Gedung Cyber Kuningan Kebakaran, Apa Dampaknya?

Indobot Update

Gedung Cyber merupakan bangunan yang difungsikan sebagai pusat operasional bagi perusahaan penyedia akses internet. Fungsinya mencakup penggunaan sebagai kantor dan pusat akses data atau pusat data. Gedung ini terletak di dalam wilayah kerja PT Bursa Efek Indonesia (BEI). Kemudian pada suatu kejadian, Gedung Cyber 1 yang terletak di Kuningan, Jakarta Selatan, dilaporkan mengalami kebakaran. Gedung Cyber 1 berperan sebagai tempat operasional berbagai perusahaan teknologi, termasuk penyedia layanan web hosting, pengembang perangkat lunak, penyedia jasa internet, dan keamanan cyber.

(Sumber Gambar: new.detik.com)

Kebakaran

Kebakaran terjadi pada tanggal 2 Desember 2021. Laporan kebakaran pada pukul 12.34 WIB. Lokasi tepatnya adalah di lantai 2 Gedung Cyber 1. Setelahnya, aplikasi dan layanan web hosting mengalami berbagai gangguan. Penyebab dari kebakaran diduga karena terjadinya korsleting listrik, seperti yang dikatakan oleh Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta dalam twitternya,”Dugaan sementara kebakaran disebabkan karena arus pendek (korsleting listrik)”. Pemadam kebakaran DKI Jakarta bahkan mengerahkan 22 unit mobil ke lokasi. Kebakaran ini menyebabkan meninggalnya 2 siswa PKL dari SMK Taruna Bhakti, Depok, Jawa Barat yang menjadi siswa kelas XII di jurusan TKJ (Teknologi Komunikasi dan Jaringan) bernama Seto Fachrudin dan M. Redzuan Khadafi. Keduanya meninggal diduga karena terlalu banyak menghirup asap kebakaran. SMK Taruna Bhakti pun menyampaikan duka cita melalui akun instagram-nya. “Telah berpulang ke rahmatullah sahabat, saudara kita semua Seto Fachrudin dan M Redzuan Khadafi Kelas XII TKJ 2. Semoga Allah terima Iman Islamnya, Allah ampuni segala kekhilafannya, Allah terima amal ibadahnya, Allah lapangkan kuburnya dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan keikhlasan,” 

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Seperti yang sudah ada sebelumnya bahwa gedung ini berfungsi untuk berbagai penyedia web hosting, software, jasa internet dan Cyber Security. Akibat dari kebakaran ini tentunya akan menjadi hal yang dapat mengurangi berbagai layanan. 

Shopee

Shopee sebagai aplikasi belanja online dan berbagai layanan lainnya, mengalami gangguan akibat adanya kebakaran di Gedung Cyber 1. Layanan yang mengalami gangguan adalah adanya ShopeePay. Namun Shopee meyakinkan penggunanya untuk tetap tenang dan meyakinkan bahwa perbaikan server akan segera teratasi serta menyakinkan bahwa data dan aku tetap dalam keadaan yang aman.

IPOT

Ipot adalah aplikasi dari Indo Premier Sekuritas sebagai perusahaan penyedia jasa keuangan terintegrasi di bidang pasar modal. Kebakaran menyebabkan aplikasi mengalami error. Dalam Twitternya Indo Premier menyebutkan bahwa sedang dalam situasi force majeure yang mana cata center sedang mengalami kebakaran. Namun sekarang sudah ada perbaikan untuk server ini, hingga aplikasi sudah dapat berfungsi kembali.

Ajaib Investasi

Ajaib merupakan aplikasi yang berfungsi untuk investasi reksadana dan saham secara online. Aplikasi ini memudahkan kita dalam melakukan investasi. Ajaib sempat down sehingga tidak dapat melakukan transaksi.

 

baca juga: Robot Humanoid Diakui Kewarganegaraan di Saudi Arabia

 

MTix

MTix merupakan aplikasi untuk pemesanan tempat menonton bioskop di XXI. Kebakaran menyebabkan aplikasi tidak bisa berfungsi untuk pemesanan. Pihak XXI menyarankan untuk pembelian tiket secara offline saja.

SIGNAL

SIGNAL adalah aplikasi yang berfungsi untuk mempermudah masyarakat dalam pembayaran pajak mobil dan motor secara online, tanpa harus ke Samsat. Aplikasi ini off sementara akibat jaringan yang terputus akibat kebakaran. 

Qwords

Perusahaan web hoster yang menyediakan layanan premium dengan harga yang lumayan terjangkau. Qwords mengalami down saat terjadi kebakaran.Efeknya adalah website Qwords tidak dapat berfungsi sementara. Namun kabarnya, saat ini sudah dapat berfungsi kembali.

Rumahweb

Sebagai perusahaan hosting. Rumahweb menyediakan shared web hosting ke penggunanya. Kebakaran menyebabkan munculnya gangguan pada hosting. Data senter mati sementara sehingga data center belum bisa terakses. Sementara Rumahweb menyarankan untuk melakukan mitigasi dan memberikan tata cara melakukan mitigasi.

Niagahoster

Niagahoster merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang layanan web hosting. Akibat dari kebakaran ini menyebabkan gangguan pada web yang menggunakan layanan dari Niagahoster. Niagahoster menyampaikan dalam twitternya bahwa layanan terganggu karena sebagian besar network di Indonesia terhubung ke gedung Cyber ini.

Ragnarok: Forever Love

Ini adalah salah satu game online yang membutuhkan server di gedung Cyber.  Ragnarok sementara tidak bisa berfungsi selama masa perbaikan.

baca juga: Indonesia Punya! Bagaimana Perkembangan Smart City di Indonesia?

Hampir semuanya sudah mulai berjalan normal kembali dengan melakukan berbagai cara dari ganti hosting hingga perbaikan langsung bisa berfungsi untuk user nantinya.

Kalian pengguna aplikasi-aplikasi di atas? Apakah sampai sekarang masih bermasalah?

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Segera Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp