Generalist VS Specialist, Manakah yang Lebih Baik?

Indobot Update

Apa Sih Generalist dan Specialist itu? Apa sih perbedaannya? Istilah Generalist dan Specialist biasanya muncul pada lowongan pekerjaan, atau pendidikan setelah bekerja. Contohnya Hardware Engineer Specialist dan masih banyak contoh lainnya. Nah pada artikel kali ini, kita akan bahas mengenai arti dari generalist dan specialist, perbedaan dari keduanya, dan prospek kerjanya. Yuk simak artikel ini sampai habis..

Generalist 

Generalist adalah seseorang yang memiliki pengetahuan yang banyak serta mempunyai minat kepada berbagai hal seperti hobi dan keterampilan. Biasanya orang-orang yang memiliki sifat generalist bekerja di level kepemimpinan, hal ini disebabkan karena memiliki banyak tugas dan cakupannya lintas departemen.

Seorang pemimpin generalist dapat memahami dengan baik setiap proses tugas di suatu industri dan dapat bekerja sama antar departemen. Maka dari itu, biasanya seseorang generalist biasa disebut “jack of all trades” yaitu individu  yang memiliki kemampuan mengerjakan tugas yang beragam dan mempunyai minat yang banyak.

Kelebihan generalist

  • Mempunyai pengetahuan yang luas
  • Membuat keputusan yang mampu untuk memvisualisasikan gambaran besar dan berpikir out of the box.
  • Karir lebih flexible
  • Adaptif

Kekurangan generalist

  • Cenderung hanya mengetahui dasar
  • Mudah tergantikan

Specialist

Specialist adalah seseorang yang berspesialisasi dalam pekerjaan, praktik, atau bidang studi tertentu.  Spesialis hanya berfokus pada bidangnya dan bersifat spesifik. Sehingga, spesialis biasanya mempunyai kemampuan yang tinggi dalam bidang yang ia tempuh.  Memiliki kemampuannya yang tinggi dalam bidang tertentu, spesialis juga sangat dicari dan dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan. Sama seperti generalist ada juga sebutan yang terkenal untuk spesialis adalah master of one, know nothing.

Kelebihan specialist

  • Gaji yang lebih baik 
  • Persaingan lebih sedikit
  • Pengetahuan yang mendalam

Kekurangan specialist

  • Membutuhkan waktu yang la untuk sekolah

Bingung memilih Generalist Atau Specialist?

Banyak orang memiliki minat dan hobi yang berbeda.  Misalnya, beberapa orang suka membaca buku sementara yang lain suka mendesain sesuatu.  Apakah Anda seorang generalis atau spesialis, Anda dapat unggul dalam apa pun yang Anda pilih.  Namun, itu tidak berarti bahwa satu tipe orang lebih baik dari yang lain.  Kedua tipe orang ini dapat memberikan keterampilan yang berharga. 

Seorang generalis pandai mempelajari banyak hal dan dapat unggul dalam banyak bidang.  Di sisi lain, seorang spesialis pandai melakukan tugas-tugas tertentu dibandingkan dengan seorang generalis.  Namun, spesialis bisa menjadi hebat dalam segala hal yang mereka luangkan waktu.  Kedua tipe orang ini dapat mencapai banyak hal jika mereka bekerja keras. Banyak pekerjaan memerlukan keterampilan umum, tetapi beberapa memerlukan keterampilan khusus.  Misalnya, banyak pekerjaan membutuhkan ketangkasan manual dan mengharuskan karyawan menyelesaikan tugas yang membosankan.  Dalam hal ini, seorang generalis akan kalah karena mereka tidak pandai menyelesaikan tugas tertentu.  Di sisi lain, banyak pekerjaan membutuhkan keahlian di bidang akuntansi atau pemrograman komputer.  Seorang spesialis akan lebih cocok untuk pekerjaan yang sangat teknis itu.

Banyak orang berpikir bahwa menjadi ahli dalam satu hal membuat Anda mahir dalam hal lainnya.  Pada kenyataannya, menjadi ahli dalam satu hal membuat Anda mahir dalam hal itu – hanya saja sulit untuk menjadi ahli dalam hal lainnya.  Banyak orang bisa menjadi pengemudi yang baik tetapi tidak hebat dalam tugas lain saat mengemudi.  Menjadi pengemudi yang baik bukanlah soal bakat;  ini masalah melatih keterampilan dan kemampuan Anda. 

Tipe orang mana pun dapat berhasil dalam hidup jika mereka meluangkan waktu untuk hobi dan minat mereka.  Namun, mengerjakan keterampilan yang sangat teknis membuat Anda lebih cocok untuk karier tertentu – apa pun yang Anda minati. Meskipun menjadi seorang generalis atau spesialis akan membantu Anda dalam berbagai cara, penting untuk melatih keterampilan dan kemampuan Anda terlepas dari apa kamu pandai.

Dengan pembahasan di atas, Yuk mulai sekarang asah skillmu di bidang IoT bersama Indobot Academy.

Sudah saatnya kita melek teknologi 4.0 salah satunya dengan mengikuti kursus IoT. Bersama Indobot Academy, Anda bisa belajar IoT dengan materi berbahasa Indonesia yang terstruktur dan terstandar industri. Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi admin kami disini.

Klik Link di samping untuk klaim promo : klaimpromonya

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp