Pengaturan”, lalu opsi “Umum” dan “Tentang”.

Nomor IMEI pada setiap perangkat iPhone, di cetak oleh produsen resmi dari perangkat itu sendiri. perusahaan Apple mencetak IMEI dengan kode unik agar mudah dalam identifikasi dan pelacakan perangkatnya.

Pencetakan nomor IMEI sebanyak 15 digit ini merupakan proses yang penting dalam produksi perangkat iOS dan perangkat seluler lainnya.

Fungsi IMEI pada iPhone

Seperti telah di ulas di awal, bahwa IMEI ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi perangkat iOS yang kita gunakan agar bisa di identifikasi dengan maksimal. Adapun fungsi utama lainnya sebagai berikut:

  • Untuk membuka kunci iPhone, melalui nomor IMEI, kunci iPhone akan terbuka pada jaringan tertentu
  • Untuk melacak status garansi, Nomor IMEI ini bisa di gunakan oleh pihak produsen untuk mengetahui status perangkat yang di gunakan saat ini apakah masih ada garansi atau tidak.
  • Untuk melacak perangkat yang hilang atau di curi: inilah salah satu fungsi IMEI yang canggih, yaitu saat iPhone hilang atau dicuri, pelacakan menggunakan IMEI akan sangat membantu menemukan perangkat.
  • Untuk memeriksa keaslian produk, dengan adanya 15 digit nomor IMEI pada perangkat iOS, maka Kamu bisa melakukan pengecekan pada IMEI pada situs resmi Apple.
  • Untuk mendaftarkan perangkat, dengan IMEI maka perangkat Kamu bisa terdaftar ke jaringan resmi di Indonesia, sehingga Kamu bisa menggunakan layanan seluler dengan maksimal.

IMEI Iphone Second

Selain iPhone baru, pengguna iPhone second di Indonesia juga cukup banyak. Selain harga yang lebih murah, Kamu juga harus memastikan IMEI iPhone second ini sudah terdaftar juga.

Nomor IMEI pada iPhone second, biasanya dapat di temukan pada label bagian belakang perangkat tersebut. 

Jika Kamu membeli perangkat  iPhone second, berikut beberapa hal yang harus di perhatikan terkait IMEI:

  • Lakukan pengecekan nomor IMEI dan cocokan dengan yang tertulis pada bagian label perangkat
  • Cek status garansi nya, menggunakan nomor IMEI yang ada pada label perangkat tersebut
  • Pastikan perangkat iOS tidak terkunci atau terhubung dengan akun Apple ID yang sebelumnya ( milik pengguna pertama )
  • Cek kondisi perangkat iPhone second, seperti baterai, layar, tombol, dan bagian lainnya apakah ada kerusakan atau cacat yang menghambat penggunaanya nanti
  • Membeli iPhone second dari penjual yang terpercaya dan memiliki reputasi baik

Jika IMEI tidak terdaftar pada iPhone second tersebut, perangkat iOS Kamu kemungkinan tidak bisa berfungsi, bahkan kartu SIM yang di gunakan akan terblokir.

Perangkat iOS tanpa IMEI

Apa yang terjadi jika kamu memiliki iPhone baru atau iPhone second, tapi tidak memiliki IMEI atau belum terdaftar? Berikut penjelasannya:

Tidak Dapat Terhubung ke Jaringan Seluler

Operator yang berlaku di Indonesia, akan memeriksa nomor IMEI pada perangkat kita. Pihak operator akan memastikan bahwa perangkat kita memiliki lisensi untuk terhubung ke jaringan.

Tanpa nomor IMEI, baik perangkat Android maupun iOS tidak akan mendapatkan akses terhubung ke jaringan operator seluler di Indonesia.

Tidak Ada Dukungan Teknis Resmi

Bukan hanya untuk identifikasi dan mendapatkan jaringan seluler, IMEI juga bisa di gunakan untuk verifikasi kepemilikan perangkat dan garansi pada perangkat tersebut.

Tanpa nomor IMEI yang valid atau tidak terdaftar, maka perangkat smartphone kita akan di anggap ilegal dan tidak sah.

Tidak Bisa Melacak Perangkat

iPhone atau Android tanpa nomor IMEI, tidak bisa di gunakan untuk melakukan pelacakan, jika sewaktu-waktu perangkatnya hilang atau di curi.

Pastikan IMEI 15 digit ini terdapat pada kemasan perangkat iOS kita, agar bisa kita lakukan pengecekan dengan benar.

Masalah Hukum

cara cek imei iphone

Hal ini memang jarang terjadi, tetapi dalam beberapa kasus, perangkat iOS tanpa IMEI ini bisa dianggap barang ilegal dan tidak sah.

Masalah hukum bisa muncul karena kecerobohan seperti itu, Pastikan nomor IMEI iPhone Kamu memang sudah terdaftar. 

Cara Cek IMEI iPhone

Kamu bisa melakukan pengecekan nomor IMEI pada perangkat iPhone dengan beberapa cara yang mudah, yaitu sebagai berikut:

Melalui Pengaturan iPhone

  • Buka aplikasi “Pengaturan”
  • Lalu pilih opsi “Umum”
  • Kemudian opsi “Tentang”
  • Gulir ke bawah dan Kamu akan menemukan nomor IMEI

iTunes

  • Hubungkan perangkat iOS ke komputer, lalu buka iTunes
  • Pilih iPhone milik Kamu di daftar perangkat
  • Klik “Ringkasan” dan cari nomor IMEI pada bagian tab tersebut
  • Melalui Situs Web Apple
  • Kunjungi situs https://checkcoverage.apple.com
  • Masukan nomor IMEI di kolom yang tersedia
  • Klik tombol “lanjutkan” untuk memeriksa status garansi dari iPhone milikmu

Situs Web GSMA

  • Kunjungi situs https://www.gsma.com imei/.
  • Masukan nomor IMEI iOS kamu pada kolom yang tersedia
  • Klik tombol “Cari” untuk cek status IMEI-nya

Cek IMEI di Bea Cukai

Bagi kamu yang pernah coba cara cek IMEI iPhone di situs Kemenperin, hingga saat ini website tersebut masih belum berfungsi atau mengalami error.

Kamu yang hendak membeli perangkat iPhone di toko resminya, seperti iBox misalnya, Nomor IMEI perangkat dapat dipastikan ada dan sudah terdaftar. 

Namun, bagi kamu pengguna iPhone second, sebaiknya cari tahu dulu deh cara cek Imei iPhone kamu, supaya terhindar dari hilangnya jaringan seluler hingga kasus hukum terkait. 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp